Tips Memilih Skincare yang Aman dan Cocok untuk Kulit Sensitif

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 12 Juli 2021 09:15
Tips Memilih Skincare yang Aman dan Cocok untuk Kulit Sensitif
Jangan sembarangan beli, yuk pertimbangkan baik-baik.

Saat ini, skincare termasuk dalam kebutuhan primer bagi para perempuan. Penggunaan yang semakin masif pun membuat banyak brand kecantikan merilis produk-produk yang dibutuhkan masyarakat.

Semakin banyak pilihan dan varian yang disediakan memang bagus, tapi hal itu juga membuat kita harus makin selektif. Jika sembarangan memilih skincare, kulit bisa mengalami masalah kulit.

1 dari 5 halaman

Apalagi jika kamu memiliki jenis kulit sensitif, maka pemilihan skincare pun harus ekstra hati-hati. Kesalahan dalam memilih skincare bisa membuat kulit sensitif jadi meradang, gatal, bahkan hingga mengelupas.

Menurut dr Yessica Tania, seorang dokter kecantikan, kulit sensitif sebenarnya nggak perlu menggunakan produk skincare dengan kandungan bermacam-macam. Menurutnya, ada 3 hal utama yang paling perlu dipertimbangkan dalam pemilihan skincare untuk kulit sensitif. Berikut ulasannya.

2 dari 5 halaman

1. Gentle cleanser

Ilustrasi Memakai Cleanser © Diadona

Cleanser atau pembersih wajah merupakan skincare paling mendasar yang perlu dipakai setiap orang. Karena merupakan skincare dasar dan penting untuk dipakai, maka pemilik kulit sensitif harus sangat selektif dalam memilihnya.

Sebisa mungkin pilih gentle cleanser yang memiliki pH antara 5-6. Selain itu, pilih juga yang tidak mengandung parfum, tidak mengandung pewarna, tidak membuat wajah ketarik, serta tidak mengandung banyak detergen.

3 dari 5 halaman

2. Gentle moisturizer

Ilustrasi Moisturizer © Diadona

Moisturizer merupakan basic skincare yang bisa memberi kelembapan pada kulit. Biasanya, moisturizer mengandung bahan yang mirip penyusun kulit.

Bagi kamu pemilik kulit sensitif, sebaiknya pilihlah moisturizer yang memiliki tekstur berupa gel, lotion, atau krim. Pilihlah juga gentle moisturizer yang mengandung antiinflamasi.

4 dari 5 halaman

3. Sunscreen

Ilustrasi Penggunaan Sunscreen © Diadona

Bagi kita yang hidup di daerah tropis, sunscreen adalah basic skincare yang wajib dipakai. Selain melindungi kulit dari paparan sinar UV, sunscreen juga diformulasikan untuk mengunci rangkaian skincare yang sudah kita pakai agar bisa bekerja optimal.

Untuk kulit sensitif, sebaiknya pilih sunscreen dengan SPF 30 yang bertekstur ringan seperti lotion. Pertimbangkan juga kandungan mineral sunscreen seperti titanium dan zinc oxide, agar tidak mengiritasi, tidak menimbulkan komedo, tanpa pewarna dan parfum, serta mudah dibersihkan.

5 dari 5 halaman

Nah, itu dia tip mendasar yang bisa kamu pertimbangkan dalam memilih skincare yang cocok untuk kulit sensitif. Sebisa mungkin, selalu perhatikan ingredients yang tertera atau bisa juga dengan mencari review terkait produk tersebut.

Jika masih ragu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kecantikan agar tidak salah memilih produk. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar