Tips Miliki Rambut Indah Tanpa Keluarkan Banyak Biaya, Catat ya!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Sabtu, 30 Oktober 2021 09:15
Tips Miliki Rambut Indah Tanpa Keluarkan Banyak Biaya, Catat ya!
Pengen punya rambut 'badai' tapi budget terbatas?

Memiliki rambut yang indah dan sehat adalah salah satu aspek penting dalam kecantikan. Rambut yang tebal dan berkilau seringkali jadi impian banyak perempuan.

Secara alami, hal ini bisa didapatkan dari gen. Namun ternyata pola makan serta lingkungan juga bisa memengaruhi tekstur dan kekuatan rambut kita.

Melansir dari Value Champion, ada tips yang murah dan mudah dilakukan jika ingin mendapatkan rambut yang sehat dan indah. Penasaran seperti apa caranya, simak ulasan selengkapnya ya!

1 dari 6 halaman

1. Hindari penggunaan bahan kimia berbahaya

Ilustrasi Keramas © Diadona

Cara termudah untuk mendapatkan rambut yang lebih baik adalah dengan menghindari penggunaan sampo yang mengandung bahan-bahan keras. Berikut adalah deretan bahan kimia berbahaya pada sampo yang perlu kamu hindari, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate (SLES), Sodium Lauryl Sulfate (SLS), natrium klorida, dan silikon.

Saat membeli sampo, ada baiknya untuk memerhatikan kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Atau jika ingin lebih mudah, beralihlah pada produk organik yang mengandung lebih sedikit bahan kimia.

2 dari 6 halaman

2. Konsumsi makanan sehat

Seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga memerlukan nutrisi untuk bisa tumbuh dengan sehat. Itulah sebabnya, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega tiga, protein, selenium, vitamin D3, serta vitamin B. Nutrisi ini bisa membuat rambut tumbuh dengan sehat dan kuat.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa memakan salmon, alpukat, kacang-kacangan, sayuran, telur, bayam, ubi jalar, tiram, udang, beri, dan kedelai. Beberapa jenis makanan tersebut juga bisa menghindarkan rambut dari penipisan dan kerontokan.

3 dari 6 halaman

3. Minimalisir pemakaian heat-styling

Ilustrasi Pemakaian Heat Styling © Diadona

Heat-styling seperti catokan, pengeriting, hingga hair dryer memang sudah akrab dengan kegiatan sehari-hari. Namun, terlalu sering menggunakannya hanya akan menyebabkan rambut jadi kusut, rusak, hingga patah.

Kalaupun memang harus menggunakannya, maka terapkan metode yang tepat untuk menjaga rambut tetap sehat. Seperti gunakan produk perawatan untuk pelindung panas, atur heat-styling ke pengaturan panas yang lebih rendah, serta batasi penggunaannya hanya2-3 kali dalam seminggu.

4 dari 6 halaman

4. Jangan keramas secara berlebihan

Menjaga rambut tetap bersih memang sangat penting. Tapi, jangan sampai kamu mengalami overwashing karena keramas secara berlebihan.

Terlalu sering keramas akan membuat kulit kepala jadi kering, helai rambut jadi kasar, kehilangan kilau alami bahkan produksi minyak di kulit kepala akan meningkat. So, keramas secukupnya saja tapi dengan kondisi hingga benar-benar bersih yaa..

5 dari 6 halaman

5. Perhatikan kondisi kulit kepala

Ilustrasi Perempuan Mengaca © Diadona

Bukan hanya helai rambut yang perlu diperhatikan, namun kulit kepala juga perlu mendapat perawatan khusus. Pastikan kulit kepala selalu bersih dan sehat agar tidak menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan jamur.

Bersihkan kulit kepala dengan benar dan hindari penggunaan bahan kimia berbahaya. Menjaga kulit kepala tetap bersih dan sehat bisa meminimalisir kerontokan dan masalah rambut lainnya.

Beri Komentar