Tren Sustainable Fashion Makin Banyak Diminati, Ini Tips yang Bisa Kamu Ikuti

Beauty | Sabtu, 23 Oktober 2021 13:15

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Seperti apa tren ini, berikut ulasannya.

Sustainable fashion merupakan sebuah praktik di bidang fashion untuk lebih bertanggung jawab terhadap kondisi lingkungan. Tren ini belakangan sudah mulai banyak disuarakan oleh masyarakat.

Mulai dari desainer hingga produsen baju sudah menerapkan fashion yang bisa membantu keberlanjutan lingkungan dan menjaga bumi. Hal ini tentunya bisa kamu lakukan juga sebagai konsumen di bidang fashion.

Melansir dari Style Considered, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengikuti sustainable fashion dalam kehidupan sehari-hari. Simak selengkapnya ya!

Tren Sustainable Fashion Makin Banyak Diminati, Ini Tips yang Bisa Kamu Ikuti
2 dari 6 halaman

1. Thrift Shopping

Ilustrasi Thrift ShoppingIlustrasi Thrift Shopping © shutterstock.com/g/Tphotography89

Thrift shopping menjadi cara pertama yang bisa kamu lakukan. Daripada membeli baju baru, kamu bisa membeli pakaian secondhand/bekas.

Meski demikian, kamu harus pintar-pintar memilih produk yang kualitasnya masih baik dan layak untuk digunakan. Kalau beruntung, kamu bisa menemukan baju merek terkenal dengan harga yang lebih terjangkau loh!

3 dari 6 halaman

2. Pilih bahan ramah lingkungan

Cara kedua yakni dengan memilih produk fashion dengan bahan eco-friendly. Salah satunya yakni tencel, kain tekstil kelas premium yang terbuat dari serat kayu.

Bahan yang diproduksi secara berkelanjutan ini disebut-sebut cukup lembut dan nyaman, bahkan memiliki sifat antibakteri karena mampu menyerap kelembapan berlebih pada kain. Kamu juga bisa mulai mengurangi penggunaan pakaian berbahan sintetis seperti nilon dan spandex karena berdampak buruk bagi lingkungan.

4 dari 6 halaman

3. Jangan terlalu sering mencuci pakaian

Ilustrasi Mencuci PakaianIlustrasi Mencuci Pakaian © shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Tips yang satu ini sering disepelekan, padahal sebenarnya penting juga loh! Sebenarnya, baju nggak harus selalu dicuci setiap usai dipakai apalagi jika hanya digunakan sebentar dalam keadaan tidak berkeringat. Hal ini membantu kualitas baju tetap terjaga dan warnanya tidak mudah pudar.

Kalau pun kamu lebih suka mencucinya setiap usai dipakai, sebaiknya gunakan deterjen cair karena lebih lembut. Selain itu, deterjen cair juga bisa mengurangi risiko serat kain terlepas, hingga baju jadi lebih tahan lama.

5 dari 6 halaman

4. Manfaatkan baju-baju lama yang masih tersimpan

Yang satu ini juga bisa kamu praktikkan demi mendukung sustainable fashion, yakni denga memaksimalkan baju yang ada di lemari pakaianmu. Jika masih ada pakaian yang layak pakai, tentu manfaatkan sebaik mungkin daripada mengeluarkan uang untuk membeli.

Semisal ada bagian yang rusak, kamu bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri atau dibawa ke tukang permak. Maksimalkan apa yang ada tanpa perlu takut untuk ketinggalan zaman.

Join Diadona.id