Trik Cerdas Pemakaian Lipstik Matte, Nggak Bakal Kering dan Menggumpal di Bibir

Beauty | Sabtu, 9 Januari 2021 18:15
Trik Cerdas Pemakaian Lipstik Matte, Nggak Bakal Kering dan Menggumpal di Bibir

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Buruan cobain ya..

Lipstik matte adalah salah satu jenis lipstik yang punya banyak penggemar. Nggak heran sih, pasalnya lipstik yang satu ini memberikan hasil yang bebas kilap dan memberi kesan bibir lebih tebal bagi pemakainya.

Sayangnya, nggak semua orang bisa mengaplikasikan lipstik ini dengan tepat. Hal ini dipengaruhi oleh tekstur lipstik yang cenderung tidak banyak mengandung pelembap, sehingga bisa membuat tampilannya di bibir terlihat begitu kering.

Tapi kamu nggak perlu bingung. Berikut ini ada 6 trik cerdas yang bisa kamu lakukan agar lipstik matte yang kamu pakai nggak terlihat kering, pecah-pecah, bahkan menggumpal.

Kira-kira seperti apa triknya? Simak selengkapnya ya..

2 dari 5 halaman

1. Lakukan eksfoliasi secara rutin

 Ilustrasi Eksfoliasi Bibir dengan Bahan AlamiIlustrasi Eksfoliasi Bibir dengan Bahan Alami © shutterstock.com/g/newafrica

Pertama-tama, kamu perlu melakukan perawatan pada bibir yakni dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi pada area bibir berfungsi untuk menghilangkan kulit mati, supaya tekstur bibir tetap halus dan lembap. Kamu bisa mengeksfoliasi bibir menggunakan lip butter, lip scrub, atau dengan menggosokkan campuran gula dan madu pada bibir.

2. Aplikasikan lip balm

Kemudian, kamu bisa memulas lip balm di area bibirmu agar kulit bibir tidak menjadi kering dan pecah-pecah. Lip balm akan membuat bibir menjadi lebih halus dan lembap, sehingga lipstik matte yang diaplikasikan lebih mudah menempel.

3 dari 5 halaman

3. Tambahkan lip primer jika diperlukan

 Ilustrasi Pemakaian Lip PrimerIlustrasi Pemakaian Lip Primer © shutterstock.com/g/Juta

Bagi kamu yang memiliki bibir berwarna gelap dan cenderung kering, sebaiknya kamu mengaplikasikan lip primer. Sebab, lip primer bisa menghilangkan garis-garis halus dan membuat lipstik matte bisa terpulas dengan merata dan sempurna di bibir.

4. Pakai lip liner

Selanjutnya, pakai lip liner yang sesuai dengan warna lipstik matte yang akan kamu gunakan nanti ya. Selain membuat lipstik lebih rapi dan nggak meluber ke mana-mana, pemakaian lip liner juga bisa membuat lipstik matte lebih tahan lama.

4 dari 5 halaman

5. Pulaskan lipstik secukupnya

 Ilustrasi Pemakaian Lipstik MatteIlustrasi Pemakaian Lipstik Matte © shutterstock.com/g/deniskomarov

Saat memulas lipstik matte di bibir, sebisa mungkin hindari pemakaian yang berlebihan ya. Cukup oleskan sekali dan jangan terlalu tebal, karena hal itu bisa membuat lipstik jadi menggumpal dan membuat bibir jadi pecah-pecah.

6. Tepuk-tepuk ringan dengan tisu

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan yakni dengan memberi tepukan ringan di bibir menggunakan tisu. Hal ini bisa membantu agar warna lipstik lebih menempel, sekaligus mengurangi jika pulasan lipstik terlalu tebal.

Join Diadona.id