Udara Lagi Dingin Banget Tapi Pengen Keramas, Pakai Air Hangat Aman Nggak sih?

Beauty | Selasa, 20 Oktober 2020 16:15
Udara Lagi Dingin Banget Tapi Pengen Keramas, Pakai Air Hangat Aman Nggak sih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Bakalan bermanfaat atau malah merusak rambut?

Mencuci rambut atau keramas bisa dibilang sebagai salah satu kegiatan pembersihan diri yang nggak boleh dilewatkan. Utamanya bagi kaum hawa, keramas nggak boleh ditunda-tunda karena tentunya akan berdampak secara langsung pada penampilan.

Jika mandi dilakukan setiap hari, maka keramas punya aturan yang berbeda. Sebisa mungkin, keramas dilakukan setiap dua hari sekali. Tentunya dengan sampo yang tepat supaya kotoran-kotoran yang menempel di rambut bisa dihempaskan secara sempurna ya..

Saat membilas rambut dari sampo atau mungkin kondisioner, tentunya harus pakai air bersih ya. Bicara soal air yang digunakan, sebenernya aman nggak sih kalo pakai air hangat? Kira-kira dampaknya bakalan bermanfaat, atau justru bikin rambut jadi rusak?

2 dari 4 halaman

Manfaat Keramas dengan Air Hangat

 Ilustrasi KeramasIlustrasi Keramas © shutterstock.com/g/Torwai Seubsri

Melansir dari Skinkraft.com, keramas dengan air hangat ternyata ada dampak postitif dan negatifnya. Air hangat bisa dibilang adalah pilihan terbaik untuk membersihkan rambut. Apalagi jika banyak kotoran menumpuk, air hangat bisa melarutkan semua kotoran.

Dengan air hangat, kutikula akan terbuka, sehingga pembersihan rambut bisa terjadi secara menyeluruh. Kelebihan minyak di rambut dan kulit kepala pun bisa dihempaskan oleh siraman air hangat.

Selain itu, air hangat akan merangsang aliran darah ke folikel, sehingga membuat pertumbuhan rambut semakin terdorong. Dan tanpa disadari, air hangat membuat rambut memiliki daya tahan dan tekstur yang lebih baik.

3 dari 4 halaman

Keramas dengan Air Panas Justru Berbahaya

 Ilustrasi keramasIlustrasi keramas © hairfinder.com

Beda dengan air hangat, air yang mendekati suhu panas justru berbahaya bagi kesehatan dan keindahan rambut. Suhunya yang terlalu tinggi akan menghilangkan minyak alami pada batang rambut dan kulit kepala, mengakibatkan rambut jadi kering dan rapuh.

Dengan hilangnya minyak, kulit kepala akan terasa kering, timbul rasa gatal, bahkan munculnya ketombe. Parahnya, air panas juga membuat akar rambut menjadi lemah dan teksturnya menjadi keropos.

Jika terus menerus dibiarkan, rambut akan jadi rapuh, kusut, bahkan mudah patah.

Join Diadona.id