Usia Belasan tapi Udah Coba-Coba Pakai Skincare, Boleh Nggak Sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 3 Juni 2020 09:25
Usia Belasan tapi Udah Coba-Coba Pakai Skincare, Boleh Nggak Sih?
Ragu-ragu setiap mau coba skincare.

Memiliki kulit yang sehat, kenyal dan glowing memang jadi dambaan semua orang. Bagaimana enggak, banyak dari kita yang mengalami permasalahan kulit wajah. Entah itu jerawat, komedo, ataupun lainnya.

Permasalahan kulit ini nggak hanya dialami orang dewasa, namun juga pada remaja yang tengah menjalani pasa pubertas. Pada fase ini, remaja tengah mengalami perubahan hormon sebagai salah satu fase pertumbuhan. Akibatnya jerawat dan permasalahan kulit lainnya pun kerap menghampiri.

Kalau udah begini kulit perlu mendapatkan pertolongan nih. Tapi emang kulit yang masih rentan ini boleh ya menggunakan skincare?

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Remaja © Diadona

Dilansir dari dream.co.id, ternyata ahli perawatan kulit menyarankan pemakaian skincare dilakukan saat menginjak usia 12 tahun.

" Diawali ketika SMP, sekitar usia 12 atau 13. Kan sudah mulai banyak aktivitas outdoor, pergi dengan teman dan olahraga. Nah, itu perlu lotion yang ada tabir suryanya," jelas Kardiana Dewi, Spesialis Kulit dan Kelamin.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Perawatan Wajah © Diadona

Dapat diawali dengan memakai skincare seperti pelembab yang berbahan gel dan tabir surya sedini mungkin, agar kulit dapat lebih baik ketika memasuki 20-an mendatang.

Efek dari pelembab dan tabir surya ini memang nggak akan dirasakan langsung, namun seiring bertambahnya usia, kondisi kulit akan jadi lebih sehat dan tidak mengalami banyak permasalahan kulit.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin mencuci wajah. Karena pada masa pubertas umumnya produksi minyak mengalami peningkatan.

3 dari 3 halaman

Namun tentu saja, kandungan yang ada dalam produk skincare perlu diperhatikan. Hindari adanya kandungan parfum dan gunakan produk yang hipoalergenik dan tidak mengakibatkan iritasi pada kulit. Terakhir, hindari penggunaan produk skincare yang bertumpuk.

Pada usia ini sebaiknya hanya menggunakan produk skincare seperlunya dan secukupnya saja ya. Selamat mencoba!

Beri Komentar