12 Ciri-Ciri Orang Sukses di Masa Depan Menurut Islam, Berdasarkan Fisik serta Penampilan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 3 Juli 2020 19:35
12 Ciri-Ciri Orang Sukses di Masa Depan Menurut Islam, Berdasarkan Fisik serta Penampilan
Apakah kamu punya ciri-ciri orang sukses berikut?

Ciri-ciri orang sukses adalah mereka, para orang dewasa yang menggunakan kemampuan mereka sendiri untuk berada di posisi puncak. Beberapa diantara mereka bahkan nggak pernah menyadari potensi diri. Kadang yang mereka tahu, mereka cuman bekerja keras dan bekerja lebih keras lagi setiap hari.

Jadi, gimana kalau Diadona bocorin sedikit aja gimana ciri-ciri orang sukses? ini mungkin bakalan membuat kamu menyadari potensi kamu, atau mungkin membuat ciri-ciri itu ada di dalam hidup kamu.

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Sukses Menurut Islam

Ciri-Ciri Orang Sukses © Diadona

Melansir Dalam Islam, sebenarnya agama islam punya kriteria sendiri dalam menentukan ciri-ciri orang sukses an ini tertuang dalam A-Quran. Seperti apa cirinya?

Orang yang Beriman

Dalam pandangan islam, keimanan seseorang dijadikan sebagai patokan ciri-ciri orang sukses. Alasannya, semakin orang tersebut sukses maka akan semakian besar keimanannya kepada Allah.

Khusyuk dalam Shalat

Ciri-ciri orang sukses dalam islam terlihat dari bagaimana orang tersebut menjalankan perintah agama, termasuk shalat. Shalat yang khusyuk akan dapat membawa pengauh yang positif, mencegah seseorang dari perbuatan keji dan munkar.

Mereka yang Membayar Zakat

Ada hubungan yang kuat antara sedekah dengan ciri-ciri orang sukses. Banyak yang menyebut kalau sedekah bisa melancarkan segala urusan, dan mereka yang rajin sedekah adalah bagian dari mereka yang tidak kikir terhadap harta dari Allah.

Tidak Iri dan Dengki

Dan orang-orang (Anshar) yang telah menempati kota Medinah dan telah beriman sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah ke tempat mereka. Dan mereka tidak menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (Muhajirin), atas dirinya sendiri, meskipun mereka juga memerlukan. Dan siapa yang dijaga dirinya dari kekikiran, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.”(Al-Hasyr 9)

Dalam ayat Al-Quran di atas disebutkan kalau ciri-ciri orang sukses yakni mereka yang nggak iri dengan apa yang diverikan Allah kepada orang lain. Mereka merasa cukup dengan apa yang dimilikinya. Dengan begitu, hati mereka akan merasa tenang.

2 dari 3 halaman

Ciri Fisik dan Wajah Orang Sukses

Ciri-Ciri Orang Sukses © Diadona

Ciri orang sukses sebenarnya juga bisa dilihat dari fisik, wajah atau penampilannya. Tapi nggak selalu lho, karena tentu saja nggak boleh kan menilai buku dari sampulnya. Tapi ada penelitian bahwa ada persepsi wajah dengan kesuksesan.

Lebih tepatnya gimana, ini susah buat dijelaskan. Intinya, mungkin karena kita terbiasa menilai seseorang berdasarkan penampilan fisiknya, lalu mengenai kesuksesannya. Sehingga kemudian di otak kita secara nggak sadar menghubungkan pengalamanan dan penilaian tersebut, lalu muncullah ciri-ciri orang sukses dalam pikiran kita sendiri.

Misalnya nih, kita mengenal seseorang yang selalu punya gesture dan tipe wajah tertentu sebagai orang sukses. Nanti di dalam pikiran kita secara nggak sadar menghubungkan gesture dan wajah tersebut sebagai ciri-ciri orang sukses.

Atau bisa juga sebaliknya. Mereka yang punya sikap sebagai ciri-ciri orang sukses bisa mempunyai suatu ciri wajah yang khas dari hasil ekspresi wajah tertentu.

Tapi, apakah ciri-ciri orang sukses serta merta bisa dilihat dari wajah? Tentu enggak dong. Ada banyak kasus di mana orang melihat seseorang sebagai orang yang baik namun nyatanya melakukan suatu tindak kejahatan. Begitu juga sebaliknya.

Ini karena naluri manusia bersifat fleksibel. Pengalaman dan prasangka membuat penilaian dan naluri jadi kabur.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Sukses di Masa Depan

Ciri-Ciri Orang Sukses © Diadona

Mereka yang sukses cenderung punya ciri-ciri tertentu yang udah dikembangkan sejak dulu, dan memetik manfaatnya di masa depan. Berikut beberapa diantaranya melansir Life Hack:

Disiplin dan Bertanggung Jawab

ini memang ciri-ciri orang sukses yang makin lama ditemukan. Tapi kalau seseorang selalu menjunjung tinggi janji dan jadwal yang realistis, nggak heran kalau dia bisa mencapai kesuksesan di tempat yang sangat tinggi.

Nggak Berharap pada Orang Lain

Karena siapa yang bisa membantu kita menyelesaikan berbagai masalah hidup kalau bukan diri kita sendiri, kan?

Selalu Punya Keinginan untuk Berkembang

Nggak semua orang punya ambisi. Mereka kadang ditahan oleh ketakutan kalau mereka nggak akan bisa bekerja dengan efektif, nggak cukup kreatif, ataumalas. Atau bisa juga merak nggak biasa bekerja terlalu keras.

Tapi ciri-ciri orang sukses adalah mereka yang punya hasrat buat terus meningkatkan kemampuan diri, mengorbankan kesenangan untuk jadi lebih bahagia di masa depan.

Nggak Segan Meminta Nasihat

Memang ada orang yang merasa terluka egonya saaat meminta nasihat dari orang lain. Tapi ciri-ciri orang sukses terlihat dari mereka yang nggak segan meminta saran dan pendapat orang lain, sehingga mereka bisa mengatasi hambatan dengan cepat, efektif, dan punya banyak wawasan.

Tegas dan Percaya Diri

Yang diperlukan untuk tetap termotivasi dan fokus ada tujuan yakni sikap percaya pada diri sendiri. Kalau kamu diremehkan, maka jangan biarkan orang lain mempengaruhi pikiran kamu dan membuat kamu ragu melangkah maju.

Kegagalan adalah Sumber Motivasi

Kegagalan adalah sesuatu yang wajar dan pasti terjadi. Tapi bagaimana menyikapinya, bisa jadi ciri-ciri orang sukses atau tidak.

Mereka yang menggunakan kegagalan untuk memicu diri dan berhasil belajar darinya adalah mereka yang terus berusahan mencapai kebesaran.

Tetap Bisa Tenang dan Logis dalam Situasi Stres

Pernah tahu nggak sih ada orang yang cepet banget marah atas hal-hal kecil? Mereka biasanya nggak bisa mengendalikan diri dan emosi saat sedang kondisi stres. Nah, mereka juga mungkin nggak bisa mengendalikan emosi saat sedang diskusi serius, darrat atau kondisi stres lainnya.

Empati

Banyak orang mengira kalau ciri-ciri orang sukses yakni mereka yang punya kepribadian alfa. Tapi mereka melupakan poin penting dalam kepemimpinan, yakni empati.

Pemimpin yange empati bakalan mendengarkan anggotanya, memberikan rasa aman. untuk itu, dibutuhkan ketrampilan komunikasi, kompromi, pemikiran cepat dan kemampuan untuk bertahan dalam kondisi sulit.

Ciri-ciri orang sukses tersebut ada pada kamu nggak? Atau terinspirasi untuk menjadi seperti mereka?

Beri Komentar