16 Cara Menghilangkan Rasa Malas Berlebihan saat Belajar dan Bekerja, Produktif yuk!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 5 Oktober 2020 11:13
16 Cara Menghilangkan Rasa Malas Berlebihan saat Belajar dan Bekerja, Produktif yuk!
Untuk menghilangkan rasa malas, kamu bisa mulai dengan melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu, atur waktu tidur sampai atur jenis makanan..

Sebagian dari kita tahu betul kalau rasa malas adalah penghalang untuk mencapai tujuan. Tapi cara menghilangkan rasa malas bisa berbeda-beda setiap orang.

Punya hari untuk bermalas-malasan itu nggak apa-apa kok, malah sangat dibutuhkan ketika kamu sedang berada di tengha-tengah masa sibuk. Eh tapi hal tersebut nggak boleh jadi pembenaran untuk jadi seorang pemalas ya.

Kalau kamu menyadari ada lebih banyak hari di mana kamu malas dibandingkan dengan hari saat produktif dan ngerasa sulit menyelesaikan sesuatu, itu tandanya ada yang salah sama diri kamu. Nggak mau kayak gini terus-terusan kan? Yuk ikuti gimana sih tips menghentikan kemalasan dan membuat hari-hari kamu lebih produktif.

1 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Cara Menghilangkan Rasa Malas © Diadona

" Gimana sih cara menghilangkan rasa malas?"

Jawabannya bisa sangat bervariasi. Ada yang memang orang tersebut cenderung lebih malas ketimbang orang lain, atau bisa juga karena faktor pekerjaan atau pelajaran yang sulit sehingga orang paling produktif pun ngerasa kesusahan menyelesaikannya.

Bersikap Baik sama Diri Sendiri

Ketika kamu ngerasa terlalu malas akhir-akhir ini, adalah hal yang umum untuk menyalahkan diri sendiri. Akhirnya seseorang tersebut jadi mulai mengambil tindakan untuk memperbaiki diri.

Eits, tapi perasaan bersalah itu juga bisa mengarah pada perasaan gagal. Akhirnya orang itu jadi ngerasa 'ah, nggak bisa nih kayaknya' trus kurang termotivasi dan nggak mau mencoba lagi.

Padahal nggak boleh gitu lho. Yuk simak terus apa yang harus dilakukan dalam cara menghilangkan rasa malas.

Mulai dengan Satu Langkah Kecil

Hal yang paling sulit adalah memulai.

Jadi, ayuk deh sebisa mungkin mengurangi hambatan batin dan benar-benar mengambil tindakan. Mulailah cara menghilangkan rasa malas dengan mengambil satu aja langkah kecil did epan.

Misalnya,:

Olahraga selama tiga menit
Cuci piring selama lima menit
Mengerjakan PR selama 15 menit.

Dari memulai itulah nantinya secara tak sadar kamu mungkin udah mengerjakan seluruh pekrjaan yang tertunda itu, atau dengan konsistensi memulai, kamu jadi konsisten untuk melakukannya.

Lakukan Hal yang Penting Terlebih DAhulu

Biar kamu bisa merasakan hari-hari malas tanp arasa bersalah, penting untuk menyelesaikan lebih dulu mana yang benar-benar penting dalam jangka waktu tertentu. Misalnya nih kalau dalam satu hari ini ada tugas sekolah yang harus kamu kerjakan, lakukan terlebih dahulu. Trus kalau dalam minnggu ini kamu harus mengumpulkan tugas makalah, maka kerjakan lebih dulu.

Tapi permudah diri kamu dengan memecah tugas tersebut menjadi langkah-langkah kecil. Biar kenapa sih? Begitu kamu sudah berada di 5-10 menit mengerjakan dan ngerasa 'wah, berhasil nih' itu bakalan bikin kamu jadi lebih termotivasi untuk mengerjakan sisanya.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja

Cara Menghilangkan Rasa Malas © Diadona

Hari Senin berasa menyebalkan banget dan nggak pengen balik ke kantor untuk bekerja. Terlebih di saat pandemi yang mengharuskan kita buat WFH, rasa malas berrtumpuk dan membuat kita jadi nggak produktif. Alhasil, jam kerja jadi molor trus mengganggu waktu istirahat. Gimana cara menghilangkan rasa malas ini ya?

Buat Siklus Kerja dengan Fokus Penuh dan Istirahat Kecil

Cara menghilangkan rasa malas dalam mengerjakan tugas harian, kasih jeda istirahat di antara pekerjaan yang fokus.

Gimana caranya?

Gini, lakukan pekerjaan atau tugas secara fokus selama 20 menit trus istirahat selama lima menit. Dengan membagi jam kerja kayak gini, pekerjaan tampaknya jadi nggak terlalu menakutkan.

Dengan jeda selama sekian menit tersebt, nantinya kamu bakalan lebih semangat buat memulai pekerjaan lagi. Kalau kamu kesulitan memenuhi batas waktu, gunakan timer dari ponsel kamu.

Konsumsi Banyak protein dan Kurangi Gula

Gula atau karbohidrat nggak baik kalau kamu ingin berkonsentrasi. Ini menyebabkan lonjakan dan penurunan energi dan suasana hati dan nggak bagus untuk menyelesaikan pekerjaan. Sedangkan makana yang tinggi protein bagus banget untuk mempertahankan fokus dan konsentrasi.

Matikan Layar Ponsel Jam 9 Malam

Kadang kita ngerasa malas di pagi hari karena begadang bermain HP di malam harinya. Nonton film, membaca gossip, atau yang lainnya.

Maka cara menghilangkan rasa malas yang mungkin bisa membantu kamu takni dengan mematikan layar HP kamu di jam 9 malam dan langsung tidur. Berhenti juga memikirkan banyak hal atau tiduran sambil ngelamun. Kalau perlu, redupkan cahaya lampu karena ini bakalan membantu otak kamu buat menghasilan melatonin yakni hormon tidur.

Tutup Rute Pelarian

Coba tanyakan ke diri kamu sendiri, hal apa yang bisa kamu gunakan untuk menunda-nunda pekerjaan. Misalnya nih, game kesukaan, Facebook, twitter atau yang lainnya.

Maka cara menghilangkan rasa malas ini dengan menutup aksesmu terhadap hal-hal tersebut. Coba deh jauhkan HP kamu atau letakkan di sudut lain di rumah. Atau gunakan pengaturan untuk memblokir situs-situs tersebut seperti facebook atau twitter yang sering kamu akses.

Olahraga

Beberapa oeang menyatakan kalau olahraga pagi bisa jadi cara menghilangkan rasa malas mereka. Ini karena begitu darah terpompa, kamu bakalan ngerasa lebih melek, energik, bukannya ngantuk atau lesu.

Cari Partner

Disarankan banget untuk mencari teman seperjuangan mengerjakan tugas atau belajar, eh tapi jangan malah bergossip ya!

Dalam cara menghilangkan rasa malas, cari teman yang dikenal rajin untuk membuat kamu termotivasi dan akrab dengan kamu. Jadi begitu kamu malas, dia bisa menegur kamu dan menjadi inspirasi kamu buat fokus bekerja atau belajar.

Berdandan!

Cara menghilangkan rasa malas ini cocokbanget untuk kamu yang lagi bekerja atau sekolah dari rumah karena pandemi Covid-19. Kalau biasanya kamu bekerja dengan daster lusuh dan celana kolor, coba deh ganti dengan baju yang biasa kamu kenakan ketika bekerja atau seragam saat sekolah.

Penelitian psikologi mengatakan ketika kita mengenakan suatu item baju, biasanya pemakainya bakalan mengadopsi karakteristik yang terkait dengan pakaian tersebut. Misalnya ketika kita pake baju kerja atau baju di rumah, kita bakalan mengarahkan orak kita buat berperilaku sesuai dengan makna baju itu.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Rasa Malas Berlebihan

Cara Menghilangkan Rasa Malas © Diadona

Lebih lanjut, coba juga deh mempraktekkan cara menghilangkan rasa malas yang berlebihan berikut ini.

Tuliskan Masalah yang Kamu Tunda

Menunda dimulai dari menghindari masalah yang menanti kamu. Lalu, cara menghilangkan rasa malas ini yakni dengan menuliskan apa masalah tersebut. Tulis, taruh detailnya di atas kertas, bikin grafik atau tabel atau apapun yang membuatnya terlihat seperti sebuah gambar.

Dari situlah kamu mungkin akan menyadari kalau masalah yang kamu hindari itu nggak sebesar yang kamu bayangkan. Bahwa kamu bisa memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah menanganinya.

Lakukan Apa yang Kamu Pikirkan

Kamu hanya memikirkan sesuatu yang harusnya kamu lakukan? Ayo dong, cepetan bangun dan lakukan. Buat apa dipikirin aja ya kan, nggak akan selesai-selesai deh!

Lakukan 'Aturan Dua Menit'

Artinya, kalau sesuatu itu cuman akan memakan waktu selama dua menit, cepat lakukan sekarang. Misalnya, mengangkat jemuran, mencuci piring kotor dan lainnya.

Jangan Mendekati Sofa atau Temapt Tidur

Kalau pekerjaan kamu belum selesai, jangan sampai deh mendekati sofa atau tempat tidur. Karena ini bakaalan mensugesti diri kamu dan membuat kamu terjebak ke rasa malas karena rasa nyaman yang ditawarkan tempat-tempat tersebut.

Jangan Memutus Rantai

Cara menghilangkan rasa malas selanjutnya yaitu dengan trik kalender. Caranya, ketika kamu berhasil mengerjakan tugasmu har ini dengan baik, coba letakkan tanda X besar di kalender pafda hari itu. Setelah beberapa hari kerja secara produkstif, kamu bakalan melihat rantai yang bagus dan satu-satunya tugasmu adalah nggak boleh membuat rantai itu terputus.

Konsisten

Seluruh cara menghilangkan rasa malas yang udah Diadona share di atas ini nggak cuman dilakukan satu kali atau satu hari doang lho ya, namun harus konsisten penuh. Dengan begitu, semua kebiasaan-kebiasaan ini bakalan terbangun menjadi suatu yang positif secara konsisten. Kamu jadi terbiasa produktif.

Cara menghilangkan rasa malas yang udah Diadona share barusan semoga bisa membantu kamu membentuk kebiasaan-kebiasaan baik untuk diir yang lebih produktif!

Beri Komentar