18 Cara Presentasi yang Baik dan Efektif, Kamu Harus Tahu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 16 Oktober 2020 20:06
18 Cara Presentasi yang Baik dan Efektif, Kamu Harus Tahu
Grogi mau presentasi? Coba deh simak gimana cara presentasi yang baik ini.

Banyak banget orang yang ngerasa grogi bahkan takut saat harus membawakan materi presentasi. Kadang karena mereka nggak tahu cara presentasi yang baik atau kurang latihan aja.

Dan cara presentasi yang baik dimulai dari menyusun konten. Nggak peduli seberapa menarik materi kamu, kalau kamu nggak bisa mengeluarkannya dari otak kamu secara sederhana dan memikat, kamu bakalan ngeliat wajah-wajah kosong yang nggak ngerti dan nggak tertarik dengan materi kamu.

Trus, kudu mulai dari mana dulu nih dalam cara presentasi yang baik? Yuk simak dulu ulasan Diadona dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

Cara Presentasi yang Baik

Cara Presentasi yang Baik © Diadona

Dikutip dari Bitable, kayak gini nih cara presentasi yang baik:

Struktur Presentasi

Untuk apa aja yang ingn kamu presentasikan, bagi menjadi tiga bagian sederhana yakni pendahuluan, isi dan kesimpulan.

Pengantar yang Menarik

Bikin perkenalan diri yang singkat dan jelasin dikit tentang topik apa yang bakalan kamu bahas. Selanjutnya, tekankan kenapa sih materi yang kamu bahas ini penting untuk mereka perhatikan.

Tawarkan Sisi Menarik

Badan dari materi presentasi kau adalah tempat di mana kau memberikan fakta, kutipa dan bukti yang mendukung poin utama.

Ringkasan

Di sini, cara presentasi yang baik diberikan dengan mengulang kembali tujuan dari presentasi dan memberikan poin kepada peserta tentang gimana mereka bisa mempraktikkan apa yang barusan kamu sampaikan/

Nggak Lebih dari 10 Slide

Kam pun juga pasti males kalau diminta duduk mendengarkan presentasi membosankan sepanjang 30 slide kan? Kalau gitu, coba deh atur materi kamu hanya 10 slide saja, buat semenarik mungkin dan berikan mereka waktu untuk mencerna isi materi. Jangan terburu-buru.

Batasan pada Slide

Lebih sedikit slide memang lebih baik. Terlalu banyak teks bikin peserta malah bosan atau mereka malah membaca slide tanpa bisa mendengarkan secara seksama penjelasan dari kamu.

Pikirkan Informasi yang Menggigit!

Informasi bisa disampakikan dengan baik ketika mereka hadir dalam bentuk potongan kecil yang mudah 'digigit'. Kalau kamu berencana mengeluarkan informasi yang menarik dan nendang banget di presentasi kamu, cara presentasi yang baik bisa kamu tunjukkan dengan memotongnya menjadi bagian kecil.

Desain dan Detail

Desaqin yang baik bisa menghancurkan atau menaikkan nilai presentasi. Coba deh kulik website desain yang mudah dan gratis seperti Visma atau Canva, dan ambil gambar yang menarik dari Pexels atau Unsplash.

Gunakan Sedikit warna

Warna cerah bisa mempesona, tapi kalau kamu menggunakan terlalu banyak wrna, itu malah justru bisa mengganggu presentasi kau lho. Cara presentasi yang baik yakni dengan menggunakan warna yang paling relevan dengan pesan kamu. Saran sih, gunakan satu atau dua warna selain hitam dan putih untuk palet sehingga kamu memiliki tampilan presentasi yang nuansanya konsisten.

Konsisten dengan Font

Bikin terlihat profesional dengan menggunakan desain yang konsisten. Jangan sampai deh kamu menggunakan huruf besar dan kecil misalnya Times New Roman dan Comic Sans dalam satu penampilan, atau ukuran teks 8 dan 30, misalnya.

Tetap menggunakan satu font dan satu ukuran, variasi penekanan materi tersampiakan dengan kata-kata. Kayak gini nih salah satu cara presentasi yang baik.

Minta Koreksi Orang Lain

Saat udah selesai, mintalah seseorang untuk mengoreksinya dan sempurnakan materi presentasi kamu. Jangan lupa untuk berlatih juga ya!

Kalau sudah, lanjut yuk ke gimana meningkatkan ketrampilan presentasi kamu.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Presentasi yang Baik

Cara Presentasi yang Baik © Diadona

Dikutip dari Wordstream, presentasi atau berbicara di depan umum bisa saja sangat menegangkan bahkan oleh mereka yang pinter dan suka ngomong. Kemampuan tersebut didapat dari latihan yang panjang, dikombinasikan dengan antusiasme, data yang unik, konten yang berguna dan sedikit bumbu selera humor.

Berikut Diadona kasih tips untuk meningkatkan ketrampilan dalam cara presentasi yang baik.

Latihan

Ini adalah saran yang mungkin sudah kamu dengar ribuan kali, tapi bener-bener dilakuin nggak hayo? Lakukan latihan presentasi dengan berbagai posisi, bahkan beberapa diantaranya ada yang menyarankan untuk latihan di depan kaca.

Tapi coba deh berlatihlah sambil mereka diri kamu sendiri untuk mendapatkan cara presentasi yang baik. Kalau duah kelar, putar rekaman tersebut sehingga kamu bisa melihat diri kamu sendiri secara utuh. Lihat bagian mana aja yang perlu dikoreksi dan juga ditingkatkan.

Ubah Energi Menjadi Antusiasme

Dikutip dari Wordstream, pidato yang antusias mengalahkan pidato yang fasih. Dan kamu bisa mendapatkan antusiasme tersebut justru dari rasa grogi lho? Saran yang aneh mungkin, tapi siapa tahu kamu bisa mencoba cara presentasi yang baik berikut ini. Kamu bisa mendengarkan musik hip-hop, minum kopi, atau apapun yang membuat kamu ngerasa lebih bersemangat.

Hadiri Presentasi Lainnya

Coba deh perhatikan presentasi orang lian untuk mendapatkan sebuah inspirasi. Apalagi kalau mereka adalah orang yang presentasi sebelum kamu, ini penting banget dalam cara presentasi yang baik karena kamu bisa ngeliat tuh gimana suasana penontonnya, apakah mereka santai atau kaku, dan lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Cara Presentasi yang Baik dan Benar

Cara Presentasi yang Baik © Diadona

Jangan Takut sama Penonton

Salah satu ketakutan yang susah banget hilang adalah tentang penonton. Mungkin kamu berpikir kalau penonton bakalanb ngetawain kamu kalau kamu salah.

Apakah demikian? No. Banyak orang yang takut berbicara di depan umumm, jadi kalaupun misalnya penonton acuh tak acuh, kemungkinan besar karena mereka tahu kamu sedang grogi.

Ambil Nafas Dalam-Dalam

Saat kita gugup, otot kita jadi menegang dan tanpa sadar kita jadi menahan napas. Sebaliknya, lanjutkan dan tarik napas dalam-dalam untuk membawa oksigen masuk ke otak dan membuat tubuh jadi rileks.

Senyum

Tersenyum meningkatkan endorfin, menggantikan kecemasan dengan ketenangan yang membuat kamu jadi lebih nyaman. Tersenyum juga menunjukkan kepercayaan diri dan antusiasme penonton.

Jangan Ngoyo Memasukkan Terlalu Banyak Materi

Presentasi memang harus penuh dengan informasi yang berguna, berwawasan dan dapat ditindak lanjuti, tapi bukan berarti kamu harus memasukkan semua materi dan mencoba meringkasnya.

Ketahui mana yang harus disertakan dan mana yang harus ditinggalkan, sangat penting dalam cara presentasi yang baik. Kalau di rasa ada yang di luar topik, segera hilangkan.

Cara presentasi yang baik berikut jangan lupa diterapkan ya! Selamat berjuang!

Beri Komentar