20 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Modal, dari Freelancer sampai Isi Survey Online

Career | Kamis, 26 November 2020 16:15
20 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Modal, dari Freelancer sampai Isi Survey Online

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Cara menghasilkan uang dari internet ini nggak selalu membutuhkan ketrampilan tertentu kok dan yang pasti tanpa modal.

Coba deh bayangin kalau kamu tahu gimana cara menghasilkan uang dari internet secara cepat dan mudah. Kamu bisa bekerja cuman dengan baju tidur doang, sambil leyeh-leyeh di kasur. Fleksibel banget secara waktu dan tempat. Kalau bosan dikit tinggal cuss di cofee shop dan bekerja di tengah suasana nyaman di sana.

Pertanyaannya nih, gimana cara menghasilkan uang dari internet?

Pertama kamu kudu tahu nih kalau nggak semua cara menghasilkan uang dari intyernet bakalan bikin kamu cepat kaya, kecuali kamu punya keahlian tertentu. Plus meskipun ada banyak cara yang bsia dilakukan, beberapa diantaranya mungkin tak pasti menghasilkan. Yah kudu pinter-pinter milih deh pokoknya.

Dikutip dari berbagai sumber (26/11), yuk kepoin gimana cara menghasilkan uang dari internet berikut ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

 Cara Menghasilkan UangCara Menghasilkan Uang © 2020 annawaldl from Pixabay

Cara menghasilkan uang di internet kali ini nggak membutuhkan modal kok seperti ketika kamu berjualan online. Yang kamu butuhkan adalah laptop dengan koneksi internet dan juga keahlian yang kamu miliki.

Freelance

Dikutip dari Economic Times, menjadi freelancer adalah cara menghasilkan uang dari internet yang paling populer. Ada beberapa situs web yang menawarkan tugas freelance untuk orang-orang dengan berbagai keterampilan. Yang perlu kamu lakukan cuman bikin akun, menelusuri daftar pekerjaan yang ditawarkan, dan melamar pekerjaan yang cocok dengan keahlian kamu. Beberapa situs web bahkan mungkin meminta kamu untuk membuat data pribadi dengan rincian keahlian yang kamu miliki sehingga klien yang tertarik bisa menghubungi kamu secara langsung.

Beberapa daftar alamat freelance untuk cara menghasilkan uang dari internet adalah:

Projects

Situs freelance ini cocok banget untuk kamu yang tertarik di dunia komputer dan digital, IT, social media, SEO, dan digital marketing. Kamu cuman perlu membuat akun trus melakukan bid atau penawaran pada project yang sesaui dengan keahlian kamu. Setelah tawaran kamu diterima, kerjakan project di waktu yang telah disepakati. Setelah selesai, pemilik pekerjaan tersebut bakalan mereview pekerjaan kamu dan bila diterima, maka sejumalh nominal uang yang telah disepakati akan masuk ke rekening yang kamu daftarkan.

Untuk membayar penyedia jasa freelancer, maka bayaran kamu akan dipotong sekitar 12 persen bila project yang kamu kerjakan berbudget lebih dari Rp. 100.000. Jangan khawatir pemilik pekerjaan bakalan nggak membayarnya karena Projects.co ini menggunakan sistem rekening bersama kok.

Upwork

Situs freelancer untuk cara menghasilkan uang dari inetrenet ini disebut merupakan situs Freelance terbesar di dunia. Cakupannya bukannya lokal lho tapi malah internasional. Level skill atau keahlian freelancer yang ada di Upwork terbagi menjadi 3 kategori level yaitu Entry level, yang cocok untuk pemula, Intermediate level dan Expert level.

Hampir sama dengan Projects.co yang melalui sistem bidding atau penawaran, bedanya nih Upword mewajibkan freelancer untuk membayar setiap kali melakukan bid. Kok gitu? Secara nggak langsung nih website ini akan freelancer yang benar-benar capable, freelancer yang mau keluar duit buat bidding dan mereka yang tidak terkualifikasi. Dan mereka yang nggak mendapatkan pekerjaan selama tiga bulan maka akunnya akan disuspend.

Cara menghasilkan uang dari internet dari Upwrok ini bisa dibilang aman karena mereka juga menyediakan rekening bersama dan fasilitas untuk penyelesaian sengketa antara pemberi kerja dan freelancer. Mereka juga menarik komisi untuk setiap project yang berhasil diselesaikan.

Bayarannya lumayan banget lho karena dalam bentuk dollar. Tapi nih berarti dalam cara menghasilkan uang dari internet melalui Upwork, kamu harus mahir berbahasa inggris.

Gobann

Adalah situs freelancer yang mayan populer di Indonesia. Konsepnya adalah kita menjual jasa yang kita miliki dengan nilai uang Rp. 50.000. Jasa apa saja tuh? Bisa berupa jasa penerjemahan, desain grafis, koding pemrograman, dan lain-lain.

Saat pertama kali masuk ke website ini, kamu akan masuk ke dua menu utama yakni Kangtao yang merupakan freelancer atau Demand yang merupakan permintaan jasa dari klien. Mengenai sistem pembayarannya juga sangat bervariasi kok, mulai dari melalui transfer bank, PayPal, dan T-Cash.

Sribulancer

Sama halnya dengan situs freelancer untuk cara menghasilkan uang dari internet, Sribulancer ini cocok untuk kamu yang memiliki keahlian di bidang pembuatan penulisan konten, penerjemah, entri data dan desain

Nah di dalam Sribulancer sendiri memiliki program Trusted Freelancer, yakni wadah untuk para freelancer yang udah terbukti memiliki kualitas yang terbaik dengan harga bersaing. Saat ini, Sribulancer udah mengakomodir 120 ribu freelancer dari seluruh Indonesia dengan tujuh ribu klien dan 20 ribu pekerjaan yang sudah ditawarkan. Tertarik nggak tuh?

Freelancer Indonesia

Berbagai project ditawarkan mulai dari IT, design, marketing, jasa penerjemahan sampai dengan jurnalistik. Dan untuk detail pekerjaannya nih sleanjutnya kalan dijelasin secara detail di setiap proyek. Namun sebelum bergabung, kamu harus punya kartu kredit atau akun PayPal ya karena proses pembayaran melalui kedua platform tersebut.

99Desain

Adalah platform freelancer yang sistemnya tuh kayak kompetisi. Oh wait, ini khusus untuk jasa desain ya! Jadi klien akan membuka proyek dan desainer yang tertarik bisa mengirimkan desainnya. Bila klien tersebut tertarik pada salahs atu desain, maka tentu desain tersebut yang akan dipilih.

Meskipun di 99Design ini nggak selalu meberikan hasil baik dalam cara menghasilkan uang dari internet, tapi website ini bagus banget lho untuk mencoba peruntungan dan bisa jadi referensi untuk meningkatkan skill kamu.

Fiverr

Meskipun cukup baru, tapi plaform yang bisa kamu jadikan cara menghasilkan uang di internet ini sudah menarik pengguna yang cukup banyak secara internasional. Situs freelance ini memang berbasis di Israel dan cuman menjangkau sedikit freelancer Indonesia. Tapi coba aja deh siapa tahu beruntung, ya kan?

3 dari 4 halaman

Keahlian yang Dibutuhkan untuk Cara Menghasilkan Uang di Internet

 Cara Menghasilkan UangCara Menghasilkan Uang © 2020 Firmbee from Pixabay

Berikut ada beberapa keahlian untuk cara menghasilkan uang dari internet.

Menjadi Voice Over

Apakah kamu tahu kalau suaramu bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet lho? Caranya dengan mengisi voice over. Kamu nggak perlu punya suara yang bagus lho, cukup memiliki jenis suara dan intonasi yang sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan atau produk tersebut.

Data Entry

Masih sekloah atau kuliah tapi punya banyak waktu dan koneksi internet yang luang? Kamu bisa mencoba cara menghasilkan uang di internet dengan menjadi data entry. Tugasnya gampang banget kok yakni memasukkan data ke database lewat form online yang sudah mereka sediakan. Mudah, kan?

Desainer Grafis

Adalah pekerjaan yang cocok untuk kamu yang punya kemampuan mengggambar. Karena nggak sembarang orang memiliki keahlian ini maka nggak heran kalau desain grafis merupakan salah satu keahlian yang dihargai cukup mahal. Biasanya nih pekerjaan yang ditawarkan adalah pembuatan logo, ilustrasi, brosur, dan sebagainya.

Digital Marketer

Seiring dengan banaykanya orang untuk belanja online, maka banyak orang mencari mereka yang menguasai ilmu digital marketing ini. Profesi ini dituntut enguasai berbagai macam strategi pemasaran secara online. Selain itu juga kudu memahami email marketing, pay per click atau PPC, search engine marketing, media sosial, SEO management, dan sebagainya.

Web Designer

Ada berbagai keahlian yang kduu dimiliki oelh seorang web designer, antara lain penguasaan HTML, JavaScript dan CSS trus juga penguasaan terhadap tool desain grafis seperti Photoshop dan Corel Draw. Meskipun susah, tapi bayarannya lumayan banget lho.

Penulis SEO

Profesi ini lagi banyak banget dicari nih karena mereka bertugas untuk meningkatkan posisi sebuah situs atau halaman web di hasil mesin pencarian. Biara apa tuh? Karena kalau suatu website berada di posisi atasa dalam pencarian google, tentu lebih mduah ditemukan oleh internet user kan? Sehingga website jadi punya banyak pengunjung dan bisa aja meningkatkan penjualan mereka.

Penulis Konten

Demen nulis? Daripada cuman bikin tweet galau, mending coba cara menghasilkan uang dari internet sebagai penulis konten deh. Tugasnya menulis artikel sesuai dengan yang dikehendaki oleh penyedia jasa. Kalau kamu menguasai berbagai macam bahasa asing, nah, pekerjaan ini bakalan terasa lebih mudah dan kamu punya banyak peluang.

Java Programmer

Adalah mereka yang menguasai bahasa pemrograman ini. Biasanya nih keahlian tersebut dibayar mahal banget lho karena kebutuhannya yang makin besar.

4 dari 4 halaman

 

 Menentukan Harga Ideal untuk FreelancerMenentukan Harga Ideal untuk Freelancer © shutterstock

Selain itu ada juga nih cara menghasilkan uangd ari internet cuman modal klik-klik doang sehingga kamu yang tidak memiliki keahlian apapun bisa berpartisipasi. Apa itu?

Melakukan Survey Online

Cara menghasilkan uang dari internet ini lagi populer banget nih. Pun pasarnya juga sekalu ada karena perusahaan riset selalu merekrut anggota baru di seluruh dunia untuk menjawab survei dan menguji produk baru. Survey onlien artinya kamu cuman perlu mengisi beberapa formulir online, yah kayak survey biasa gitu deh.Toluna akan meminta beberapa data pribadi koresponden. Data tersebut kemudian akan dijadikan acuan untuk menentukan survey mana yang cocok untuk Anda ikuti dan sebagai apresiasi Toluna juga akan memberikan imbalan bagi yang sudah menyelesaikan survey tersebut.

Tapi kamu harus hati-hati nih. MEskipun ada banyak situs survey online penting sekali memilih yang tepat biar nggak tertipu. Cara menghasilkan uang dari internet dengan cara mengisi survey artinya kamu cukup menjawab pertanyaan yang ada. Cara mengisinya juga simpel banget karena kamu cuman diminta untuk mencentang pilihan yang ada.

Jadi tentu aja, cara menghasilkan uang dari survey online ini bisa dilakukan oleh siapa aja bahkan tanpa keahlian apapun.

Lalu situ s apa aja nih yang udah terpercaya memang bisa kamu jadikan harapanm sebagai cara menghasilkan uang dari internet?

PanelPlace

PanelPlace memiliki lebih dari satu juta anggota di seluruh dunia. Nggak cuman menawarkan survey, PanelPlace juga menawarkan berbagai kelas online. Kebanyakan dari hadiah survey yang diadakan PanelPlace berbentuk voucher atau pulsa.

Kalau kamu teratrik mencobanya, kamu harsu emndaftar terlebih dahulu trus ikuti 3 panel survey yang ada disitu. Apakah harus mahir berbahasa Inggris? Nggak dong karena survei bisa dilakukan dengan bahasa yang kita pilih.

Kamu baru bisa mendapatkan uang setelah mengumpulkan 5000 poin yang dapat ditukarkan dengan uang sebesar kurang lebih Rp250.000. Uang tersebut akan masuk ke akun PalPal kamu.

 Freelance adalahFreelance adalah © pexels.com/@canvastudio

Opinion World

Cara menghasil uang dengan mengisi survey di Opinion World berarti kamu sedang mengungkapkan pendapat kepada para pemimpin di berbagai ranah industri. Dari opini tersebut lah nantinya kamu iku ambil peran dalam penentuan harga, desain, dan kemasan suatu produk. Setiap poin dari survey ini seharga 0.01 dollar yang artsinya kamu kudu ngumpulins ekitar 1000 dollar untuk mendapatkan uang sekitar Rp. 140.000. Hebatnya lagi, kamu nggak perlu mahir bahasa Inggris lho karena survey bisa dilakukan dalam bahasa yang kamu pilih.

Global Test Market

Di sini survey yang dilakukan berarti memberikan review terhadap berbagai macam produk dan jasa. Ada banyak topik yang bisa kamu pilih, mulai dari otomotif, bioskop, restoran, dan berbagai hal lainnya.

Dengan mengikuti survey di Global Test Market, kamu bisa mendapatka 10 poin setiap pengisian survey. Trus poin ini bisa ditukarkan ketika sudah berjumlah minimal 1000 poin untuk uang tunai sejumlah 40 – 50 dollar Amerika Serikat.

Toluna

Toluna akan meminta beberapa data pribadi koresponden. Data tersebut kemudian akan dijadikan acuan untuk menentukan survey mana yang cocok untuk kamu ikuti. Kalau survey yang kamu lakukan udah selesai, kamu akan diberika beberapa poin yang bisa ditukarkan dengan batas minimun 10.000 poin. Poin tersebut bisa kamu tukarkan dengan berbagai jenis voucher ataupun uang yang masuk melalui PayPal.

YouGov Indonesia

Nggak cuman untuk menentukan arah produk, namun cara menghasilkan uang dari internet melalui survey online di YouGov ini juga dapat digunakan untuk dunia politik. Setiap anggota bakalan mendapatkan sekitar dua atau tiga buah survey yang dapat diikuti di maan setiap surveynya akan mendapatkan poin sebesar 25 sampai dengan 500 poin. Setiap 5000 poin senilai dengan 25 dolar Singapura.

Cara menghasilkan uang dari internet memang banyak, namun kamu harus berhati-hati karena rawan juga nih adanya penipuan hingga aksi pencurian data. Semoga berhasil ya!

 

Join Diadona.id