4 Tips Menolak Tawaran Kerja yang Baik dan Sopan agar Citra Tetap Terjaga

Reporter : Mila
Sabtu, 20 Februari 2021 09:57
4 Tips Menolak Tawaran Kerja yang Baik dan Sopan agar Citra Tetap Terjaga
Menolak tawaran kerja boleh saja, asal yang sopan ya!

Salah satu hal yang sering dilakukan fresh graduate adalah mengirimkan lamaran sebanyak mungkin pada lowongan kerja yang memenuhi kriteria. Semakin banyak mengirim lamaran, semakin besar pula peluang kamu terjaring seleksi. 

Tapi ada kalanya kamu terpaksa harus menolak tawaran pekerjaan. Biasanya karena sudah diterima duluan di tempat lain ataupun karena alasan lain seperti karena gajinya yang gak sesuai ekspektasi.

Nah, kamu boleh aja menolak tawaran pekerjaan tersebut, tapi ingat, kamu harus menolaknya secara baik dan sopan. Karena bagaimana cara kamu menolak akan memengaruhi citra dan nama baikmu.

Daripada bingung, Diadona.id kasih 4 tipsnya untuk menolak tawaran pekerjaan dengan baik dan sopan!

1 dari 4 halaman

Beri Kepastian Secepatnya

Berpikir dengan matang tentang sebuah tawaran kerja memang baik, tapi jangan kelamaan deh.

Kalau memang kamu sudah yakin untuk menolak, sampaikan sesegera mungkin pada perusahaan. Kamu bisa menghubungi orang dari pihak perusahaan yang pernah mengundangmu untuk interview. Jangan membuang-buang waktu perusahaan. Dengan begitu, perusahaan bisa secepatnya mencari kandidat lain. 

2 dari 4 halaman

Berikan Alasan yang Jelas

Waktu menolak tawaran pekerjaan, berikan alasan yang jelas. Jangan pernah kamu melakukan penolakan tanpa disertai adanya alasan. 

Sampaikan alasan yang jelas dan jujur. Tapi kamu juga perlu memperhatikan cara penyampaian yang tepat. Walaupun kamu menolak, jangan pernah memberi pernyataan yang menjelekkan citra perusahaan. 

3 dari 4 halaman

Ucapkan Terima Kasih

Cukup sepele tapi sering diabaikan. Walaupun kamu menolak, sebaiknya sampaikan rasa terima kasih atas waktu dan kesempatan yang mereka berikan. Kamu juga perlu menambahkan bahwa kamu sangat terbuka untuk kesempatan lain di masa yang akan datang. 

4 dari 4 halaman

Tetap Berhubungan Baik

Waktu kamu menolak pekerjaan dari suatu perusahaan, bukan berarti kamu putus hubungan dengan perusahaan tersebut. Bisa saja ada kemungkinan perusahaan tempatmu bekerja sekarang akan menjalin kerjasama dengan perusahaan yang kamu tolak.

Dunia kerja itu dinamis dan cepat berkembang. Kamu tak tahu apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Jadi pastikan kamu menolak tawaran pekerjaan itu dengan sopan, sehingga kamu punya reputasi yang baik kalau masih ingin bergabung di lain kesempatan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar