5 Kunci agar Mimpi dan Cita-cita Berkarirmu Tidak Lagi Ditentang Orangtua

Career | Sabtu, 4 September 2021 07:57

Reporter : Mila Ismiranda

Coba beri pemahaman pelan-pelan ya!

Sebagai seorang manusia yang telah beranjak dewasa atau bahkan sudah dewasa, kamu tentu mempunyai hak untuk menentukan jalan hidup sendiri, salah satunya tentang karir. Sebagian orang memilih merahasiakan mimpinya, atau sudah terbuka soal mimpinya tapi mendapat tentangan oleh orangtua.

Hal yang satu ini memang pelik, dimana anak ingin memperjuangkan apa yang ia inginkan, tapi di sisi lain orangtua seringkali memiliki rencana sendiri yang dianggapnya terbaik untuk anak.

Jangan bingung dulu, karena pasti ada jalan keluarnya kok. Simak lima kuncinya di bawah ini, ya!

5 Kunci agar Mimpi dan Cita-cita Berkarirmu Tidak Lagi Ditentang Orangtua
2 dari 6 halaman

Beri Pemahaman pada Orangtua

Agar mimpimu tentang masa depanmu tidak ditentang orangtua, maka kuncinya yang pertama adalah dengan memberi mereka pemahaman tentang seperti apa mimpimu.

Semua orangtua pasti lama-lama akan paham tentang keinginan anaknya asal diberi pemahaman dengan baik.

3 dari 6 halaman

Terbuka Soal Rencanamu

Kunci kedua adalah terbuka pada orangtua perihal rencanamu ke depannya. Misalnya kamu punya mimpi berkarir jadi seorang pengusaha, supaya tidak ditentang maka kamu perlu terbuka pada orangtuamu dan memberitahu mereka tentang hal-hal apa saja yang sudah kamu rencanakan untuk bisa menggapainya.

Keterbukaanmu ini membuat mereka berpikir bahwa kamu benar-benar serius dengan mimpimu dan mempunyai rencana yang matang untuk itu.

4 dari 6 halaman

Alasan Mengejar Mimpi

Kunci yang ketiga adalah kamu harus menjelaskan baik-baik tentang alasan kenapa kamu ingin mengejar mimpi dan memilih jalan hidup sendiri.

Seperti orangtuamu yang punya pemikirannya sendiri tentang apa yang terbaik untukmu, dirimu juga harus menjelaskan tentang pemikiranmu tentang hidupmu sendiri.

5 dari 6 halaman

Sisi Positif dari Mimpimu

Memberitahu sisi positif dari mimpimu juga jadi kunci agar tidak ditentang orangtua.

Misalnya tentang apa saja keuntungannya karir itu untuk hidupmu ke depannya, dan bagaimana jaminan kesuksesan yang pasti di dapatkan.

6 dari 6 halaman

Buktikan dalam Jangka Waktu Tertentu

Kunci terakhir yaitu membuat janji bahwa dalam jangka waktu tertentu kamu akan membuktikan kamu bisa meraihnya impian tersebut. Misalnya saja kamu meminta waktu dua atau tiga tahun untuk membuktikan pada mereka bahwa kamu bisa, baru setelah itu kamu tetap tidak bisa maka kamu pun akan menuruti kemauan mereka.

Cara ini bisa dibilang sebagai cukup berisiko, tapi bisa mendorongmu untuk berjuang keras serta meyakinkan orangtua.

Terkait
Join Diadona.id