5 Prinsip Kerja ala Orang Jepang yang Penting untuk Kamu Terapkan Mulai Sekarang!

Reporter : Mila I
Senin, 25 Januari 2021 14:57
5 Prinsip Kerja ala Orang Jepang yang Penting untuk Kamu Terapkan Mulai Sekarang!
Udah punya belum kelima prinsip ini?

Kalau kita membahas tentang kedisiplinan dan komitmen bekerja, maka salah satu yang bisa dijadikan panutan adalah orang Jepang. Orang-orang Jepang dikenal sebagai bangsa yang punya budaya disiplin dan tingkat produktivitasnya tinggi. Hal inilah yang membuat tingkat ekonomi Jepang tinggi dan sejajar dengan negara-negara maju di Eropa dan Amerika Serikat.

Bukan tanpa sebab, Jepang sudah menanamkan budaya disiplin yang luar biasa sejak dini. Apa saja prinsip-prinsip bekerja ala orang Jepang yang bisa kita tiru? Langsung aja simak yuk artikel di bawah!

1 dari 5 halaman

Prinsip Bushido

Bushido punya arti ‘ksatria’ adalah kode etik golongan samurai pada masa feodal Jepang.

Nah, semangat bushido ini ternyata mengakar dalam prinsip kerja orang Jepang. Mereka punya loyalitas dan pengabdian tinggi terhadap perusahaan. Makanya tidak heran kalau orang Jepang jarang berpindah-pindah perusahaan.

2 dari 5 halaman

Makoto dan Ganbatte Kudasai

Makoto artinya kejujuran dan ketulusan. Dalam melakukan pekerjaannya, orang Jepang memegang teguh prinsip ini.

Sementara, ganbatte kudasai adalah kata-kata penyemangat yang sering diucapkan orang Jepang. Dalam konteks bekerja berarti semangat pantang menyerah sampai tujuan tercapai.

3 dari 5 halaman

Keishan

Keishan artinya kreatif, inovatif, dan produktif. Lewat prinsip ini, tidak ada kata takut untuk orang Jepang berkarya  kreatif dan melakukan inovasi-inovasi yang berbeda.

4 dari 5 halaman

Kaizen

Kaizen menekankan ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Hal ini berarti seorang pekerja harus fokus dan tidak boleh menunda-nunda agar pekerjaan selesai sesuai jadwal yang ditentukan.

Makanya, jarang banget kita lihat ada orang Jepang yang datang terlambat ke tempat kerja. Mereka juga biasanya malu pulang lebih awal dan sangat disiplin dalam membedakan waktu kerja dan istirahat.

5 dari 5 halaman

Tak Pernah Anggap Remeh Pekerjaan

Orang Jepang tidak pernah menganggap remeh suatu pekerjaan. Lewat prinsip ini, orang Jepang diajarkan tentang kemandirian dan mengenal semua lini produksi perusahaan dengan baik.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

 

Beri Komentar