5 Tips Mudah Mengevaluasi Performa Kinerja Diri Sendiri

Reporter : Mila
Rabu, 21 April 2021 08:57
5 Tips Mudah Mengevaluasi Performa Kinerja Diri Sendiri
Menilai diri sendiri penting banget untuk karirmu kedepannya.

Punya performa yang baik ketika bekerja menjadi keinginan setiap orang. Mendapatkan hasil dan tujuan yang diinginkan adalah buah yang kita petik dari kerja keras yang selama ini dilakukan. Wajar kalau performa setiap orang tidak selamanya stabil, kadang bisa naik kadang juga turun.

Nah, karenanya penting bagi setiap orang untuk mengevaluasi kinerja diri sendiri untuk mengenal kekurangan dan kelebihan selama aktif bekerja. Meski susah untuk menilai diri sendiri, tapi proses ini tetap harus kamu lakukan, karena mendatangkan banyak manfaat untukmu sendiri.

1 dari 2 halaman

Kenapa Evaluasi Performa Kinerja Diri Penting?

Menilai atau mengevaluasi kinerja diri (self-assessment) ternyata punya banyak manfaat seperti yang dikutip dari Cleverism.

Penilaian kinerja diri sendiri memberikan ruang untukmu berbicara. Kalau ada masalah yang disampaikan oleh atasanmu, kamu bisa memberikan penjelasan di sini. Proses ini membuat komunikasi berjalan secara dua arah. Jadi tidak ada salah paham di antara kamu dan sang atasan.

Selain itu, mengevaluasi kinerja diri juga membuatmu memahami kesalahan pribadi. Hal ini tentu mempercepat proses performance appraisal.

Yang terakhir, mengevaluasi kinerja diri bisa meningkatkan self-awareness. Salah satu bentuk kecerdasan emosional ini bisa mendorong karirmu.

2 dari 2 halaman

Tips Melakukan Evaluasi Performa Kinerja Diri

Meskipun ada rasa tidak nyaman atau tidak terbiasa untuk mengevaluasi diri sendiri, tapi kamu bisa mengikuti tips-tips berikut seperti melansir dari TINYpulse, Lattice, dan Business News Daily.

1. Tulis Pencapaianmu

Jangan malu menunjukkan pencapaianmu dalam penilaian kinerja diri sendiri.

2. Tulis Kelemahan dan Kegagalanmu

Saat melakukan hal ini, jangan defensif. Hindari menyalahkan orang lain atau malah mengelak saat kamulah yang salah.

3. Punya Target Tertentu

Untuk memudahkan kamu dalam menilai performa kerja, kamu juga bisa membuat target dalam jangka waktu tertentu sesuai tugas yang dimiliki.

4. Jujur pada Diri Sendiri

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Kalau kamu tidak mau jujur dengan pengalamanmu sendiri, baik ataupun buruk, bagaimana kamu bisa belajar?

5. Tanamkan dalam Diri Sendiri

Kamu tentu harus mempertahankan apa yang sudah baik. Terus usaha pula agar kelemahanmu bisa berkurang.

Gampang kan? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar