7 Tips Anti Rebahan Selama WFH, Dijamin Makin Produktif!

Reporter : Mila I
Kamis, 18 Februari 2021 12:57
7 Tips Anti Rebahan Selama WFH, Dijamin Makin Produktif!
Gampang dan mudah diterapkan.

Work from home (WFH) membuat para pekerja jadi sering malas-malasan dan dikit-dikit rebahan.

Pada dasarnya kalau rebahan cuma untuk istirahat, gak akan menghambat produktivitas kamu. Tapi akan beda halnya kalau rebahan sepanjang hari hingga kamu jadi malas gerak alias mager melakukan apa-apa. Alhasil banyak tugas kerja yang tertunda dan terbengkalai. Konsekuensinya adalah kamu harus begadang karena mengejar deadline tugas dan pekerjaan itu.

Meskipun meninggalkan kebiasaan malas dan rebahan sulit, tapi jangan khawatir karena Diadona.id punya solusinya. Berikut ini 7 tips anti rebahan selama WFH!

1 dari 7 halaman

Tidur Tepat Waktu

Waktu tidur sangat memengaruhi produktivitas kerja. Untuk itu, tips anti rebahan yang pertama adalah dengan tidur tepat waktu dan bangun pagi seperti biasa.

Dengan tidur tepat waktu kamu akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk menjalani hari. Jangan pernah menjadikan WFH alasan untuk begadang.

Bangun pagi membuat otak lebih segar. Biasanya di pagi hari kamu akan memiliki ide-ide baru yang fresh. Selain itu, dengan menerapkan bangun pagi kamu juga punya waktu lebih banyak untuk menyusun jadwal harian.

2 dari 7 halaman

Pilih Lokasi Nyaman

Pemilihan lokasi bekerja selama di rumah bisa berpengaruh pada produktivitas bekerja. Supaya tetap bertahan bekerja dalam waktu yang lama, pilihlah tempat yang membuatmu paling nyaman. 

Penting diingat, hindari bekerja di tempat tidur. Karena banyak gangguan muncul ketika kamu berada di tempat tidur, seperti menjadi malas-malasan dan tentu saja ketiduran.

3 dari 7 halaman

Menyiapkan Barang yang Dibutuhkan

Sebelum bekerja, pastikan kamu menyiapkan barang-barang yang kamu butuhkan. Misalnya laptop, ponsel, charger, air minum, camilah, atau hal lain yang mendukung kamu untuk berlama-lama di tempat kerja.

Tujuannya supaya kamu gak perlu bolak-balik mencari barang tersebut dan membuang banyak waktu yang ada.

4 dari 7 halaman

Waktu Istirahat

Tahukah kamu, bahwa mengambil jeda 10-20 menit di sela-sela waktu bekerja bisa membantu meningkatkan produktivitas pada jam-jam berikutnya?

Otak kamu gak bisa dipaksa untuk terus-terusan bekerja. Berilah jeda 10-20 menit setiap sesi kerja. Kegiatan selama masa istirahat singkat itu kamu bisa menghirup udara segar, memakan camilan, atau melakukan peregangan kecil.

5 dari 7 halaman

Hindari Gangguan yang Bikin Gagal Fokus

Hindarilah gangguan-gangguan yang sekiranya akan membuatmu gak fokus selama kamu bekerja. Contohnya notifitasi ponsel dan sosial media. Bekerja dengan fokus bisa membuatmu menyelesaikan kerja tepat waktu.

6 dari 7 halaman

Buat Jadwal Kerja

Selama WFH, penting untuk membuat rencana harian guna membantu mengatur jadwal kerjamu. Dengan begitu, gak ada pekerjaan yang terlupakan.

Selain itu, melalui rencana harian kamu juga bisa mengatur skala prioritas untuk menentukan pekerjaan mana yang akan diselesaikan dahulu, misalnya kerjaan yang deadlinenya hampir tiba.

7 dari 7 halaman

Reward Setelah Selesai Kerja

Waktu sudah selesai bekerja, berikanlah reward kepada dirimu. Reward ini adalah bentuk penghargaan kepada diri sendiri. Dengan self reward kamu akan terpicu untuk bekerja lebih baik lagi. Misalnya setelah berhasil menyelesaikan tugas, kamu bisa membeli es krim, menonton film, main game, dan lain sebagainya. 

Nah, itu tadi tips anti rebahan selama WFH. Ingat, komitmen kamu sangat berpengaruh terhadap tujuan yang ingin kamu capai.

Semoga tips ini bisa membantu kamu untuk lebih produktif ya!

Beri Komentar