Anti Stres, Ini 5 Tips Ampuh agar Kamu Mampu Bekerja di Bawah Tekanan

Career | Rabu, 7 April 2021 08:57
Anti Stres, Ini 5 Tips Ampuh agar Kamu Mampu Bekerja di Bawah Tekanan

Reporter : Mila Ismiranda

Untuk kamu yang sering bekerja di bawah tekanan, yuk merapat!

Beban dan tuntutan pekerjaan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari saat kamu terjun ke dunia kerja profesional. Di sana, kamu akan dihadapkan pada berbagai target, tantangan, bahkan konflik yang menuntutmu untuk mampu bekerja di bawah tekanan.

Karena itulah, kemampuan kerja di bawah tekanan jadi salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap pekerja. Dari sini, atasan dan supervisor bisa melihat sejauh apa kemampuan kamu dalam mengatasi berbagai jenis tekanan secara efektif.

Tapi sayangnya, banyak pekerja yang tak mampu mengatasinya dan justru berakhir dengan stres dan depresi akibat pekerjaan yang menumpuk. Biar tidak terjadi juga pada kamu, simak yuk 5 tips di bawah agar kamu mampu bekerja di bawah tekanan.

2 dari 6 halaman

Tetap Tenang

Yang pertama, kamu harus berusaha untuk tetap tenang, apa pun kondisi yang kamu hadapi. Menenangkan diri dalam keadaan penuh tekanan memang sulit, tapi hal ini bisa dibiasakan dengan berlatih.

Semakin sering kamu berlatih, maka semakin kamu mampu menenangkan diri dalam keadaan paling urgent sekalipun. Sikap tenang ini menunjukkan bahwa kamu mampu menyelesaikan tugas secara profesional.

3 dari 6 halaman

Susun Skala Prioritas

Malansir Forbes, Konselor dan life coach Erica McCurdy menyarankan untuk menganalisis pekerjaanmu ketika merasa bekerja di bawah tekanan.

Dengan demikian, kamu akan bisa memfokuskan diri pada pekerjaan-pekerjaan yang penting. Dengan menyusun skala prioritas ini, kamu juga bisa memutuskan apakah kamu bisa menolak tugas tambahan dari atasan kamu.

4 dari 6 halaman

Fokus pada Proses Bukan Hasil

Saat bekerja di bawah tekanan, cobalah fokus pada tugas yang kamu lakukan dan bukan pada hasilnya. Kalau kamu fokus pada apa yang kamu kerjakan, maka kamu bisa memecahnya menjadi langkah-langkah konkret yang efektif dan sesuai harapan.

5 dari 6 halaman

Ambil Kendali

Melansir Inc. Magazine, saat bekerja di bawah tekanan ada faktor yang bisa dikontrol dan ada juga yang tidak dapat dikontrol.

Akan tetapi, kalau kamu memfokuskan diri pada faktor-faktor yang tidak bisa dikontrol tersebut, kamu akan merasakan tekanan yang lebih besar yang berujung stres. Hal ini tentunya menyebabkan kecemasan dan akan mempengaruhi kinerja kamu. Untuk itu, fokuslah pada faktor-faktor yang memang berada di bawah kendalimu.

6 dari 6 halaman

Istirahat Sejenak

Ketika berada di bawah tekanan, kamu akan merasa lebih susah fokus dibandingkan biasanya. Ketika fokusmu terganggu, tentunya kinerjamu juga akan menurun.

Untuk itu, beristirahatlah sejenak. Manfaatkan waktu istirahat untuk menenangkan diri sebelum kembali fokus pada pekerjaanmu.

Semoga informasi ini bisa membantu ya. Good luck!

Join Diadona.id