Apa itu CEO? Ini Pengertian, Peran dan Bedanya dengan Founder dan President

Career | Selasa, 13 Juli 2021 14:21

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

CEO adalah singkatan dari Chief executive officer. Seperti namanya, CEO merupakan kepala dari jajaran eksekutif bisnis,

CEO adalah posisi tertinggi sebuah perusahaan. Mendengar penyebutannya saja udah terdengar keren banget kan? CEO punya tanggung jawab membuat keputusan besar, mengelola operasional dan sumber daya perusahaan. CEO juga merupakan wajah publik dari suatu perusahaan. Seseorang bisa menjadi CEO setelah melalui proses penunjukan oleh dewan dan pemegang saham.

Tapi apa sih sebenarnya CEO itu dan apa bedanya dengan founder dan president perusahaan?

CEO adalah bos besar, komando pertama dalam suatu perusahaan. Bisa dibilang sih nggak ada yang lebih tinggi di suatu perusahaan ketimbang CEO dan dialah yang punya rencana strategi besar untuk melihat masa depan perusahaan jauh ke depan.

Dalam suatu bisnis kecil, kemungkinan CEO adalah pemilik perusahaan tersebut. Kalaupun bukan, biasanya CEO merupakan sosok yang paling tahu tentang perusahaan, bisnis dan strategi jangka panjang.

Apa itu CEO? Ini Pengertian, Peran dan Bedanya dengan Founder dan President
2 dari 6 halaman

CEO adalah Singkatan

CEO adalahCEO adalah © 2021 Md Mahdi on Unsplash

CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer. CEO dipilih oleh dewan dan para pemegang saham. Pergantian CEO sangat berpengaruh pada harga saham perusahaan. Saat CEO baru mulai menjabat, harga sahamnya bisa berubah karena sejumlah alasan. Tapi, nggak ada korelasi positif antara kinerja sama dnegan pengumuman CEO baru.

Tapi nih biasanya bila perubahan CEO nggak diumumkan dan terjadi secara tiba-tiba, risiko harga saham menurun lebih banyak ketimbang naik. Perubahan ini biasnaya berdasarkan persepsi pasar tentang kemampuan CEO baru untuk memimpin perusahaan, misalnya. Makanya, agenda perubahan CEO adalah salah satu faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat berinvestasi di saham.

3 dari 6 halaman

CEO sering kali punya posisi di dewan direksi dan kadang menjadi ketua. CEO bisa juga merupakan direktur pelaksana atau bahkan jadi presiden, namun ini biasanya terjadi pada bisnis kecil.

Dewan direksi dipilih oleh pemegang saham perusahaan dan biasanya terdiri dari direktur dalam, yang merupakan pejabat senior perusahaan, dan direktur luar, yang merupakan individu yang tidak dipekerjakan oleh perusahaan. Dewan menetapkan kebijakan manajemen perusahaan dan memutuskan masalah perusahaan gambaran besar. Karena dewan bertanggung jawab atas fungsi eksekutif, dan CEO bertanggung jawab untuk mengintegrasikan kebijakan perusahaan ke dalam operasi sehari-hari, CEO sering kali mengisi peran sebagai ketua dewan .

4 dari 6 halaman

CEO adalahCEO adalah © 2021 gadgets.ndtv.com

Nah, apa bedanya CEO dengan presiden?

Kalau CEO menetapkan visi dan misi perusahaan, maka presiden lah yang berperan dalam mengawasi fungsi bisnis sehari-hari. Presiden umumnya ditunjuk oleh CEO sebagai posisi kedua tertinggi di perusahaan dan menjalankan fungsi bisnis sehari-hari.

Jadi misalnya pada perusahan dengan banyak bisnis, CEO adalah pengawas sejumlah presiden di mana presiden bertugas menjalankan bisnis yang berbeda dan di mempertanggung jawabakannya kepada CEO.

Nah, CEO berbeda dengan founder ya. Seperti namanya, founder adalah orang yang memulai perusahaan, seperti Jeff Bezos dari Amazon. Seorang founder perlu mencari pendanaan bagi usaha mereka, memasarkan merk dan juga mencari sumber daya. Dan nggak seperti CEO, founder suatu perusahaan adalah orang yang tetap walaupun dia sudah tidak bergabung dengan perusahaan tersebut.

Tapi ada beberapa CEO yang juga merupakan founder perushaan, contohnya Steve Jobs, SEO sekaligus pendiri Apple. Setelah kematiannya, Steve Jobs tetaplah founder Apple sedangkan CEO kini dipegang oleh Tim Cook.

5 dari 6 halaman

CEO Duality

Yang dimaksud dengan CEO duality adalah CEO yang juga merangkap sebagai ketua dewan. Dalam kondis ini, menurut teori organisasi, dualits CEO adalah dasar untuk membentuk kepemimpinan yang kuat dan tidak ambigu. Tapi menurut teori keagenan, dualitas CEO ini bisa mengautkan CEO dengan mengurangi efektivitas pemantauan dewan, mengingat CEO dipilih oleh para dean dan bertanggung jawab kepada mereka. Nah, bila CEO sendir berperan sebagai ketua dewan, maka fungsi tersebut jadi lemah kan?

6 dari 6 halaman

Tugas CEO

CEO adalahCEO adalah © 2021 REUTERS

Melansir laman Investopedia, sebenarnya sih peran CEO adalah bervariasi tergantung ukuran, budaya, struktur perusahaan. Misalnya pada perusahaan kelas atas, urusan CEO adalah pada keputusan strategis tingkat tinggi dan keputusan yang mengarahkan pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Beda dengan perusahaan kecil yang menuntut CEO untuk terlibat secara aktif dalam fungsi sehari-hari.

Selain keberhasilan keseluruhan organisasi atau perusahaan, CEO bertanggung jawab untuk memimpin pengembangan dan pelaksanaan strategi jangka panjang, dengan tujuan meningkatkan nilai pemegang saham, melansir Corporate Finance Institute.

Tanggung jawab dan peran CEO berbeda setiap perusahaan, tergantung pada strktur organisasi dan besarnya perushaan. Pada perusahaan kecil, misalnya, CEO akan turun langsung dalam pembuatan keputusan bisnis tingkat rendah, misalnya mempekerjakan karyawan. Namun di perusahaan besar, CEO biasanya cuman berurusan dengan strategi perusahaan tingkat tinggi dan keputusan perusahaan besar. Untuk tugas 'kecil' lainnay cenderung diserahkan kepada manajer atau departemen. Intinya sih nggak ada standar peran dan tangung jawa CEO.

Karena mereka sering berurusan dengan publik, kadang-kadang CEO perusahaan besar menjadi terkenal. Contohnya adalah Mark Zuckerberg, CEO Facebook, Steve Jobs, pendiri sekaligus dan CEO Apple.

 

Join Diadona.id