Apa itu Passion, Bedanya dengan Hobi dan Cara Menemukannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 16 Juli 2021 17:05
Apa itu Passion, Bedanya dengan Hobi dan Cara Menemukannya
Passion adalah sesuatu yang dilakukan dengan sangat bersemangat, bahkan banyak orang berharap bisa bekerja sesuai dengan passion mereka.

Kata passion sering digunakan untuk mengantikan kata senang, hobi, atau kerap dikaitkan dengan kesuksesan dan pekerjaan. Yang sering kita dengar, passion adalah salah satu kaca yang kerap dipasangkan dengan kata 'kerja'.

Tapi apa sih makna passion itu sendiri?

Kata 'passion' berasal dari bahasa Inggris yang berarti 'gairah'. Bila didefinisikan, maka passion adalah emosi kuat di dalam diri untuk sesuatu hal. Passion adalah energi yang membuat kita terus maju dan dipenuhi makna dan kebahagiaan. Passion merupakan suatu kecenderungan untuk melakukan sesuatu yang dia sukai.

Lebih lanjut tentang passion tersebut yuk simak dulu ulasan Diadona yang dikutip dari berbagai sumber, Jumat (16/7) berikut:

1 dari 4 halaman

Mengenal Passion

Passion adalah © Diadona

Sebenarnya kata passion adalah kata yang sulit dicari definisi pastinya. Namun secara garis besar sih, passion kerap dikaitkan dengan sesuatu yang kita sukai. Passion terhadap sesuatu membuat kita senang saat menjalaninya dan mengorbankan banyak hal untuk melakoninya.

Passion adalah sesuatu yang sangat ingin kamu lakukan dan bahkan membuat kamu memikirkannya sepanjang waktu. Mereka Banyak orang berharap mereka bekerja sesuai dengan passion mereka, misalnya atlet, seniman, atau penulis.

Passio Melekat dalam Emosi

Passion tertanam di dalam jiwa. Dan itulah alasan mengapa kamu benar-benar melakukan hal yang menjadi passion kamu. Di dalam passion, terdapat tingkat obsesi, banyaknya waktu yang dihabiskan bahkan bisa dibilang ada pengabdian juga dalam passion tersebut. Sederhananya, pasion adalah kombinasi dari cinta dan benci : kamu cinta banget sama hal tersebut tapi kamu juag benci karena kamu ingin sempurna di hal itu.

Bahkan nggak jarang lho kamu sampai rela menghadang banyak hal demi passion, missalnya latihan gitar berjam-jam sampai jari sakit karena kamu sangat pasion dengan alat musik tersebut.

2 dari 4 halaman

Passion adalah © Diadona

Berinvestasi Pada Passion

Artinya adalah kamu menghabiskan banyak hal untuk passiomu, mulai dari uang, waktu, usaha dan laiinnnya. Kadang nggak semuanya terlihat baik, beberapa orang menghabiskan terlalu banyak dalam hidup mereka untuk mengejar passion.

Sering Dianggap Aneh

Saking totalitasnya dengan passion, nggak jarang orang tersebut dianggap aneh oleh sekitarnya. Misalnya ada orang yang suka sekali memasak dan melakukan banyak hal ektra karennya, misalnya membeli banyak peralatan, memasak banyak menu dalam satu kali makan, dan lainnya. Sebagian orang mungkin menganggap hal tersebut berlebihan padahal itu dilakukan karena senang menjalalaninya.

3 dari 4 halaman

Beda Passion dengan Hobi

Passion adalah © Diadona

Apakah passion adalah hobi? Bukan dong.

Perbedaan keduanya memang hampir tak kentara, tapi bisa membuat perbedaan besar dalam cara berpikir seseorang dalam menghabiskan waktunya. Bila passion adalah sesuatu yang dilakukan dengan penuh semangat, maka hobi adalah suatu kegiatan yang dilakukan khusus untuk bersenang-senang.

Hobi adalah tentang bagaimana kamu menghabiskan waktu, merasa lebih baik atau kegiatan yang menurutmu menyenangkan. Misalnya, menyanyi, menonton TV, membaca buku, memasak dan masih banyak lagi.

Hobi biasanya dilakukan ketika sedang santai dan mungkin saja nggak setiap hari. Penikmat suatu hobi tetap menjadakan mereka seorang amatir. Misalnya, ketika seseorang hobi menyanyi, bisa saja dia tidak berhasrat untuk berlatih dan memperbaiki teknik vokalnya sehingga kemampuannya masih jauh untuk dijadikan sebagai profesi.

Passion bisa didefinisika dengan sesuatu yang kamu sangat percaya dan punya cita-cita terhadapnya. Bahkan mungkin kamu merasa tak akan bisa menjalani hidup tanpa passion tersebut. Melansir Higher Self Concept, bisa dibilang bahwa perbedaan antara hobi dan passion adalah pada tingkat perasaan dan emosi yang meleat. Hobi adalah sesuatu yang kamu lakukan sementara passion adalah gimana perasaan kamu tentang hal itu.

4 dari 4 halaman

Cara Tahu Passion Diri Sendiri

Menemukan passion apa yang kamu miliki adalah sebuah perjalanan tersendiri dan mungkin juga panjang. Salah satu cara menemukan passion adalah dengan terus mencoba hal baru. Coba bayangkan kamu adalah seorang anak kecil trus pikirkan semua hal yang kamu sukai, apa yang kamu inginkan ketika menjaid dewasa, apa yang kamu lakukan saat ini dan apa saja hal yang membuat kamu jadi bahagia dan puas.

Buat daftarnya dan mungkin saja di situlah salah satu passion kamu berada.

Nggak jarang nih pssion adalah hal-hal yang berkaitan dengan apa yang terjadi di masa kecil kita. Misalnya dari hal-hal sederhana seperti menggambar, bermusik, membaca bahkan sampai mengumpulkan action figure. Bila bakat adalah sesuatu yang sudah dimiliki, passion adalah kekuatan yang membawa bakat tersebut ke dalam realita.

Nggak semua orang tentu bisa melakoni passion mereka. Seperti hobi, menjalani passion adalah sesuatu yang diberkahi.

Passion adalah sesuatu yang membau seseorang bersemangat dan seringkali menuntun arah hidup seseorang. Namun sekali lagi ingat bahwa dalam hidup, kita nggak selalu bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, bukan?

Beri Komentar