Berawal dari Kulit Sensitif, Vinka Safira Terinspirasi Ciptakan Get Glam Skincare Bahan Dasar Vegan

Career | Jumat, 20 November 2020 19:58
Berawal dari Kulit Sensitif, Vinka Safira Terinspirasi Ciptakan Get Glam Skincare Bahan Dasar Vegan

Reporter : Jossi Andriani Taswir

Bikin skincare sendiri untuk kulit, eh ternyata works! Kenapa gak dijualin aja?

Masalah kulit sensitif pastinya sering dialami beberapa orang, terlebih pada remaja. Salah pakai prodak kecantikan, langsung jerawatan, komedoan, bruntusan dan lain-lain. Kadang mikirinnya sampai stress banget gak sih? Eits, tapi gak buat Vinka Safira, gadis 22 tahun ini justru mendapat berkah dari kulit sensitifnya lho, gak percaya?

Kala remaja, gadis yang kerap disapa Vinka ini mengaku sangat sulit memilih skincare yang baik untuknya. Bahkan hanya sekadar sabun cuci muka saja Vinka tak berani menggunakan karena kulitnya yang sensitif. Satu-satunya yang digunakan Vinka hanyalah minyak zaitun, itupun hanya untuk membersihkan wajah.

2 dari 8 halaman

Awal Mula Get Glam

Gak tiba-tiba jadi, Vinka menceritakan bagaimana perjuangannya untuk membuat produk kecantikan bernama Get Glam. Awalnya ia bertemu dengan seseorang yang menjual kosmetik herbal. Kala itu Vinka langsung saja meminta penjual tersebut yang ternyata seorang ahli lab, untuk membuatkan sabun cuci muka berbahan dasar minyak zaitun.

 Skincare Get GlamSkincare Get Glam © https://www.instagram.com/getglam.id/

" Waktu itu aku gak sengaja ketemu orang, dia jualan sabun berbahan dasar alami, trus aku request buat bikinin sabun cuci muka dari minyak zaitun untuk aku pake sendiri sih awalnya," ujar Vinka.

Setelah trial dan eror sebanyak 7 kali, vinka akhirnya menemukan komposisi dan tekstur yang pas sesuai dengan keinginannya.

" Setelah Dicoba ternyata gak cuma teksur dan komposisinya aja yang pas, tapi ternyata cocok banget di kulitku yang sensitif," Sambungnya.

Produk yang dia inginkan pun jadi sesuai dengan yang diharapkan, kemudian Vinka memberikan sabun tersebut kepada keluarga dan temannya. Tak disangka, sabun berbahan dasar minyak zaitun ini disukai oleh banyak teman vinka.

3 dari 8 halaman

2 Tahun Membuat Produk

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Getglam Indonesia (@getglam.id)

 

Niat untuk membuat Get Glam dimulai dari tahun 2018. Keberhasilan Vinka membuat sabun minyak zaitun untuk pertama kali menjadi pemicu untuk membuat berbagai produk lainnya. Menariknya, semua produk yang ada di Get Glam saat ini merupakan ide dari Vinka sendiri loh!

"Sampai saat ini semua produkdan inovasi Get Glam masih aku yang bikin, pasti dibantu sama orang lab aku" ujar Vinka.

2 Tahun mengarungi dunia perkosmetikan dengan bahan-bahan yang alami membuat Vinka semakin yakin dengan produknya. Gak selalu berjalan mulus, vinka juga beberapa kali mengalami gagal produksi loh. Tapi hal itu tak membuat wanita Libra satu ini menyerah.

"Gagal produksi ada, pas udah jadi ternyata gak sesuai sama mauku, entah dari teksturnya atau baunya gitu, jadi ya gabisa di produksi" lanjutnya. 

 

4 dari 8 halaman

Gara-Gara Kulit Sensitif Vinka Menggunakan Bahan Alami

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Getglam Indonesia (@getglam.id)

 

Berdasarkan pengalaman pribadi menginspirasi Vinka membuat produk kosmetik dengan kandungan bahan alami seperti minyak zaitun, aloevera, coconut oil dan lain sebagainya. Bagi Vinka, bahan alami tak menimbulkan efek samping untuk kulitnya yang sensitif.

"Kalo bahan alami di kulit sensitif aja cocok, pastinya di kulit normal bakal lebih bagus lagi" terang Vinka.

Karena Get Glam menggunakan 100% bahan alami, tentu ia tak menggunakan pengawet seperti kosmetik kebanyakan. Oleh sebab itu, sebelum label di buka, Get Glam bisa bertahan selama satu tahun dan setelah dibuka hanya dapat bertahan enam bulan.

5 dari 8 halaman

Sekaligus Mengkampanyekan Vegan

Gak cuma makanan, ternyata kosmetik juga yang vegan loh! Seperti namanya, kandungan yang terdapat dalam kosmetik atau skincare vegan ini pastinya berasal dari bahan-bahan nabati.

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Getglam Indonesia (@getglam.id)

 

Dilansir dari jurnal Sociolla (04/04) tanpa sadar, banyak kadungan hewani yang ditemukan dalam kosmetik, seperti carmine (kumbang yang dihancurkan), squalene (minyak hati ikan hiu), gelatin (tulang sapi atau tulang babi) dan lain sebagainya. Walaupun gak berbahaya, tapi bahan-bahan tersebut juga gak lebih baik dari bahan nabati lho.

"Bahan-bahan hewani belum terbukti unggul dan alternatif vegan untuk kosmetik memang bisa. Dengan vegan kosmetik, kamu bisa menggunakan bahan alami yang berasal dari alam sehingga memiliki kombinasi yang tepat" ujar Dr. Dennis Gross pakar dermatologi asal Manhattan.

Hal tersebut juga diamini oleh Vinka

"Kalau makanan vegan bikin tubuh makin sehat, and it also works on skincare vegan yang bikin kulit makin sehat" jelasnya.

6 dari 8 halaman

Tak Menggunakan Animal Testing

 Skincare Get GlamSkincare Get Glam © https://www.instagram.com/getglam.id/

Seperti claimnya, Get Glam merupakan salah satu vegan brand yang ada di Indonesia. Itu berarti semua skincare dan kosmetik yang ada di Get Glam berbahan dasar vegan dan bahan-bahan alami. Gak cuma itu, Get Glam juga gak menggunakan animal testing loh untuk produknya. Eh terus tes produknya gimana ya?

Jangan khawatir! Semua produk Get Glam sudah melalui test kok, bahkan Vinka langsung menggunakna produk-produk Get Glam pada kulitnya.

" Biasanya aku coba sendiri. Setelah aku coba, aku bakal cobain juga ke keluarga dan temen-temen aku yang skin typenya beda-beda," terang Vinka

Menurut Vinka, vegan sendiri bukan sekedar tak menggunkaan bahan-bahan hewani dalam komposisi produk. Tapi tak melibatkan hewan sedikitpun dalam pra sampa pasca produksi sebuah produk. Jadi buat pecinta hewan, kamup astinya gak bakal ragu buat pakai produk Get Glam ini.

7 dari 8 halaman

Miliki Rumah Produksi Sendiri

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Getglam Indonesia (@getglam.id)

 

Untuk memastikan Get Glam sampai ke tangan customer dalam keadaan terbaik, Vinka melakukan packing produk sendiri dan dibantu pegawainya. Hal ini dilakukan agar ia dapat memeriksa produk itu semua dengan baik dan tersegel dengan rapi.

"Semua pegawai yang bantuin aku disini juga udah tau standarnya gimana. Bahkan mereka juga aku wajibin baca buku" ujar Vinka.

Sebagai Owner dari GetGlam, vinka gak hanya mementingkan kualitas produk. Ia juga mementingkan kualitas pegawainya sebagai orang yang bekerja dibawahnya. Untuk menambah soft skill dan pengetahuan pegawainya, Vinka mewajibkan pegawainya untuk membaca buku-buku tentang marketing dan sosial media.

Wah, jiwa leadership Vinka emang beda nih. Ia gak hanya mementingkan keuntungan produki, tapi juga mementingkan kualitas pegawainya, lho.

8 dari 8 halaman

Branding jadi Bagian Penting

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Getglam Indonesia (@getglam.id)

 

Dalam memasarkan Get Glam, Vinka mengakui branding produk merupakan hal terpenting baginya. Sebab, dengan itu produk getglam bisa dikenal dan dipasarkan menjadi lebih luas dan lebih besar lagi. Bahkan Vinka mengambil Short Course dalam bidang marketing demi memasarkan produknya agar lebih baik lagi.

"Semua harus ada usahanya, buat temen-temen yang mau bikin bisnis kosmetik baiknya dianalisis dengan baik semua yang mau dibuat. Jangan sampai ngerugiin orang lain karena bisa merusak citra diri sendiri" ujar wanita Libra ini.

Branding yang ciamik dalam produk Get Glam membuat skincare ini banyak digunakan oleh remaja dan juga beberapa selebriti papan atas. Jadi dari manfaat dan kandungan dalam skincare berbahan dasar vegan tadi, kamu bakal pilih skincare biasa atau vegan skincare nih?

Join Diadona.id