Cara Membuat Leaflet di Microsoft Word, Tips dan Desainnya Mudah Dipraktikkan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 21 September 2020 17:23
Cara Membuat Leaflet di Microsoft Word, Tips dan Desainnya Mudah Dipraktikkan
Cara membuat leaflet bisa kamu lakukan sendiri dengan sotfware Microsowt Word dan kalau kamu kesulitan mengatur desain, kamu bisa memanfaatkan template free yang banyak di internet.

Cara membuat leaflet kayaknya adalah salah satu hal yang harus dikuasai kalau kamu ingin memasarkan bisnis kamu. Walaupun terkesan rumit bagi kamu yang bukan seorang grafis desainer, tapi nggak ada salahnya untuk belajar membuat leaflet yang sederhana. Itung-itung penghematan nggak perlu membayar jasa profesional, iya kan?

Cara membuat leaflet bisa dilakukan dengan berbagai software, mulai dari microsoft word, photoshop hingga corel draw, pokoknya sesuaikan dengan kemampuan kamu deh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara membuat leaflet.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Leaflet di Word

Cara Membuat Leaflet © Diadona

Salah satu keunggulan dalam cara membuat leaflet di Microsoft Word adalah mudah dan sederhana. Seperti apa?

Eh tapi tunggu dulu. Baik cara membuat leaflet dengan Microsoft Word atau software lainnya, kamu perlu menyiapkan beberapa hal berikut ini:

Logo

Kalau kamu punya logo, pastikan udah menyiapkan resolusi tertinggi.

Gambar

Pilih beberapa foto terbaik dari produk atau layanan kamu. Kalau perlu, miliki juga foto tim tim kamu. Jangan lupa gunakan resolusi tertinggi ya!

Teks

Karena pesan itu penting, maka sebelum beralih ke cara membaut leaflet, coba deh kamu luangkan waktu buat menyusun pesan apa yang ingin kamu sampaikan kepada calon konsumen kamu.

Info Produk/ Layanan

Siapkan semua informasi penting mengenai apa aja yang ditawarkan oleh bisnis kamu.

Detail Kontak

Berikan informasi sejelas dan sedetail mungkin tentang kontak yang bisa dihubungi.

Apakah cukup itu saja? Nggak dong. Pikirkan juga hal-hal berikut dalam cara membuat leaflet, yaitu

Pilih Format

Putuskan apakah kamu akan membat leaflet lipatan ganda atau lipatan tiga. Kalau kamu ingin memberikan banyak onfirmasi rinci, kamu bisa membuat leaflet lipat tiga. Sedangkan leaflet lipat dua digunakan kalau kamu ingin menyertakan citra menonjol.

Ada tips menentukan lipatan dalam cara membaut leaflet nih. Ambil selembar kertas trus lipat menjadi salahs atu format yanng kamu mau. Tlis secara kasar apa yang akan kamu letakkan di sana. Ini baklaan membantu kamu memvisualisasikan tata letak dan memilih format terbaik.

Pilih Template

Ada banyak tempale desain profesional yang tersedia di internet, baik yang gartis atau berbayar. Cara membuat leaflet yang menarik yakni dengan menyesuakan template dengan jenis industri kamu. Perhatikan juga kesesuaian antara warna logo dengan warna template.

Lay Out Konten

Kalau udah dapat template, cara membuat leaflet selanjutnya yaitu dengan melayout konten. Ini bisa kamu lakukan sambil jalan kok.

2 dari 3 halaman

Cara membuat leaflet di Microsoft Word bisa kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

Siapkan Dokumen

Buka dokumen Word kosong baru.

Inset > Blank Page

Cara Membuat Leaflet © Diadona

Klik Layout, trus pilih Page Setup dan buka kotak dialog.

Cara Membuat Leaflet © Diadona

Ubah Orientasi ke Landscape, trus pilih kertas yang kamu inginkan.

Cara Membuat Leaflet © Diadona

Cara Membuat Leaflet © Diadona

Buka Layout > Colomns dan pilih dua atau tiga kolom kah yang kamu gunakan?

Cara Membuat Leaflet © Diadona

Alternatif lainnya juga bisa dengan menggunakan template gratis yang bisa kamu mulai segera setelah kamu membuka dokumen kosong. Bukan Microsoft Word trus pergi ke bilah pencarian bagian atas, ketika Brochure. Pilih template yang kamu inginkan.

 

3 dari 3 halaman

Beri Komentar