Cara Membuat Surat Izin yang Baik dan Benar, untuk Para Karyawan Perusahaan

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 5 Agustus 2020 09:44
Cara Membuat Surat Izin yang Baik dan Benar, untuk Para Karyawan Perusahaan
Inilah cara membuat surat izin yang benar, yang bisa di contoh para pelajar atau karyawan perusahaan.

Surat izin ialah surat yang dibuat oleh seseorang yang terikat dengan suatu organisasi, lembaga, atau instansi dimana dalam surat tersebut berisi permohonan izin.

Biasanya cara membuat surat izin ini digunakan untuk para pelajar yang tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar, seorang karyawan perusahaan yang tidak bisa menghadiri acara, atau surat izin untuk usaha.

Nah, penasaran kan bagaimana cara membuat surat izin yang baik dan benar untuk seorang pelajar ataupun karyawan? Langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

Cara Membuat Surat Izin

Cara Membuat Surat Izin © Diadona

Mungkin diantara kalian masih ada yang belum terlalu mengerti tentang surat izin. Surat izin merupakan salah satu media yang sering digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan sebuah informasi mengenai suatu keadaan atau menyampaikan ketidaksanggupan dalam melakukan sesuatu.

Umumnya, di kehidupan sehari-hari penggunaan surat izin sendiri sangat luas, tapi tidak sedikit juga yang paham tentang bagaimana cara membuat surat izin dengan baik dan benar.

Tapi tenang saja, kamu tidak usah khawatir sebab kali ini kami akan membantu kamu dalam cara membuat surat izin yang baik dan benar. Berikut ada beberapa unsur yang harus terkandung di dalam sebuah surat izin.

1. Tujuan Pengiriman Surat

Pertama-tama cara membuat surat izin yang perlu diperhatikan ialah menulis alamat lengkap penerima surat yang sudah dibuat. Misalnya untuk kepala sekolah, wali kelas, pimpinan perusahaan, HRD, dan lainnya.

2. Pengirim Surat

Kemudian yang kedua, kamu juga harus tahu tentang siapa yang membuat surat izin tersebut. Sebab, surat izin tidak selalu dibuat oleh orang yang bersangkutan, ada pula surat izin yang dibuat oleh orang lain.

3. Alasan Izin

Terakhir, cara membuat surat izin yang baik dan  benar ialah menuliskan alasan izin dengan logis dan sebenar-benarnya. Sebab, inilah yang akan menentukan apakah kamu akan mendapatkan izin atau tidak dari penerima surat.

Untuk selebihnya sama dengan cara membuat surat izin pada penjelasan di bawah ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Surat Izin Sakit

Cara Membuat Surat Izin © Diadona

Seperti yang diketahui, surat merupakan sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi secara tertulis oleh seseorang atau pihak lainnya.

Berbicara tentang surat, lalu bagaimana cara membuat surat izin sakit bagi seorang pelajar atau karyawan perusahaan? Berikut diantaranya:

1. Menuliskan Tujuan Penulisan Surat

Langkah awal dalam cara membuat surat izin, tentu saja harus memiliki tujuan yang jelas supaya diketahui untuk siapa surat tersebut ditujukan.

Misalkan bagi kamu yang masih sekolah, maka tujuan surat tersebut ditujukan untuk Kepala Sekolah atau Wali  Kelas, dan bagi pekerja biasanya ditujukan kepada pimpinan maka kamu harus menggunakan kata “ Yth” atau “ Kepada”. 

2. Alasan yang Jelas

Selain memberikan menuliskan tujuan yang jelas, cara membuat surat izin yang harus kamu perhatikan ialah menuliskan alasan yang jelas mengapa kamu tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar atau tidak masuk kerja.

Sebab alasan inilah yang nantinya akan menentukan apakah surat kamu di terima atau tidak.

3. Tanggal

Hal yang harus kamu perhatikan dalam cara membuat surat  izin adalah menuliskan tanggal. Surat yang akan kamu kirim harus tertera tanggal yang jelas dan sesuai dengan tanggal pengiriman atau hari itu juga, supaya penerima surat tidak merasa bingung saat membacanya. 

4. Alamat Tujuan

5. Salam Pembuka

6. Isi Surat

Setelah salam, kamu akan menulis isi dimana menjelaskan tentang tujuan dan alasan kamu mengirim surat tersebut, dalam isi surat ini, kamu harus menggunakan bahasa yang baik dan benar supaya mudah di pahami oleh pembaca. 

7. Salam Penutup

8. Nama Pengirim

Tak lupa pada saat cara membuat surat izin sakit, tentu kamu harus menuliskan nama pengirim yang ditulis pada bagian bawah samping kanan supaya pembaca mengetahui dengan jelas siapa pengirim surat tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Cara Membuat Surat Izin © Diadona

Meskipun sudah memasuki jaman modern dengan teknologi yang modern, namun surat izin tidak masuk sekolah masih digunakan hingga sekarang, lho. Sebab, hal ini dianggap lebih sopan, formal dan bisa dipertanggungjawabkan.

Walaupun terkadang kamu membutuhkan cara membuat surat izin untuk memberi tahu kepada pihak sekolah, kalau kondisi kamu saat ini tidak memungkinkan untuk masuk karena sakit atau ada urusan keluarga.

Nah, kalau kamu tidak tahu bagaimana cara membuat surat izin tidak masuk sekolah dengan baik dan benar, langsung saja simak rangkaiannya berikut ini.

1. Tujuan Pengiriman Surat

Tujuan pengiriman surat yang di maksud ialah di mana surat ini berisi sebuah informasi ke siapa surat ini di tunjukan. Ohya, perlu digaris bawahi, kalau kamu sudah memakai kata " kepada" , kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya, ya.

2. Alasan Izin

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah selanjutnya ialah menuliskan alasannya. Hal ini sangat penting dalam surat izin, sebab untuk menentukan apakah surat yang kamu buat dapat di terima atau tidak, sehingga kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis.

3.  Tanggal dan tempat pembuatan surat

4.  Alamat tujuan

5.  Salam pembuka

6.  Kalimat pembuka surat

7.  Isi dalam surat

8.  Salam penutup surat

9.  Nama pengirim surat

Walaupun surat izin biasanya di tulis dan dibuat oleh pribadi, Namun surat izin bisa di katakan surat yang resmi. Oleh karena itu cara membuat surat izin sebaiknya di tulis secara jelas dan baku.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Surat Izin Usaha

Cara Membuat Surat Izin © Diadona

Untuk melakukan kegiatan usaha, tentu salah satu langkah awal yang perlu kamu lakukan ialah dengan mendaftarkan kegiatan usaha yang kamu miliki serta mendapatkan dalam menjalankan bisnis perdagangan.

Izin untuk menjalan usaha perdagangan ini dikenal dengan nama Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). SIUP ialah dokumen yang diwajibkan bagi perseorangan ataupun badan usaha yang akan mendirikan usaha perdagangan. Lalu, bagaimana cara membuat surat izin usaha bagi pemula?

Namun, sebelum membuat surat izin, kamu harus persiapkan persyaratan administrasi terlebih dahulu, seperti fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemegang saham perusahaan, fotocopy NPWP, surat keterangan domisili, nerasa perusahaan, materai Rp6.000, foto penanggung jawab perusahaan dengan ukuran 4x6 (2 lembar).

Kalau sudah menyiapkan persyaratan administrasi, berikut cara membuat surat izin usaha yang benar bagi pemula.

1. Mengambil Formulir Pendaftaran di Kantor Dinas Perdagangan

Langkah awal cara membuat surat izin usaha ialah kamu bisa datang langsung ke Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan setempat.

2. Isi Formulir Pendaftaran dan Ditandatangani

Setelah mendatangi Kantor Dinas Perdagangan, cara membuat surat izin usaha selanjtnya ialah dengan mengisi formulir pendaftaran dengan benar dan lengkap, lalu jangan lupa ditanda tangani di atas materai Rp6.000 oleh Pemilik/Direktur Utama/Penanggung Jawab perusahaan.

Formulir yang sudah diisi lengkap kemudian difotokopi sebanyak 2 rangkap dan digabung dengan berkas persyaratan administrasi yang sudah diuraikan di atas.

3. Membayar Tarif Pembuatan SIUP

Terakhir, cara membuat izin usaha ialah membayar tarif pembuatan SIUP. Untuk tarif pembuatan SIUP ini berbeda-beda setiap kotamadya/kabupaten, dan diatur oleh Peraturan Daerah di masing-masing wilayah.

4. Pengambilan SIUP

Waktu menunggu jadinya SIUP biasanya sekitar dua minggu. Nanti setelah SIUP kamu jadi, kamu akan dihubungi oleh petugas untuk datang ke kantor tempat kamu mengurus SIUP tersebut untuk mengambilnya.

Beri Komentar