Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar di PT atau Pabrik, Agar Mudah Diterima

Career | Jumat, 17 Juli 2020 11:12

Reporter : Novi Hardita Larasati

Cara membuat surat lamaran kerja memang sangat dibutuhkan orang-orang yang membutuhkan kerja, terlebih para freshgraduate.

Sebagai freshgraduate, tentu kamu harus mulai memahami cara membuat surat lamaran kerja  yang benar, agar perusahaan yang membuka recruitmen tersebut tertarik dengan skill yang ada pada surat lamaran kerjamu.

Surat lamaran kerja ialah poin penting yang menentukan apakah kamu diterima kerja pada tempat yang kamu lamar atau tidak. Sehingga, kamu harus mempromosikan diri dengan benar tanpa mengada-ada ya guys.

Dengan begitu, kamu harus tau cara membuat surat lamaran kerja yang benar dan eektif itu seperti apa, agar kemungkinan diterima di perusahaan yang kamu inginkan semakin besar.

Nah, biar gak bingung, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara membuat lamaran kerja di PT atau pabrik, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Benar di PT atau Pabrik, Agar Mudah Diterima
2 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Pabrik

Cara Membuat Surat Lamaran KerjaCara Membuat Surat Lamaran Kerja © pexels.com/@mentatdgt-330508

Mengingat saat ini banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai, sehingga untuk memasuki perusahaan yang kamu inginkan bisa saja menjadi susah karena persaingan yang ketat.

Nah, buat kamu yang ingin bekerja di pabrik tapi masih belum tau bagaimana cara membuat surat lamaran kerja di pabrik?

Adapun cara membuat lamaran kerja yang bisa kamu gunakan saat melamar kerja di pabrik. Surat lamaran di pabrik sebenarnya sama dengan surat lamaran kerja pada umumnya, namun yang mebedakan kamu hanya mengganti nama pabrik, alamat pabrik, serta posisi kamu yang lama dan identitas kamu.

Pastikan lagi sebelum kamu mengirim surat lamaran kerja yang benar, jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan surat lamaran kerja ya guys, karena hal ini bisa berakibat fatal.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di PT

Cara Membuat Surat Lamaran KerjaCara Membuat Surat Lamaran Kerja © pexels.com/@startup-stock-photos

Umumnya membuat surat lamaran kerja untuk diajukan kemanapun, isinya sama saja. Baik surat lamaran kerja online, ataupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di sebuah perusahaan.

Berikut format cara membuat surat lamaran kerja di PT, cocok untuk freshgraduate:

1.  Menulis nama serta alamat surat yang akan dituju

Cara membuat surat lamaran kerja yang wajib ditulis ialah, menulis nama, alamat surat yang akan dituju, dan tanggal pembuatan suray yang ditulis pada pojok kanan atas.

Tapi, kalau kamu tidak mengetahui nama HRD, kamu cukup mengosongkannya, selanjutnya bisa menuliskan dengan  Yth. Bapak/Ibu.

2.  Salam hormat dan pembukaan

Selanjutnya, cara membuat surat lamaran kerja yang benar ialah harus terdapat kata pengantar atau pembukaan, seperti di mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan yang kamu tuju.

3. Biodata pribadi

4 dari 6 halaman

4. Pengalaman kerja atau skill yang dimiliki

Salah satu cara membuat lamaran kerja yang tidak boleh terlewatkan ialah tentang pengalaman kerja atau kemampuan yang kamu miliki.

Apalagi sebagai freshgraduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan pengalaman magang kalau pernah magang di sebuah perusahaan, atau bisa menuliskan organisasi yang pernah kamu ikuti.

Tulislah dalam bentuk kalimat yang singkat dan padat namun menjelaskan ya. Ingat, kamu membuat surat bukan sebuah artikel. Oh iya, di akhir kalimat tuliskan kepada pembaca kalau kamu mempunyai keinginan kuat untuk diterima di perusahaan tersebut.

5. Penutup

6. Lampiran surat lamaran kerja

Agar perusahaan yang kamu tuju semakin tertarik untuk menerimamu, lampirkan juga hal-hal yang bisa menambah nilai lebih pada lamaran kerja kamu. Selain itu, adapula beberapa perusahaan yang meminta untuk melampirkan hal lain, seperti surat kesehatan.

Namun, kamu perlu mencermati syarat apa saja yang harus di penuhi saat melamar pekerjaan pekerjaan tersebut.

7. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap kamu).

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Cara Membuat Surat Lamaran KerjaCara Membuat Surat Lamaran Kerja © unsplash.com/@sctgrhm

Dalam melamar pekerjaan, bukan hanya CV curriculum vitae atau daftar riwayat hidup saja yang penting. Sebab, salah satu ponit penting yang bisa menentukan kelanjutan proses perekrutan kandidat di suatu perusahaan ialah surat lamaran kerja.

Hampir semua orang bisa menulis surat lamaran kerja, namun belum tentu mereka bisa membuatnya dengan benar, sebab cara membuat surat lamaran kerja bisa dibilang susah susah gampang. Apalagi kalau persyaratannya surat lamaran kerja harus ditulis tangan.

6 dari 6 halaman

Untuk itu, berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan. Diantaranya ialah:

1. Pakai Kertas Folio Bergaris

Cara membuat surat lamaran kerja yang ditulis tangan, sangat disarankan menggunakan kertas folio bergaris. Karena hal ini akan memudahkan kamu dalam menulis dan membuat tulisanmu menjadi lebih rapi.

2. Menulis yang Rapi

Surat lamaran kerja yang ditulis dengan tangan harus dibuat dengan tulisan yang rapi. Selain itu, menulis surat lamaran kerja sebaiknya dibuat menggunakan huruf tegak bersambung, karena tulisan yang bagus dan rapi akan memudahkan HRD untuk membaca lamaran kerja kamu.

3. Hindari Menggunakan Correction Pen

Saat kamu membuat kesalahan tulisan dalam menulis surat lamaran kerja, hindari menutupinya dengan correction pen. Lebih baik gunakan lembar baru dan tulis kembali surat lamaran tersebut.

Itulah cara membuat surat lamaran kerja yang benar untuk kamu seorang freshgraduate. Setelah surat lamaran pekerjaan sudah jadi, jangan lupa diubah menjadi bentuk PDF ya. Semoga berhasil!

Join Diadona.id