Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Cocok untuk Job Seeker

Career | Jumat, 14 Agustus 2020 09:30

Reporter : Novi Hardita Larasati

Begini cara membuat surat untuk lamaran kerja atau surat kuasa yang harus dipahami bagi pemula.

Berbicara mengenai surat, tentu terlalu luas cakupannya karena ada banyak sekali jenis surat, mulai dari surat pernyataan, surat perjanjian, surat undangan, hingga surat pribadi.

Namun, dari sekian jenis surat, mungkin dari kalian masih belum tahu bagaimana cara membuat surat yang baik dan benar agar bisa di baca oleh penerima maksud dan tujuan dari surat tersebut.

Oleh karena itu, untuk bisa memaahami cara membuat surat yang baik dan benar, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dilansir dari berbagai sumber.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Cocok untuk Job Seeker
2 dari 5 halaman

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat SuratCara Membuat Surat © shutterstock.com/jamesteohart

Selain curriculum vitae (CV) dan portfolio, tentu saja ada beberapa lampiran wajib yang perlu kamu lampirkan, yakni surat lamaran kerja atau cover letter.

Surat lamaran kerja menjadi salah satu dokumen persyaratan yang cukup sering diminta oleh perusahaan. Namun, sayangnya masih banyak orang tidak melampirkan surat lamaran kerja dalam proses melamar via surat kabar, website, atau social media.

Lalu, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik agar dipertimbangkan oleh HR rekrutmen untuk mengundang wawancara? Berikut langka-langkahnya berdasarkan komponennya.

1. Kepala Surat

Menulis lamaran kerja sebenarnya tidak boleh dilakukan dengan asal, sebab ada beberapa komponen yang harus kamu perhatikan dalam cara membuat surat, yakni:

- Tempat dan tanggal surat, komponen ini diletakkan di bagian paling kanan atas surat.
- Identitas penerima surat, meliputi nama dan alamat perusahaan yang ingin dilamar. Komponen ini ditulis dari sisi kiri kertas.
- Sama dengan jenis surat lainnya, cara membuat surat lamaran kerja pada salam pembuka harus ditulis sebagai berikut: “Dengan hormat,” Komponen ini ditulis tepat di bawah identitas penerima surat.

2. Isi Surat

Setelah memperhatikan komponen kepala surat, cara membuat surat lamaran kerja berikutnya ialah menulis maksud dan tujuan dari sebuah surat, begini susunannya:

- Untuk surat lamaran kerja, kalimat pertama ditujukan kepada perusahaan mengenai dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut.
- Setelah itu, kamu dapat menuliskan ungkapan ketertarikan terhadap posisi yang dilamar, kemudian di bawahnya di tulis data diri seperti nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, alamat, dan nomor telepon.
- Cara membuat surat selanjutnya ialah dengan menuliskan keunggulan dimiliki dalam beberapa kalimat yang berhubungan dengan posisi yang anda lamar.
- Terakhir, pada isi surat disi dengan dokumen-dokumen persyaratan yang diminta oleh perusahaan, seperti pas foto, portofolio, dan lainnya.

3. Penutup

Cara membuat surat lamaran kerja yang terakhir adalah kamu bisa menyampaikan harapan untuk mendapatkan kabar baik dari perusahaan, seperti panggilan interview atau keinginan untuk bergabung di dalam perusahaan yang dilamar.

Kemudian, surat lamaran kerja diakhiri dengan ucapan terima kasih dan pada bagian paling bawah surat, kamu bisa menuliskan “Hormat saya,” dan diikuti dengan nama terang sebagai salam penutup.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kop Surat di Word

Cara Membuat SuratCara Membuat Surat © shutterstock.com/Tero Vesalainen

Kop surat merupakan elemen penting pada surat yang keberadaannya sangatlah penting terutama saat kegiatan dilakukan secara resmi antar instansi, lembaga maupun skala perusahaan.

Untuk itu, kalau kamu ingin mengadakan acara dan membutuhhkan surat resmi sebagai persayaratan, berikut cara membuat kop surat di word yang mudah untuk di coba.

1. Langkah pertama cara membuat surat ialah pastikan Mode View dalam bentuk Print Layout dengan cara pilih menu tab View, lalu pilih tombol print layout.

2. Setelah dokumen dalam keadaan view Print layout, lakukan Double click (klik ganda) pada area header yang terdapat pada bagian atas dari dokumen.

3. Geser Margin kiri ke tengah. Perkirakan lebarnya kira-kira cukup untuk logo yang akan kamu tambahkan belakangan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat SuratCara Membuat Surat © unsplash.com/@crew

4. Cara membuat surat selanjutnya iakah ketikan nama lembaga, instansi, atau perusahaan pada header tersebut dan tambahkan juga baris kosong pada baris terakhir.

5. Kemudian tambahkan gambar logo instansi dan jangan lupa untuk membuat format layout dari gambar logo tersebut menjadi “In Front of text”.

6. Berikutnya, pilih dan blok baris kosong yang ada pada baris terakhir untuk garis pembatas kop surat. Untuk membuat garis pembatas kop surat, pilih tab menu Home, lalu pilih tombol toolbar border.

7. Dari pilihan popup menu untuk membuat border yang ada, pilih item “Border and shading..” lalu pilih Custom, kemudian pilih bentuk garis tebal dan tipis dan tambahkan pada bagian atas paragraf.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Surat Kuasa

Cara Membuat SuratCara Membuat Surat © unsplash.com/@vantaymedia

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat surat kuasa yang baik dan benar, alangkah baiknya kamu paham arti dari surat kuasa. Surat kuasa merupakan suatu sarana yang digunakan untuk bisa menyampaikan informasi dengan berbentuk kertas maupun kertas digital.

Surat kuasa yang baik dan benar harus memiliki tujuan, isi, maksud serta nama-nama yang bersangkutan secara jelas. Oleh karena itu dalam menulis surat kuasa tidak diperkenankan untuk asal-asalan.

Lalu, bagaimana format penulisan dan cara membuat surat kuasa yang baik dan benar?

Cara membuat surat kuasa yang baik dan benar bisa dilihat dari tata cara penulisannya. Sebab, yang paling penting dari surat kuasa yaitu harus mencantumkan nama serta identitas dari si pemberi serta penerima surat kuasa tersebut dengan lengkap, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, serta nomor KTP/SIM.

Setelah itu jangan lupa untuk menuliskan wewenang apa yang ingin kamu berikan kepada si penerima kuasa, dan jangan lupa sertakan materai 6000 pada bagian bawah kolom tanda tangan, baik tanda tangan kamu sebagai pemberi kuasa dan juga penerima kuasa supaya dapat dipertanggung jawabkan secara hukum.

Itulah cara membuat surat untuk lamaran kerja atau surat kuasa yang harus dipahami bagi pemula. Semoga bermanfaat!

Join Diadona.id