Cara Membuat Surat Pernyataan Perjanjian Kerja yang Baik dan Benar untuk Pemula

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 10 September 2020 08:30
Cara Membuat Surat Pernyataan Perjanjian Kerja yang Baik dan Benar untuk Pemula
Cara Membuat Surat Pernyataan Kerja yang Baik dan Benar untuk Pemula

Seperti yang diketahui, bahwa surat pernyataan merupakan salah satu jenis surat yang ditulis oleh seseorang untuk menyatakan diri kepada orang lain yang pernah atau belum pernah melakukan sesuatu hal.

Namun, di era modern saat ini tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat surat pernyataan yang baik dan benar. Dengan begitu, mereka pun hanya asal-asalan untuk membuatnya.

Nggak usah khawatir, sebab kali ini kami akan membahas tentang cara membuat surat pernyataan yang baik dan benar untuk para pemula, yang telah dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Membuat Surat Pernyataan Perjanjian

Cara Membuat Surat Pernyataan © Diadona

Di era modern saat ini mungkin kamu sudah jarang membuat atau menulis sebuah surat dengan tulis tangan, bukan? Yaps, sebab surat saat ini sudah digantikan dengan penggunaan surat-surat elektronik atau bisa disebut sebagai e-mail.

Akan tetapi, beberapa keperluan juga masih sangat membutuhkan surat-surat sebagai fungsi yang penting, seperti di sekolah, jual beli, perusahaan tempat bekerja, perjanjian, hutang piutang dan lain sebagainnya.

Sehingga tak jarang kalau kamu kerap menemui surat-surat yang resmi dengan materi 6000 beserta tanda tangan yang bersangkutan. Lalu, bagaimana cara membuat surat pernyataan dengan baik dan benar?

Untuk itu, langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara membuat surat pernyataan supaya kamu bisa memahaminya. Namun sebelumnya, sebaiknya kamu mengetahui dulu format dan bentuk dari surat pernyataan.

2 dari 3 halaman

Format dan Bentuk Surat Pernyataan

Cara Membuat Surat Pernyataan © Diadona

Pada umumnya, pada saat belajar cara membuat surat pernyataan terdapat tiga bagian penting yang tak boleh terlewatkan, yakni bagian pembuka, isi pernyataan serta bagian penutup.

Pada bagian pembuka, terdapat tulisan “ Surat Pernyataan” yang biasanya diletakkan di bagian tengah surat dengan huruf capital. Sementara, untuk bagian isi pernyataan, mengenai pernyataan yang disampaikan.

Selain itu, bagian isi juga menjelaskan tentang identitas pihak-pihak yang terlibat dalam memberikan pernyataan dan maksud dari surat pernyataan tersebut.

Sedangkan bagian penutup, tertulis tanggal dan tempat pembuatan surat pernyataan serta identitas pihak-pihak yang membuat surat. Tak hanya itu, pada bagian penutup biasanya juga meliputi nama identitas, tanda tangan dan keterengan lainnya serta menambahkan materai 6000 kalau diperlukan.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Surat Pernyataan

Cara Membuat Surat Pernyataan © Diadona

Setelah membaca tentang format surat pernyataan, kini kamu bisa simak cara membuat surat pernyataan dengan baik dan benar. Berikut diantaranya.

1. Langkah pertama cara membuat surat pernyataan dengan benar ialah ketahui dulu dengan jelas tentang apa yang ingin dibuat dari surat pernyataan. Apakah surat pernyataan mengenai hutang, cerai atau penyelesaian pekerjaan.

2. Kalau kamu memilih untuk mengetik di komputer atau laptop, buka Microsoft Word kemudian ketikkan SURAT PERNYATAAN yang semuanya berhuruf kapital dengan posisi center pada bagian paling atas.

3. Cara membuat surat pernyataan selanjutnya ialah ketikkan maksud dari isi pernyataan tersebut termasuk identitas yang membuat isi pernyataan. Misalnya seperti, kalau kamu membuat surat pernyataan untuk diri sendiri, maka kamu perlu menulis dengan jelas data dirimu.

4. Jangan luopa tulis pada bagian penutup dengan nama tempat dan tanggal dibuatnya surat, serta nama pembuat surat pernyataan.

5. Baca kembali surat pernyataan yang sudah kamu buat ini sebelum dicetak (diprint), dan pastikan tidak ada salah ketik atau format susunannya benar. Kalau dirasa sudah oke, surat pernyataan ini pun bisa dicetak atau di-print

6. Setelah membaca kembali, jangan lupa untuk memberi tanda tangan sesuai nama yang tertera pada bagian paling bawah surat. Selesai.

Itulah cara membuat surat pernyataan dengan baik dan benar yang bisa kamu pelajari dari sekarang. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar