Cover Letter adalah Surat Pengantar Lamaran Kerja, Begini Cara Membuat dan Contohnya

Career | Rabu, 7 Juli 2021 16:24

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Cover letter adalah surat pengantar yang juga bisa menunjukkan kualifikasi kamu di posisi yang kamu tuju. Jangan asal membuatnya ya!

Cover letter adalah surat lamaran, merupakand dokumen tertulis yang disampaikan oleh pelamar berisi tentang permohonan dan minat di posisi yang ditawarkan. Cover letter merupakan salah satu dari kelengkapan dokumen yang dikirim dalam surat lamaran sehingga cover letter masuk dalam penilaian kandidat.

Cover letter biasanya dikirim bersama dengan resume atau CV. Bentar, kamu nggak bingung dengan perbedaan ketiganya kan?

 

 

Cover Letter adalah Surat Pengantar Lamaran Kerja, Begini Cara Membuat dan Contohnya
2 dari 6 halaman

Cover Letter adalahCover Letter adalah © 2021 Anthony Shkraba dari Pexels

Jadi gini. Resume adalah ringkasan kualifikasi profesional. Resume memuat pengalaman kerja, ketrampilan, sertifikat, pendidikan dan prestasi penting yang pernah diraih dan sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Resume harus bisa membantu seseorang untuk menunjukkan kemampuannya dan meyakinkan calon atasan bahwa dia memenuhi kualifikasi yang dicari.

Nah, apa bedanya resume dengan CV atau curiculum vitae? Cv atau 'curiculum vitae' adalah riwayat hidup. Seperti namanya, CV bisa dianggap sebagai deskripsi lengkap tentang semua yang pernah kamu lakukan, pencapaian, penelitian dan publikasi yang pernah kamu tulis.

Resume merupakan dokumen singkat, langsung ke intinya dan hanya menyertakan pendidikan atau pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. Panjang halamannya maksimal dua lembar saja. Sedangkan CV memuat deskripsi lengkap tentang pendidikan, pengalaman kerja, ketrampilan, pencapaian dan juga publikasi.

 

3 dari 6 halaman

Cover Letter adalahCover Letter adalah © 2021 ala.asn.au

Sedangkan cover letter adalah surat lamaran. Cover letter harus berupa satu lembar dokumen yang berisi informasi dan gagasan yang jelas serta ringkas kenapa kandidat merupakan calon karyawan yang cocok dengan posisi tersebut.

Cover letter adalah surat dengan informasi minat, tujuan profesional, pengetahuan, dan juga ketrampilan yang mereka miliki. Disarankan untuk membuat cover letter yang sesuai dengan bidang yang dilamar ketimbang mengunakan template formal yang bisa digunakan di berbagai posisi dan perusahaan. Membuat cover letter khusus setiap lowongan ini memang membutuhkan usaha ekstra, tapi sangat membantu membuat pelamara nampak menonjol di antara kandidat yang lain.

4 dari 6 halaman

Hal yang Harus dilakukan Saat Menulis Cover Letter

Cover Letter adalahCover Letter adalah © 2021 iheart.com

Ini dia beberapa tips sederhana menulis cover letter yang menarik, melansir Investopedia:

Personalisasi setiap Cover Letter

Jangan pernah menggunakan cover letter template. Pastikan untuk menulsi cover letter yang baru di setiap lamaran yang kamu tujuan

Informasi Kontak

Jangan sampai ketinggalan menyertakan informasi kontak di mana rekruiter bisa menghubungi kamu ya! Mulai dari nomor ponsel yang bisa dihubungi dan email yang selalu aktif.

Sederhanakan Surat Lamaran

Sampaikan informasi secara jelas dan dingkat. Gunakan kata yang sederhana, informatif dan juga efisien.

Jadilah Spesifik

Apa artinya? Cover letter adalah surat lamaran yang spesifik ditujukan pada posisi yang dilamar, jadi kamu harus menyebutkan pendidikan dan pengalman sesuai dengan bidang yang kamu tuju. Trus gunakan informasi yang terukur dalam menjelaskan pencapaian kamu. Contohnya nih bila kamu adalah seorang sales dan melamar di posisi serupa, kamu bisa menambahkan pencapaian yang dapatkan di perusahaan sebelumnya. Misalnya : Bisa mendatangkan 20 klien tiap bulan dan meningkatkan pendapatan perusahaan sebesar Rp. 350 juta.

Abaikan Detail yang Nggak Perlu

Bila kamu melamar di posisi sales, kamu nggak perlu mencantumkan keahlian di bidang fotografi atau olahraga.

Desain

Cover letter adalah salah satu poin penilaian kandidat. Maka pastikan untuk mendesain cover letter kamu sesuai dengan kepribadian namun tetap terlihat profesional.

5 dari 6 halaman

Contoh Cover letter Lamaran Pekerjaan

Nah berikut Diadona kasih nih dua contoh cover letter yang pasti dilirik HRD:

Contoh cover letter untuk fresh graduate

Dengan hormat Bpk/Ibu Manager HRD [nama Perusahaan],

Melalui email ini saya bermaksud melamar pekerjaan untuk posisi Content Creator di [nama Perusahaan] sebagaimana yang diiklankan di akun instagram Loker Surabaya.

Saat ini saya adalah fresh graduate dari Universitas Brawijaya jurusan Komunikasi dengan nilai IPK 3,8.

Ketika kuliah, saya pernah magang di PT YYYY untuk posisi yang sama selama kurang lebih enam bulan. Di samping itu, saya juga sempat bekerja sebagai freelancer writer selamasatu tahun.

Harapan saya pengalaman tersebut dapat menjadi bekal untuk bekerja di [nama Perusahaan].

Bersama email ini juga terlampir beberapa dokumen sebagai syarat kelengkapan administrasi, yakni:

  • Curriculum Vitae terbaru
  • FC Ijazah Terakhir
  • FC Transkrip Nilai
  • Surat Keterangan Selesai Magang

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat untuk Anda pertimbangkan lebih lanjut.

Jika Bapak/Ibu membutuhkan detail lebih lanjut mengenai portofolio atau informasi lainnya, silakan hubungi saya di +62819283746.

Saya berharap dapat bertemu langsung dengan Anda pada sesi wawancara untuk membahas kualifikasi saya lebih lanjut dan bagaimana saya akan menjadi aset bagi [nama Perusahaan].

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Bapak/Ibu. Saya menantikan kabar dari Anda.

Hormat Saya,

Sharena Tara

6 dari 6 halaman

Contoh cover letter untuk yag sudah berpengalaman

Yth. Bapak/Ibu Manager HRD,

Lewat email ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Content Editor di [nama Perusahaan] seperti yang diiklankan di instagram Loker Surabaya.

Saat ini saya bekerja di XXX Media Company sebagai Content Writer dalam dua tahun terakhir.

Selama dua tahun tersebut, saya telah banyak terlibat dalam berbagai topik kepenulisan. Sepanjang karier saya sebagai penulis, saya pernah:

  • Membuat tulisan yang mendatangkan 15.000 organic pageviews dalam 6 bulan.
  • Menjadi penulis freelance untuk beberapa media, seperti Sudut, Voice, .

Saya yakin pengalaman dan keahlian yang saya miliki bisa membawa manfaat untuk perusahaan Anda.

Terlampir adalah salinan resume dan portofolio saya yang selanjutnya menjelaskan latar belakang dan keterampilan teknis saya.

Saya dapat dihubungi kapan saja melalui ponsel saya, 0812224466 atau melalui email di hallo@email.com.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya berharap dapat berbicara dengan Anda lebih banyak tentang kesempatan ini.

Salam,

Pipit Putra

Semoga ulasan Diadona mengenai cover letter ini bisa memberikan pencerahan dalam penyusunan berkas lamaran pekerjaan kamu ya!

 

Join Diadona.id