CPNS 2021 dan PPPK : Syarat Pendaftaran, Formasi, Tahapan Seleksi dan Penilaian

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 31 Mei 2021 13:14
CPNS 2021 dan PPPK : Syarat Pendaftaran, Formasi, Tahapan Seleksi dan Penilaian
CPNS 2021 adalah kesempatan untuk kamu bisa menjadi aparatur sipil negara tahun ini. Jangan sampai ketinggalan ya!

Lowongan CPNS 2021 sempat dikabarkan akan mulai dibuka pada Senin, 31 Mei 2021. Namun ternyata para pelamar harus sedikit bersabar karena dari informasi yang dirilis hari ini, pengumuman dan pendaftaran CPNS 2021 belum bisa dibuka karena masih mematangkan persiapan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HUKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Mohammad Averrouce yang dikutip dari Antara.

1 dari 5 halaman

Kapan Pendaftaran CPNS 2021?

CPNS 2021 © Diadona

" Masih dipersiapkan ya, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera disampaikan (jadwal pendaftaran CPNS-nya)" , ujarnya.

Sayangnya, pihaknya belum bisa memastikan kapan pengumuman rekrutmen CPNS 2021 akan diterbitkan. Melansir CNN, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengungkapkan alasan mengapa pengumuman ini mundur dari jadwal awal. Dari keterangannya, hal ini karena ada beberapa peraturan pengadaan CPNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) non Guru dan PPPK Guru 2021 yang belum ditetapkan oeh Pemerintah.

Kalau kamu mengintip website SSCN BKN yang merupakan laman resmi pendaftaran CPNS, informasi yang muncul masih berupa informasi CPNS di tahun 2019 lalu. 

2 dari 5 halaman

Formasi CPNS 2021

Sayangnya berapa jumlah formasi yang akan dibuka pada CPNS 2021 ini masih belum diketahui. CNN menulis, BKN masih menunggu usulan revisi penetapan kebutuhan CPNS dari berbagai instansi. Jadi dari instansi sendiri masih belum merevisi laporan kebutuhan mereka akan CPNS. Itulah yang membuat jadwal pelaksanaan pendaftaran CPNS 2021 mundur dari tanggal yang sebelumnya dinfokan.

Mengutip laman resmi Kemenpan RB, sebanyak 56 kementerian dan lembaga, 4 pemerintah provinsi, serta 504 pemerintah kabupaten dan kota akan mengadakan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021. Tak ketinggalan delapan sekolah kedinasan juga akan dilakukan penetapan formasi.

Tahun ini, pemerintah menyediakan 1.275.387 kebutuhan ASN di tingkat pusat dan daerah.

3 dari 5 halaman

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja

CPNS 2021 © Diadona

Selain pengadaan PNS, tenaga pendidik juga akan direkrut melalui skema pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Apa itu?

Yakni pegawai pemerintah yang bekerja sesuai dengan perjanjian waktu tertentu. Seleksi ini diprioritaskan untuk seluruh guru honorer, baik di sekolah negeri maupun swasta yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Seleksi ini juga diperbolehkan bagi lulusan endidikan profesi guru (PPG), yang saat ini tidak mengajar.

Meski waktu bekerja yang berbeda dengan PNS, gaji dan tunjangan yang diberikan setara dengan mereka. Ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Mereka juga akan mendapatkan kenaikan gaji berkala yang diatur secara teknis dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Jalur PPPK akan membuka 547.026 formasi, baik di tingkat pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dan kota untuk penetapan guru, sedangkan PPPK non-guru yang telah ditetapkan sebanyak 21.495 formasi di daerah dan CPNS di tingkat daerah telah ditetapkan 84.282 formasi jabatan.

4 dari 5 halaman

Mempersiapkan Diri Menjadi CPNS 2021

CPNS 2021 © Diadona

Seleksi CPNS 2021 dilakukan dnegan sejumlah rangkaian tes seperti seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Kedua tes ini akan menentukan kelulusan tes ini. SKD memiliki porsi sebesar 40 persen dan SKB sekitar 60 persen.

Plt Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB, Katmoko Ari Sambodo, mengatakan seorang smart ASN harus memiliki setidaknya 8 profil.

Delapan profil tersebut antara lain integritas, nasionalisme, profesionalisme, wawasan global, IT dan bahasa asing, keramahan (hospitality), jaringan (networking), dan kewirausahaan (entrepreneurship).

" Kita akan mencari ASN sesuai dengan profil yang dapat mendorong terwujudnya birokrasi berkelas dunia pada 2024. Kita juga ingin para CASN memiliki sikap anti radikalisme," ujar Katmoko, dikutip Rabu (12/5/2021).

5 dari 5 halaman

Link CPNS 2021

Jangan sampai salah ya karena ada tiga link pendaftaran CPNS 2021, yakni

SSCN DIKDIN untuk seleksi sekolah kedinasan (sudah ditutup);

SSCN untuk seleksi CPNS 2021 (segera berlangsung mulai 31 Mei – 21 Juni 2021);

SSP3K untuk seleksi PPPK 2021 (akan berlangsung di akhir tahun)

CPNS 2021 adalah kesempatan untuk kamu yang ingin bekerja sebagai aparatur sipil negara. Jangan sampai ketinggalan informasinya !

Beri Komentar