Herry Rasio, Aquascaper Malang Sang Juara Dunia yang Menyimpan Misi Besar

Career | Kamis, 30 Juli 2020 12:44
Herry Rasio, Aquascaper Malang Sang Juara Dunia yang Menyimpan Misi Besar

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Herry Rasio: Jangan menua tanpa prestasi! Sosok yang belakangan jadi sorotan publik ini akhirnya berhasil kami temui. Yuk, kenalan dengan Aquascaper yang juara dunia 5 kali berturut-turut ini!

Herry Rasio, nama yang belakangan menjadi perbincangan banyak orang setelah video kolaborasinya dengan selebriti Irfan Hakim diunggah di YouTube. Dalam video tersebut, pria yang bernama asli Heri Amiri Lubis ini menggarap super megatank bertema paludarium di kediaman Irfan yang ditaksir menelan biaya ratusan juta.

Dari situ, sosok Herry Rasio langsung mendapat banyak sekali penggemar hampir di seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini, Saya sangat beruntung bisa menemui sosok Herry Rasio di tengah kesibukannya yang super padat.

Kalian udah kepo kan dengan pria asli Malang ini? Yuk, simak profil lengkap Herry Rasio berikut ini.

Nama Asli Herry Rasio

Seperti yang sudah disinggung di atas, nama aslinya adalah Heri Amiri Lubis. Lalu Rasio itu apa?

"Rasio itu brand clothingku. Mulai 2005 sih ini. Lebih ke anak muda, musik, sport, dan hobi-hobi komunitas," ujarnya.

Sekadar informasi aja, saya melakukan wawancara eksklusif bersama beliau di toko offline Rasiowear Store miliknya. Terletak di Jl Kesatrian No. 6 Malang.

"Sebenarnya dibanding aquascape, lebih dulu usaha clothingku ini. Aku mulai aquascape malah di tahun 2013," jelasnya.

Awal Mula Herry Rasio Menggeluti Aquascape Gimana Ceritanya?

"Ceritanya unik. Aku itu hobinya banyak. Awalnya memang hobi ikan, satu. Kedua hobi miniatur kayak mainan-mainan gitu. Kadang aku bikin diorama juga untuk miniaturku. Nah, cari tuh di Google tentang diorama kok nemu diorama di dalam akuarium. Ada airnya, ada tanamannya, hidup lagi. Kepikiran, kan. Kebetulan hobiku yang lain itu bonsai."

Tenang, Saya sendiri juga kaget mendengar bahwa beliau ini hobinya buanyak banget! Ini masih belum seberapa, nanti kita bongkar hobi-hobi Herry Rasio yang lain ya. Lanjut!

Aquascape Herry Rasio

"Nah, menurutku semua hobiku bisa kumasukkan dalam satu hobi baru, yaitu aquascape. Ada bonsai, miniatur, diorama, ikan, tanaman hidup juga. Pas!" cerocosnya sambil memelintir ujung kumisnya. Kalau yang ini memang unique gesture dari dia.

Lalu Gimana Ceritanya Bisa Tiba-Tiba Juara Dunia?

Ternyata, Herry Rasio emang berbakat di dunia aquascape. Tahun 2013 dia belajar mendalaminya, di tahun yang sama langsung juara 1 nasional. Keren!

Setahun berselang banyak banget tuh yang nyaranin untuk ikut kelas internasional. Akhirnya tank yang sama ketika dia juara nasional didaftarkan untuk mengikuti kontes aquascape di Jepang tahun 2014. Sayangnya belum meraih juara, hanya masuk ke dalam rank 49 dari 2000 peserta di seluruh dunia. Keren, sih! Nggak, ini luar biasa banget!

Aquascape Herry Rasio

Kalau mau diurutin, nih deretan prestasi Herry Rasio di dunia aquascape.


2014

1st Aquajaya Challenge
49th IAPLC
1st AGA

2015

60th IAPLC
3rd AGA - Jerman
5th IIAC Taiwan
1st Hardscape Challenge

2016

Top 10 Aquajaya Challenge
3rd NSHC Hardscape Challenge
5th IIAC Taiwan
33th IAPLC
1st AGA

2017

5th IIAC Taiwan
1st AGA
1st RFLAC Turkey
2nd NSHC Hardscape Challenge
2nd CFAA Shanghai China

2018

3rd CFAA China
1st NSHC Hardscape Challenge
2nd Aquajaya Challenge
1st AGA
6th RFLAC Turkey

2019

1st CFAA China
6th IIAC Taiwan

Aquascape Herry Rasio

Nggak cuma itu aja. Herry Rasio juga beberapa kali menjadi juri kontes aquascape di dalam dan luar negeri. Udah gak ada tandingan sih, ini.

Tanggapan Keluarga Mengenai Pekerjaan Aquascape Gimana?

"Pasti awalnya negatif, pas tahu hasilnya ya udah gak apa-apa. Karena waktu dan tenaga banyak kesita. Baik keluarga dan pekerjaan di clothing ini."

Herry juga menambahkan kalau istrinya juga sering diajak untuk touring ke hutan-hutan, bertemu alam, dan lain-lain. Makanya bisa sampai support sampai sejauh ini.

Dengar-Dengar nih, Katanya Herry Rasio Ngajar Aquascape di China. Beneran?

"Kontrak, iya benar. Di China. Shanghai tepatnya. Di situ ada kayak kejuruan, kalau memang dampaknya secara ekonomi bagus, dibuatin kelas khusus."

Aquascape Herry Rasio

Sayangnya...

"Pas mau jalan kontraknya, ada tragedi Wuhan itu. Corona. Ya sudah..."

Mari kita berdoa semoga pandemi ini cepat berakhir, ya. Aamiin.

Bener Gak, Orang Malang bahkan Tetangga Sendiri Gak Tahu Herry Rasio Juara Dunia Aquascape?

"Itu benar. Bukannya aku apa, masalahnya kalau aku cerita-cerita nanti malah jelasin dulu aquascape itu apa. Panjang, kan? Males. Masih awam banget soalnya."

Aquascape Herry Rasio

Benar juga, ya. Makanya kalian harus menambah wawasan tentang aquascape ya. Bisa langsung follow Instagram @herry_rasio.

Ngomongin Idola, nih. Siapa Sosok Panutan yang Berpengaruh pada Meroketnya Prestasi Herry Ratio?

"Kalau idola dari luar negeri namanya Oliver Knott. Orang Jerman, dia aquascaper sejak usia 18 dan sekarang dia udah 54 tahun paling. Udah pernah ketemu dan berhadapan langsung. Bahkan jadi musuh di kontes. Luar biasa."

"Kalau skala nasional, namanya Narto Tan. Dia spesialisasinya di tanaman, kalau aku kan kayu. Narto Tan itu kalau udah bikin karya, tanamannya sangat natural."

Aquascape Herry Rasio

"Sosok yang paling berpengaruh di karir aquascape itu semua orang, sih. Masukan dari mereka ditampung. Kalau spesifik, ya Dody AW dari Aquajaya itu."

Harapannya Apa sih?

"Satu hal yang pengen aku sampaikan. Dukungan dari pemerintah ini nggak ada sama sekali. Aku berangkat, pergi pulang ke luar negeri biaya sendiri. Padahal sudah jelas ada undangan dari negara. Apresiasi nggak ada."

"Bahkan kalau menang, hadiahnya masih ditanyain. Dipersulit gitu. Di bandara, ditahan kadang. Nah, di situ aku harus jelasin lagi aku menang apa. Dan lagi-lagi aku harus menjelaskan berulang tentang aquascape itu apa," imbuhnya.

"Contohnya gini wes, equipment penting aquascaper aja. Kayak gunting, lem, dan lain-lain. Kan nggak boleh bawa cairan. Kalau ada surat jalan dari negara kan lebih mudah. Wong kita di sana juga mewakili Indonesia, kan? Kadang aku berangkat ke luar negeri ya gak bawa apa-apa, nanti aja cari di sana. Ternyata di sana aku kesussahan juga. Pokoknya susah lah."

Selain mengharapkan apresiasi dan dukungan dari pemerintah, Herry Rasio juga ingin generasi muda berani menunjukkan eksistensinya di dunia aquascape. Terutama dari Malang, nih!

"Kadang aku juriin kontes nasional, di Kota A misalnya. Aku kan dari Malang, nah peserta dari Malang ini malah nggak ada. Padahal untuk skala nasional, orang-orang yang dari Malang ini keren-keren, lho idenya. Sayang, gitu."

Pesan Khusus atau Quote Andalan Herry Rasio untuk Pembaca Diadona Ada Gak, ya?

"Kalau aku paling cuma mau bilang. Jangan menua tanpa prestasi. Tapi kalau bisa, ya!" ujarnya sambil tertawa.

Gimana, kalian sudah tahu kan tentang sosok fenomenal Herry Rasio. Untuk sepak terjangnya di dunia aquascape memang tidak perlu diragukan lagi. Di balik gayanya yang santuy ini, ternyata Herry Rasio juga pria yang sayang dengan keluarga. Ini nih buktinya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Suro Badocx Team #rasiofamily #amirxfamily

A post shared by Herry Rasio (@herry_rasio) on


Di tengah keterbatasan waktu menggerjakan order dari klien atau berburu material di pelosok rimba, Herry mencoba menyempatkan bermain dengan buah hatinya, bukan bermain game online tapi mengajarkan mereka serunya menikmati alam atau sekedar bercanda tawa di teras rumah sambil menyiram koleksi hijaunya. Foto di atas diambil dari postingan di Instagram Herry Rasio pada 10 Juli 2020 lalu.

Gimana, udah tertarik untuk menjadi aquascaper kayak Herry Rasio? 

Join Diadona.id