Ingin Kerja di Bank? Yuk Cari Tahu Posisi Mana yang Tepat Untukmu

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 28 Oktober 2020 08:24
Ingin Kerja di Bank? Yuk Cari Tahu Posisi Mana yang Tepat Untukmu
Bekerja di bank adalah salah satu impian banyak orang.

Pegawai bank selalu tampil keren karena menuntut pekerjaan yang mengharuskan mereka selalu tampil rapi. Selain itu, jalur karir dan gaji yang ditawarkan untuk posisi tertentu juga menggiurkan.

Selain itu, bekerja di bank tidak membutuhkan latar belakang pendidikan khusus. Sebagian besar pekerjaan bank menawarkan tempat bagi lulusan dari berbagai disiplin ilmu. Dengan keterampilan teknis umum dan soft skill yang sesuai, kamu dapat bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di bank.

Jika kamu tertarik untuk bekerja di sektor perbankan, cari tahu jenis pekerjaan apa yang tersedia. Dengan begini, kamu bisa melamar posisi yang tepat sesuai minat dan keahlianmu. Melansir karirdotcom, ini dia nih posisi yang bisa kamu pilih.

1 dari 6 halaman

Teller

Ilustrasi Pegawai Bank © Diadona

Teller adalah pegawai bank yang bekerja di counter. Tugas utamanya adalah melayani nasabah dan calon nasabah yang ingin melakukan berbagai transaksi. Teller bertanggung jawab untuk melakukan serangkaian transaksi, mulai dari menerima setoran, mencairkan cek, menandatangani persetujuan kasir untuk satu dokumen transaksi, hingga menyediakan layanan perbankan lainnya.

Sebelum melamar, perhatikan persyaratan teller yang diminta oleh perusahaan. Sebagai pegawai bank yang berhubungan langsung dengan nasabah, teller diharapkan memiliki penampilan yang baik, serta kemampuan komunikasi yang mumpuni.

2 dari 6 halaman

Customer Service

Ilustrasi Pegawai Bank © Diadona

Selain teller, pegawai bank yang berada di garda terdepan adalah customer service. Fungsi utama customer service di bank adalah sebagai penerima tamu atau resepsionis, deskman yang melayani aplikasi pelanggan, salesman produk bank, hingga customer relation yang menjaga hubungan baik antara bank dengan nasabah. Dalam hal menerima pengaduan pelanggan, customer service diharapkan dapat mendengarkan sekaligus mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi pelanggan. Dengan demikian, bank dinilai mampu memberikan pelayanan prima kepada nasabah.

Mengingat beban kerja yang mereka emban, seorang customer service provider harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan pengetahuan perbankan yang mendalam. Selain itu, sebagai seorang frontliner, customer service juga diharapkan memiliki tampilan yang menarik. Dengan dua keunggulan tersebut, fresh graduate atau teller dan customer service yang sudah memiliki pengalaman kerja satu tahun, memiliki modal yang besar untuk bisa melamar pekerjaan di bagian ini.

3 dari 6 halaman

Account Officer

Ilustrasi Pegawai Bank © Diadona

Account officer adalah pegawai bank yang bertindak sebagai sales dan marketing. Sebagai orang yang menjalankan fungsi penjualan dan pemasaran, tentunya Account Officer bertugas mencari nasabah dan menawarkan produk bank yang tepat. Setelah itu, Account Officer juga perlu menganalisis pemberian kredit bagi calon debitur dan memantau kelancaran pembayaran debitur yang ada. Tidak hanya itu, Account Officer juga bertanggung jawab untuk menjaga hubungan bank dengan nasabah.

Dengan melakukan pekerjaan ini, kamu bisa bertemu dengan berbagai nasabah bank. Jadi, kamu pun bisa memperluas jaringan.

4 dari 6 halaman

Sales Officer

Ilustrasi Pegawai Bank © Diadona

Judul posisi yang ditawarkan tidak selalu disebut sebagai " sales officer" , tetapi dikaitkan dengan jenis produk perbankan yang akan dijual atau cara menjualnya. Misalnya penjualan kredit mikro, penjualan kartu kredit, penjualan hipotek, dan telesales.

Pekerjaan sales bank hanyalah mencari nasabah, dan menawarkan produk kredit yang sesuai. Tentunya pekerjaan ini harus didukung dengan kemampuan komunikasi yang baik.

5 dari 6 halaman

Analis Kredit

Ilustrasi Pegawai Bank © Diadona

Analis kredit merupakan salah satu pekerjaan penunjang di industri perbankan. Seorang analis kredit bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menganalisis data keuangan pelanggan, mulai dari kebiasaan membayar, menabung, pendapatan, dan aktivitas pembelian. Setelah data terkumpul, analis akan melakukan evaluasi, kemudian menentukan tindakan yang tepat untuk pelanggan.

Misalnya, seorang analis kredit mengumpulkan data pemegang kartu kredit. Analis kredit akan melihat kebiasaan belanja pemegang kartu kredit, dan kemampuan mereka untuk membayar. Jika pengguna kartu kredit pernah atau sering gagal melunasi tagihan, analis dapat merekomendasikan pengurangan batas penggunaan atau bahkan penutupan kartu.

6 dari 6 halaman

Staf Administrasi

Ilustrasi Pegawai Bank © Diadona

Secara umum administrasi diartikan sebagai kegiatan pencatatan, penunjang dan penyimpanan berbagai data yang berkaitan dengan perusahaan. Fungsi ini juga dibutuhkan dalam dunia perbankan. Petugas administrasi bank bertanggung jawab atas berbagai kegiatan seperti memasukkan data, merekap data, mendokumentasikan, mengelola kas kecil dan kas besar untuk membuat data keuangan, menyusun laporan keuangan, hingga mendukung kegiatan audit.

Jika kamu tertarik untuk melamar pekerjaan ini, kamu harus memahami program komputer seperti Microsoft Office, terutama Microsoft Excel dan rumus-rumusnya. Ditambah dengan ketelitian, ketangkasan, kejujuran, dan ketekunan, kamu bisa menjadi calon tenaga administrasi bank yang sangat baik.

Gimana? Udah nemu posisi yang pas di hati kamu?

Beri Komentar