Jarang Disadari, 4 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pemilik Bisnis Pemula!

Reporter : Mila
Selasa, 20 Oktober 2020 08:57
Jarang Disadari, 4 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pemilik Bisnis Pemula!
Hayo, jangan sampai terulang ya!

Bisnis adalah salah satu usaha untuk terus bertahan hidup selain bekerja kantoran. Identik dengan pemasukan yang berlimpah, sebenarnya menjalankan bisnis tidaklah semudah kelihatannya. Butuh pengetahuan yang mendalam agar bisnis yang dijalani sukses. Nah hal inilah yang jadi tantangan tersendiri untuk para pemilik bisnis pemula.

Di sini DIADONA.ID akan membagikan pengalaman seorang pebisnis yang bisa kamu jadikan pelajaran.

Namanya Adrian, 10 tahun yang lalu dia masih lugu dan naif. Berbekal ide seadanya dan modal pas-pasan, ia mendirikan sebuah bisnis. Tapi apa yang terjadi kemudian? Ya, bisnisnya tutup dalam waktu kurang dari satu tahun. Ternyata, ia melakukan kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemilik bisnis pemula lainnya. Biar kamu gak mengulangi kesalahan yang sama, simak yuk 4 kesalahan fatal yang sering dilakukan pemilik bisnis pemula!

 

1 dari 4 halaman

Gak Punya Plan Matang

Sebuah ide yang cemerlang sekalipun akan sia-sia tanpa adanya sebuah perencanaan yang matang. Ide itu murah, eksekusinya yang mahal.

Dengan adanya rencana yang matang, kita jadi bisa tahu di mana kita harus mengalokasikan waktu dan apa yang diinginkan oleh pelanggan kita nantinya. Jadi gak bisa cuma sekadar modal posting di sosial media dan berharap seseorang bakal membeli produk yang kita jual.

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pemilik Bisnis Pemula © Diadona

2 dari 4 halaman

Modal Besar Diawal

Modal jelas jadi hal krusial dan penting di sektor bisnis. Tapi jangan sembarangan mengeluarkan modal dengan jumlah besar di awal usaha alias jor-joran. Bisa-bisa rugi besar nanti.

Coba mulai gunakan 30% dari modal yang ada untuk memulai usaha. Nah di situ kamu bisa lihat deh perkembangannya. Kalau dirasa oke, bisa banget kamu menyuntik modal tambahan. Untuk menunjang itu semua, jangan lupa juga kuasai bisnis yang kamu jalani ya. Bisa dengan ikut workshop, pelajari e-book, atau cari networking yang masih berhubungan dengan bisnismu.

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pemilik Bisnis Pemula © Diadona

3 dari 4 halaman

Terlalu Lama Menunggu

Dalam bisnis (dan hidup tentunya) ada satu hal yang paling berharga, yaitu waktu. Jangan buang-buang waktu untuk penyempurnaan produk. Sempurnakanlah sembari jalan (bisnisnya). It's all about take action and continuous development. Karena di dunia (bisnis) ini gak ada yang sempurna, bund~

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pemilik Bisnis Pemula © Diadona

4 dari 4 halaman

Manajemen Laci

Pernah gak kamu merasa pemasukan udah mulai stabil tapi pemasukan tetap segitu-segitu aja? Ternyata kesalahannya ada di manajemen laci alias semua pengeluaran serta pemasukan pribadi dan bisnis tercampur jadi satu. Jadi gak kelacak deh kemana uangnya.

Coba kamu pakai rekening yang terpisah dan jangan lupa catat semua pemasukan serta pengeluaran. Dengan begitu kamu bisa tahu nih kondisi bisnis lagi naik, sideways, apa turun.

5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Pemilik Bisnis Pemula © Diadona

Semoga dengan adanya artikel ini, kamu gak bakal melakukan kesalahan-kesalahan di atas ya!

Beri Komentar