Jarang Disadari, Ini 5 Hal pada Dirimu Sendiri yang Bikin Susah Dapat Kerja

Career | Kamis, 3 Juni 2021 13:57

Reporter : Mila Ismiranda

Bisa jadi sumber bad luck itu ada pada dirimu sendiri, lho.

Persaingan ketat yang ada di dalam dunia kerja jaman sekarang membuat lowongan kerja pun jadi susah didapatkan. Mau tidak mau, kita harus menyiapkan diri dan mematangkan kemampuan untuk bisa bersaing dengan yang lain untuk mendapat pekerjaan yang layak.

Tapi tak bisa dipungkiri kalau ada orang yang kurang beruntung nasibnya, walaupun sudah berusaha keras tapi tetap saja tak mendapatkan pekerjaan. Nah kalau begini, bisa jadi hal-hal pada dirimu sendirilah yang menjadi sumber bad luck dan bad vibe. Apa saja?

Jarang Disadari, Ini 5 Hal pada Dirimu Sendiri yang Bikin Susah Dapat Kerja
2 dari 6 halaman

Penampilan Kurang Menarik

Bukan hal yang baru lagi, kebanyakan persyaratan bagi pelamar kerja untuk berpenampilan menarik. Bukan berarti kamu harus ganteng atau cantik. Cukup tampil rapi dan good looking saja.

Kalau kamu termasuk orang yang susah merawat diri, menjaga kebersihan serta kerapian, mungkin itulah salah satu penyebabnya kenapa kamu sulit mendapat pekerjaan.

3 dari 6 halaman

Bicara Ngasal dan di Luar Batas

Hal lainnya yang ada di dalam dirimu dan membuatmu sulit mendapat pekerjaan adalah kalau kamu suka asal kalau bicara dan gak mengerti batasan. Siapapun kerja sama kamu pasti gak bakal betah kalau kamunya suka bicara sembarangan. Ingat, bicara dan bersikap juga termasuk dalam attitude yang sangatlah penting.

4 dari 6 halaman

Manner yang Tidak Baik

Penyebab lain kamu sulit dapat kerja bisa jadi karena manner di tempat kerja. Apapun jenis pekerjaannya, kamu pasti cepat dipecat kalau gak tahu manner.

Misalnya seperti mengangkat kaki ke meja, menggunakan barang kantor sembarangan, merusak fasilitas, dan hal-hal lainnya yang bikin kantor berpikir ulang untuk mempekerjakanmu.

5 dari 6 halaman

Rekam Jejak Hidup

Daftar riwayat hidup dan berbagai surat keterangan lain di dalam syarat lamaran kerja adalah untuk mengetahui apakah kamu pernah melakukan kejahatan atau rekam hidup yang buruk atau tidak.

Tentu saja semua tempat kerja pasti tak mau mengambil risiko untuk mempekerjakan orang bermasalah. Jadi kalau rekam jejak hidupmu kelam, mungkin saja itulah yang menjadi pertimbangan kenapa mereka tak menerimamu.

6 dari 6 halaman

Malas

Kalau kamu pribadi yang suka malas-malasan dan tidak tekun, maka itu juga bisa jadi penyebab kenapa kamu sulit dapat pekerjaan. Misal, datang gak tepat waktu, menyelesaikan kerja melewati deadline, hingga bermalas-malasan di kantor.

Pembawaan pribadimu ini sama sekali gak baik, bisa menghambat kemajuan perusahaan dan karier diri sendiri.

Dari lima hal di atas adakah yang kamu miliki? Kalau iya, segera ubah jadi lebih baik ya!

Terkait
Join Diadona.id