Kenali Hidden Job Market, Tempat 'Rahasia' untuk Menemukan Pekerjaan

Reporter : Mila
Jumat, 4 Juni 2021 08:57
Kenali Hidden Job Market, Tempat 'Rahasia' untuk Menemukan Pekerjaan
Gimana tuh caranya bisa ke tempat 'rahasia' ini?

Mungkin saat ini kamu sedang berusaha mencari-cari pekerjaan. Entah melamar langsung ataupun lewat web atau platform lowongan kerja yang ada di internet. Tapi apakah kamu sudah mencoba mencari di hidden job market?

Hidden job market disebut-sebut sebagai tempat 'rahasia' di mana kamu bisa mendapatkan pekerjaan. Tapi pastinya beda ya sama platform pada umumnya yang biasa kamu kunjungi.

Hmmm, makin bikin penasaran aja ya. Daripada kelamaan, langsung aja yuk simak selengkapnya di bawah!

1 dari 2 halaman

Apa Itu Hidden Job Market?

Hidden job market adalah istilah yang diberikan untuk lowongan pekerjaan yang tidak diiklankan atau diposting untuk publik. Kenapa? banyak faktornya, mulai dari menghemat uang perusahaan, lebih suka mencari kandidat lewat komunitas, referral karyawan perusahaan sendiri, dan lain-lain.

Bahkan, melansir Career Addict, beberapa perusahaan juga merekrut pekerja melalui hidden job market untuk menjaga kestabilan saham perusahaan.

Disebutkan bahwa survei oleh Jobvite menyatakan 35% orang menemukan lowongan lewat media sosial, 50% mendapatkan informasi dari teman, dan 37% dari jaringan profesional.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Mengakses Hidden Job Market?

Perlu diingat bahwa kunci untuk mendapatkan pekerjaan dari hidden job market adalah networking dengan orang-orang di bidang kualifikasimu. Berikut tips-tipsnya:

  • Perluas Jaringan Koneksi
    Untuk mendapatkan akses ke hidden job market, kamu harus mengubah caramu membangun koneksi. Fokuskan perluasan koneksi dengan orang-orang yang memiliki informasi tentang lowongan-lowongan tersembunyi. Hal ini harus dijadikan kebiasaan. Semakin luas koneksimu, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan informasi kesempatan kerja.

  • Bergabung dengan Grup Profesional
    Grup profesional ataupun komunitas bisa jadi hidden job market di mana kamu bisa menemukan informasi pekerjaan sesuai dengan keahlianmu langsung dari orang-orang di bidangnya. Grup profesional ini bisa ditemukan di media sosial seperti LinkedIn dan juga grup asosiasi atau ikatan alumni perkuliahan.

  • Hubungi Perekrut Langsung
    Yang harus kamu lakukan untuk mengakses hidden job market lewat cara ini adalah mencari informasi tentang cara mengontak perekrut sebuah perusahaan yang dituju. Tapi ingat, kamu harus benar-benar tahu etika yang sesuai untuk memulai pembicaraan dengan perekrut profesional. Jangan lupa, manfaatkan media sosial dan platform seperti LinkedIn untuk terhubung dengan perekrut profesional untuk memaksimalkan kesempatanmu.

  • Ikut Seminar
    Event seperti seminar dan konferensi adalah tempat yang tepat untuk mengakses hidden job market. Di event seperti ini, kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang bisa membuka pintu kesempatan pada suatu lowongan kerja.

  • Aktif di Medsos
    Jaman sekarang, media sosial sangat mempermudah kita untuk menunjukkan keahlian, memperluas koneksi, dan juga mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, hidden job market sangat mungkin ditemukan di media sosial. Gunakan sosial media untuk menunjukkan kualifikasi dan kemampuanmu di bidang ilmu yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kemungkinan dilirik oleh perekrut.

Gimana, sudah tertarik untuk mengakses hidden job market? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar