Kreatif, 9 Ide Bisnis Ramah Lingkungan ala Anak SMA Ini Keren Abis!

Reporter : Hevy Zil Umami
Senin, 19 Oktober 2020 14:54
Kreatif, 9 Ide Bisnis Ramah Lingkungan ala Anak SMA Ini Keren Abis!
Prestasi siswa sekolah menengah tidak hanya dapat diukur berdasarkan kemampuan akademisnya, tetapi juga kreativitas dan inovasi yang mereka hasilkan.

Melalui Indonesia Student Company of the Year Competition (ISCC) 2020, lebih dari 900 siswa SMA / SMK di 11 wilayah tanah air berlomba-lomba menciptakan ide bisnis yang mengusung konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan berbagai mitra bisnis lainnya kembali menggelar ISCC 2020 mulai Januari hingga September 2020. Program yang juga didukung oleh pemerintah ini berhasil menciptakan 44 bisnis baru yang dikelola oleh siswa SMA dengan total omzet Rp 272 juta selama kompetisi virtual ini.

"Lingkungan kewirausahaan Indonesia tengah bergerak ke arah yang kian positif. Ini yang harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, terlebih di tengah pandemi COVID-19. Dengan peningkatan kompetensi kewirausahaan melalui pemberdayaan pelajar, kami meyakini UMKM di Tanah Air akan tumbuh dan diperhitungkan," ujar Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia, Siddharta Moersjid, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

"Inisiatif ini selaras dan bersinergi dengan langkah-langkah pemerintah. Dengan demikian kewirausahaan muda Indonesia terus berkembang, bukan hanya para pelajar sekarang, namun juga generasi yang akan datang," imbuh Juandanilsyah, Koordinator Bidang Peserta Didik-Direktorat SMA, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti dilansir dari Liputan6.com.

Panitia ISCC 2020 lantas memilih sembilan tim terbaik dalam hal inovasi wirausaha muda. Nantinya, salah satu tim terpilih akan mewakili Indonesia pada kejuaraan bisnis tingkat Asia Pasifik tahun 2021. Kemudian, inovasi produk ramah lingkungan apa saja yang dipilih? Berikut ulasannya.

2 dari 9 halaman

2. Sticle

      View this post on Instagram

@saglova.sc – SMAN 1 Tuban . Ayo dukung Student Company favorit kalian dengan like video mereka di akun Instagram Prestasi Junior Indonesia sebanyak-banyaknya! . Vote publik akan dibuka hingga Jumat, 9 Oktober 2020, jam 17:00 WIB. . Ayo bergabung dan dukung entrepreneur muda Indonesia! . #saglovasc #exxonmobil #exxonmobilcepulimited #EMCL #prestasijunior #pji #WeAreJA #juniorachievement #jaworldwide #jaasiapacific #entrepreneurship #studentcompany #jacompanyprogram #businesscompetition #wirausahamuda #ISCC2020 #youngentrepreneurschoice

A post shared by Prestasi Junior Indonesia (@prestasijunior) on

Tidak jauh berbeda dengan produk sebelumnya, produk siswa SMAN 1 Tuban ini juga merupakan penghilang noda instan yang terbuat dari kulit nanas yang difermentasi, namun digunakan khusus untuk noda pada pakaian. Produk ini tersedia dalam dua kemasan yaitu roll on dan spray.

4 dari 9 halaman

4. PlayIt!

      View this post on Instagram

@deaglesc – SMA Karangturi Semarang . Ayo dukung Student Company favorit kalian dengan like video mereka di akun Instagram Prestasi Junior Indonesia sebanyak-banyaknya! . Vote publik akan dibuka hingga Jumat, 9 Oktober 2020, jam 17:00 WIB. . Ayo bergabung dan dukung entrepreneur muda Indonesia! . #deaglesc #citi #citibank #citiindonesia #citibankindonesia #citipeka #citipeduliberkarya #citivolunteers #prestasijunior #pji #WeAreJA #juniorachievement #jaworldwide #jaasiapacific #entrepreneurship #studentcompany #jacompanyprogram #businesscompetition #wirausahamuda #ISCC2020 #youngentrepreneurschoice

A post shared by Prestasi Junior Indonesia (@prestasijunior) on

Masih dengan konsep ramah lingkungan, siswi SMA Karangturi Semarang ini menghadirkan game edukasi berbahan dasar kertas daur ulang dan limbah kayu. Ada tiga jenis permainan yaitu DESC !, Fill In !, dan DESC! Mobile, yang dapat dimainkan dengan memanfaatkan aplikasi perangkat pintar, yang semua game bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial antar pemain.

8 dari 9 halaman
Beri Komentar