Pengertian Motivasi, Jenis, Faktor dan Contoh Motivasi Kerja, Belajar serta Diri Sendiri

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 22 April 2021 11:17
Pengertian Motivasi, Jenis, Faktor dan Contoh Motivasi Kerja, Belajar serta Diri Sendiri
Motivasi adalah dorongan yang membaut seseorang melakukan sesuatu, baik dalam bekerja, belajar, atau menjadi diri yang lebih baik. Temukan cara biar terus termotivasi, di sini!

Motivasi adalah proses yang membuat seseorang memulai, mengarahkan dan juga menjaga perilaku yang berorientasi pada tujuan. Apa yang menyebabkan kamu melakukan sesuatu disebut dengan motivasi, mulai dari melakukan hal yang sederhana seperti bangkit dari tempat tidur atau beljara dan juga bekerja.

Mengutip Very Well Mind, motivasi ini melibatkan kekuatan biologis, emosional, sosial, dan kognitif yang mengaktifkan perilaku seseorang. Dalam penggunaannya sehari-hari, motivasi kerap disebut sebagai latar belakang dalam melakukan sesuatu. Motivasi adalah dorongan dalam setiap tindakan manusia.

Motivasi nggak cuman ada saat memulai, tapi juga saat mempertahankan. Misalnya, motivasi ingin mendapatkan nilai yang bagus membuat kamu bangkit dari tempat tidur dan belajar. Dan motivasi jugalah yang membuat kamu terus mempelajari materi tersebut sampai benar-benar paham.

Dan berhubungan dengan itu, setidaknya ada tiga komponen motivasi yang akan mempengaruhi apakah tujuan akan tercapai atau tidak, yakni:

Aktivasi : keputusan untuk memulai sesuatu, misalnya mulai belajar
Tekun : Adalah usaha terus menerus untuk mencapai tujuan walau rintangan menghadang
Intensitas : berkonsentrasi dan punya kekuatan untuk mengejar suatu tujuan.

Lebih jauh tentang motivasi dan jenisnya, yuk simak dulu ulasan Diadona berikut ini:

1 dari 4 halaman

Pengertian Motivasi

Motivasi Adalah © Diadona

Motivasi adalah dorongan. Hal tersebut merupakan definisi secara umum. Namun, ada perbedaan definisi dari para ahli, meliputi:

Rahimic menyebut motivasi adalah tingkat kesiapan individu untuk melakukan suatu tindakan dan terdiri dari semua faktor yang mempengaruhi, mengintensifkan, dan mengatur perilaku manusia.

Reeve menyebut bahwa motivasi adalah proses internal. Apa sih artinya? Jadi entah kita mendifeinisikan motivasi sebagai dorongan atau kebutuhan, motivasi merupakan kondisi di dalam diri kita yang menginginkan perubahan. Entah perubahan dalam diri, atau perubahan dalam lingkungan.

Intinya nih, motivasi adalah energi dan perilaku yang diarahkan pada suatu tujuan dan gigih dilakukan. Saat kita mendapatkan motivasi, kita bergerak dan mengambil tindakan.

Sementara itu, Guay et al mendefinisikan motivasi adalah alasan yang mendasari perilaku. Parafrase Gredler, Broussard dan Garrison juga mengatakan, motivasi merupakan sesuatu hal yang membuat kita melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

Motivasi dalam diri manusia dibedakan menjadi dua, yakni intrinsik dan ekstrinsik:

Motivasi intrinsik: adalah kecenderungan alami untuk mencari dan menaklukkan tantangan saat kita mengejar minat pribadi dan melatih kemampuan. Kita menyadari bahwa tujuan kita tersebut emmiliki manfaat untuk diri kita sendiri sehingga penghargaan atau hukuman tidak akan emmililki pengaruh. Bisa dibilang, ini adalah motivasi yang timbul dalam diri seseorang.

Motivasi ekstrinsik : merupakan motivasi yang datang dari orang lain. Maksudnya gini nih, bahwa motivasi seseorang melakukan sesuatu karena perintah dari orang lain.

2 dari 4 halaman

Motivasi Kerja

Motivasi Adalah © Diadona

Menurut Rahimic, motivasi kerja adalah seberapa kuat dorongan suatu individu untuk mengerahkan dan mempertahankan upaya menuju tujuan organisasi. Menurutnya, setiap karyawan punya motivasi masing-masing dalam bersaing dan bekerja. Dan untuk memaksimalkan kinerja perusahaan, manajemen kantor harus memhami apa yang sebenarnya menjadi motivasi dari karyawan tersebut.

Dalam konteks pekerjaan, motivasi ini bisa diterapkan untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan karyawan, membantu menetapkan tujuan individu dan organisasi dan masih banyak lagi.

Secara tradisional, motivasi kerja biasanya dipahami dalam bentuk motivasi eksternal. Misalnya nih, seorang karyawan termotivasi untuk memberikan usahan yang ekstra dalam pekerjaannya karena ada bentuk kompensasi, tunjangan, penghargaan, atau kemajuan karier.

Nah untuk kamu yang sedang bekerja trus sedang mencari motivasi diri untuk terus berupaya dan bertahan di pekerjaan tersebut, mungkin kamu bisa pikirkan Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow ini:

  • Kebutuhan fisiologis yang harus dipenuh seseorang untuk bertahan hidup, seperti sandang, pangan dan papan.
    Kebutuhan keselamatan, muali dari keselamatn pribadi dan keuangan, asuransi kesehatan yang ditanggung kantor dan kesejahteraan
  • Kebutuhan akan hubungan persahabatan
  • Kebutuhan mencangkup perasaan percaya diri dan hormat dari orang lain
  • Kebutuhan untuk aktualisasi diri

Sedangkan untuk manajer yang ingin meningkatkan motivasi kerja karywan, bisa dilakukan dengan berbagai teori berikut yakni:

Teori Motivasi Dua-Faktor dari Frederick Herzberg

Beberapa hal yang bisa dijadikan oleh karyawana sebagai motivasi adalah menikmati pekerjaan, perasaan pengakuan, kemajuan karier, juga kompensasi, kebijakan perusahaan yang efektif, tunjangan, hubungan dengan atasan dan rekan kerja.

Teori Harapan

Berupa imbalan yang diekspektasikan akan didapat sebagai hasil suatu pekerjaan.

3 dari 4 halaman

Motivasi Belajar

Motivasi Adalah © Diadona

Sadiman berpendapat bahwa motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai.

Seperti halnya dengan motivasi yang lainnya, motivasi belajar bisa muncul dalam bentuk dua hal, yakni motivasi intrinsik dan ekstrinsik.

Untuk kamu yang sedang belajar atau kuliah, sedang pusing dan mencari motivasi, adalah penting untuk memikirkan hal-hal berikut ini:

  • Coba tulis tiga hal utama yang melandasi kamu mengapa kamu mengambil pelajaran ini dan mengapa ini penting
  • Tulis daftar nilai kamu dan tempelkan di meja belajar. Nilai jelek bisa jadi motivasi untuk memperbaikinya sedangkan nilai bagus bisa kamu jadikan acuan untuk mempertahankannya
  • Bayangkan hidup kamu di amsa depan. Apa jadinya kalau kamu lulus dengan nilai jelek atau bahkan nggak lulus sama sekali?

Sedangkan bagi guru yang sedang mencari motivasi adalah penting untuk mencoba menerapkan hal-hal berikut:

  • Memberi nilai
  • Memberikan hadiah
  • Memberi tahu hasil atau progress
  • Memberi pujian
  • Menumbuhkan minat belajar
  • Membuat suasana menyenangkan

4 dari 4 halaman

Motivasi Diri

Motivasi adalah © Diadona

Motivasi adalah salah satu kunci agar kamu mencapai tujuanmu. Memang sih membuat perubahan gaya hidup secara tekun adalah hal yag berat, makanya banyak orang yang merasa kehilangan motivasi dari waktu ke waktu.

Dikutip dari soulsal, ragam cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap mendapatkan motivasi adalah:

Fokuskan Energi

Jauhkan diri dari hal-hal yang menganggu kamu dari fokus pada tujuan

Pecahkan Tujuan Besar dari Langkah Kecil

Pecahkan semua menjadi potongan-potongan kecil yang mudah dicerna sehingga kamu bisa merayakan kemenangan dan merasa senang. Kenapa ini penting? Karena ternyata saat kamu senang, ini akan memicu pelepasan dopamin di otak, bahan kimia penting untuk menjaga motivasi.

Menjaga Ekspektasi

Saat ada halangan, perasaan frustasi membuat kita jadi menyerah. Saat rintangan menumpuk, frustrasi menjadi keputusasaan dan membuat kita jadi berpikir " ah, kayaknya ngga mungkin deh.."

Otak kamu bakalan terus menerus menghitung apakah upaya yang kamu lakukan tuh sepadan atau engga. Secara diam-diam, kamu akan melambat dan goyah dengan tujuanmu.

Nah, mengelola ekspektasi, menghadapi kegagalan dan stres bisa membuat amu jadi tak termotivasi lagi.

Dikelilingi Orang yang Mendukung

Jadikan orang-orang di sekelilingmu sebagai support system untuk mencapai tujuanmu. Kalau perlu nih, kamu harus berkumpul dengan mereka yang memiliki tujuan yang sama denganmu sehingga kamu terus termotivasi.

Ingat ya, perubahan tidak akan terjadi dalam semalaman. Tapi semua hasil akan bernilai sepadan dengan usaha yang kamu lakukan.

 

Beri Komentar