Resume adalah Ringkasan Kualifikasi Profesional, Ternyata Beda dengan CV lho

Career | Kamis, 1 Juli 2021 19:41

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Resume adalah lembar singkat berisi pendidikan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus bisa 'menjual' pelamar. Beda dengan CV yang lebih menyoroti pada 'riwayat hidup'

Resume adalah satu lembar dokumen formal yang berisi kualifikasi profesional, termasuk diantaranya pengalaman kerja, ketrampilan, sertifikat, pendidikan dan prestasi penting yang pernah diraih. Resume harus bisa membantu seseorang untuk menunjukkan kemampuannya dan meyakinkan calon atasan bahwa dia memenuhi kualifikasi yang dicari.

Resume adalah bagian pertama dalam surat lamaran yang akan dilihat oleh calon atasan, jadi penting banget untuk menuliskan kualifikasi yang dimiliki secara akurat dan meyakinkan.

Resume adalah Ringkasan Kualifikasi Profesional, Ternyata Beda dengan CV lho
2 dari 4 halaman

Yang Harus Ada pada Resume

Resume adalahResume adalah © 2021 thejobnetwork.com

Dikutip dari Resume Genius, kata 'resume' berasal dari bahasa Prancis yang berarti 'ringkasan'. Dalam tingkat dasar, resume adalah selembar dokumen yang memuat lima bagian berikut:

Rincian Kontak

Berisi nama, nomor telpon dan alamat email aktif yang bisa dihubungi. Kamu juga bsia menambahkan profil LinkedIn kamu.

Pengantar

Adalah gambaran singkat tentang latar belakang profesional dan kualifikasi utama

Latar Belakang Pendidikan

Sertakan tempat kamu bersekolah atau kuliah, jurusan serta IPK. Jangan lupa juga cantumkan kursus yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Pengalaman Kerja

Tulis daftar riwayat kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar saat ini. Tulis juga jabatan, perusahana tempat bekerja, tahun bekerja, dan daftar tanggung jawab utama dan kesuksesan penting dalam pekerjaan tersebut.

Keterampilan yang Relevan

elain mencantumkan ketrmpilan yang relevan, penting juga untuk memasukkan daftar soft skill dan hardskill yang kamu miliki. Eits, pastikan skill tersebut sesuai dengan bidang yang kamu lamar ya

Banyak orang mengira kalau resume adalah dokumen yang memuat pengalaman profesional atau pendidikan. Padahal yang lebih tepat nih resume merupakan suatu dokumen yang bertujuan untuk meyakinkan atasan kalau penulisnya adalah orang yang tepat untuk diwawancarai.

Karena resume adalah dokumen yang bisa disesuaikan dengan lowongan, maka resume bisa diubah sesuai dengan kebutuhan.

3 dari 4 halaman

Resume adalah CV?

Resume adalahResume adalah © 2021 thejobnetwork.com

Sama-sama disertakan dalam lamaran pekerjaan, apakah resume adalah CV? Apa perbedaan keduanya?

Istilah CV adalah singkatan dari kata latin yakni 'Curriculum Vitae' yang secara hrfiah berarti diterjemahkan menjadi "jalan hidup ". Makanya, CV bisa dilihat sebagai deskripsi lengkap tentang semua yang pernah kamu lakukan, pencapaian, penelitian dan publikasi yang pernah kamu tulis.

CV nggak cuman digunakan untuk melamar pekerjaan aja, tapi biasnya juga disertakan untuk kebutuhan lain misalnya untuk melanjutkanpendidkan atau pengajuan beasiswa.

Makanya, nggak ada aturan praktis berapa lembar CV dibuat. Tergantung pada isinya, CV bisa terdiri dari 2 sampai 8 halaman.

Trus apa bedanya antara CV dengan resume?

Resume adalah dokumen singkat, langsung ke intinya dan hanya menyertakan pendidikan atau pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. Berbeda dengan CV, resume harus dibuat sesingkat mungkin namun tetap bisa meringkas semua kualitas pelamar.

Dilansir dari Novo Resume, resume yang baik memuat apa saja kontribusi spesifik yang pelamar lakukan dalam pekerjaan sebelumnya. Resume juga harus bisa menunjukkan bagaimana ketrampilan berbeda yang dimiliki pelamar bisa berguna untuk posisi yang dilamar.

4 dari 4 halaman

Resume Jurnal

Resume adalahResume adalah © 2021 Andrew Neel on Unsplash

Selain resume untuk keperluan melamar pekerjaan, dikenal juga resume jurnal yang merupakan ringkasan dari jurnal penelitian. Resume jurnal ditulis agar memudahkan pembaca jurnal memahami latar belakang, tujuan, teknik penelitian dan hasil penelitian yang didapat.

Tugas membuat resume kerap diberikan kepada mahasiswa agar mereka bisa memahami penulisan ilmiah dan isi dari jurnal itu sendiri. Untuk bisa menulsinya, ada tiga langkah yang haru kamu lakukan terlebih dahulu.

Membaca keseluruh isi jurnal
Mencatat ide pokok atau gagasan utama jurnal
Membuat resume berdasarkan pada ide pokok tersebut

Berikut isi resume jurnal :

  • Judul jurnal
  • Peneliti
  • Tahun penelitian
  • Latar belakang
  • Metode penelitian
  • Hasil dan pembahasan
  • Kesimpulan

Secara umum, resume adalah ringkasan baik untuk peruntukan dalam melamar pekerjaan atau keperluan meringkas jurnal agar lebih mudha dipahami.

Join Diadona.id