Startup adalah Bisnis Rintisan Berbasis Digital, ini Karakteristiknya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 20 April 2021 15:56
Startup adalah Bisnis Rintisan Berbasis Digital, ini Karakteristiknya
Startup adalah perusahaan baru dengan banyak karakteristik yang membuatnya berbeda dengan online shop atau perusahaan biasa. Apa bedanya?

Melansir Investopedia, start up adalah perusahaan baru yang didirikan oleh satu atau dua pengusaha untuk mengembangkan produk atau layaan unik dan membawanya ke pasar. Sesuai dengan sifatnya, startup adalah perusahaan yang cenderung beroperasi dengan sedikit uang. Pendanaan awalnya didapat dari pendiri atau orang terdekat mereka.

Secara umum, startup adalah perusahan yang berjalan kurang dari lima tahun, sehingga perusahaan ini juga disebut dengan perusahaan rintisan. Dikutip dari Cohive, sejak tahun 2000-an, terdapat pergeseran makna startup seiring dengan makin banyaknya industri yang menggunakan domain dot-com.

Lebih lanjut mengenai apa itu starpup, perusahana startup dan apa bedanya dengan bisnis berbasis teknologi lainnya, simak dulu yuk uraian Diadona ini.

1 dari 3 halaman

Startup Adalah Perusahaan Rintisan

Startup Adalah © Diadona

Bila awalnya startup adalah suatu sebutan untuk industri yang baru berjalan, kini, startup adalah perushaan baru yang menggunakan inovasi teknologi dalam emnjalankan core bisnisnya. Tujuan dibangunnya perusahaan startup ini adalah untuk memecahkan masalah yang ada di masyarakat. Sehingga, startup memiliki makna bukan hanya perushaan yang baru didirikan namun sebuah indutri baru di tengah pasar.

Co-Founder dan CEO Startups.co Wil Schroter memiliki definisi sendiri tentang apa itu startup.

Menurutnya, startup adalah perwujudan nyata dari mimpi seorang pendiri. Startup mewakili perjalanan dari konsep yang menuju kenyataan. Nah, dari definisi tersebut akan mengantarkan kita tentang apa itu perusahaan startup dan apa yang membedakannya dengan bisnis lainnya.

2 dari 3 halaman

Perusahaan Start Up atau Startup Company

Startup Adalah © Diadona

Startup (atau startup-up) adalah perusahaan yang baru berkembang. Yang membedakan dnegan perushaan lainnya adalah perusahaan startup dimulai dengan 1-3 orang pendrii yang berfokus pada pemecahan suatu masalah dan permintaan pasar dengan mengembangkan produk, layanan atau platform yang layak.

Tapi itu adalah definisi perusahaan startup secara teknis. Faktanya, pendiri startup merumuskan sesuatu yang lebih kompleks dari itu.

Pemecahan Masalah

Cara paling mudah memahami apa itu perusahaan startup adalah : pemecahan masalah.

Jochem Wijnands menjelaskan kalau perushaan startup layaknay seorang penemu. Dia mendapati ada masalah lalu mencoba menyelesaikan dengan kecerdasan dan teknologi. Dan startup yang sukses adalah mereka yang berhasil memecahkan masalah itu serta membuat dunia jadi tempat tinggal yang lebih baik.

Perusahaan Startup Punya Peran Penting dalam Hidup

Menurut Sacha Nitsetska, pendiri MentoForward, startup adalah suatu bisnis yabng saking baru da telah berhasil mengubah dunia, maka seolah-olah kita nggak bisa hidup tanpa mereka. Ambil contoh deh perusahaan startup transportasi online yang sudah berhasil mengubah gimana cara kita bertransportasi dan konsumsi. Berapa banyak kita terbantu oleh kehadiran mereka dan bisa bayangin nggak kalau tiba-tiba mereka menghilang?

Terus Menyesuaikan Pasar

Startup adalah perusahaan yang mencari produk dan kesuaian pasar, menurut Joshua Feinberg, Co-Founder dari SP Home Run, startup konsultasi manajemen.

Menurutnya, perusahaan startup akan terus mencoba mengidentifikasi pelanggan yang ideal, produk dan layanan mana aja yang jadi favorit, pada titik harga berapa serta seberapa sereing konsumen melakukan pembelian.

Selain meningkatkan modal, mereka terus melacak dan meningkatkan panjang sikjlus penjualan, biaya akuisiis pelanggan dan lainnya.

Mengisi Celah Pasar

Secara teknis, peruyshaan startup adalah perusahaan atau bisnis yang baru dibentuk dan berkembang pesat yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan atau celah di pasar yang relevan.

Dari uraian Diadona tersebut menerangkan bahwa istilah startup tidak memiliki batasan yang ditentukan.

3 dari 3 halaman

Start Up Digital Adalah Startup Berbasis Teknologi

Startup Adalah © Diadona

Startup digital adalah sebutan untuk perusahaan startup yang memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan solusi dari permasalahan. Contoh paling mudah adalah Gojek, Grab yang emmanfaatkan digitalisasi teknologi untuk menghadirkan transportasi yang efisien.

Ada beberapa langkah yang harsu dilakukan dalam pengembangan startup, diantaranya:

Validasi Ide

Diawali dengan merumuskan latar belakang masalah yang ingin dipecahkan, apakah ada orang lain yang akan dirugikan dari pendirian startup serta solusi apa yang ingin ditawarkan.

Rencana Bisnis

Tentukan tujuan rencana bisnis, tahapan yang akan dilakukan, cara merealisasikan rencana yang telah tersusun.

Riset

Sebelum operasi benar-benar dilakukan, perushaan startup sebaiknya telah mematangkan riset mereka. Riset tersebut menyangkut penggunaan platform di masyarakat, media sosial yang digunakan dan tren yang saat ini sedang berkembang dan diikuti masyarakat.

Penguasaan Teknologi

Tidak semua startup berbasis digital. Namun, sebagi perusahaan perintis, wawasan teknologi seharusnya menjadi nilai utama agar bisnis terus berkembang.

Orisinil

Memang sih tak ada ide yang benar-benar baru di dunia. Kalaupun ada, biasanya dia adalah bentuk perkembangan dari ide yang pernah ada. Namun demi membangun startup yang sukses, pikirkan ide yang unik, solutif dan inovatif.

Konsisten

Ide yang ciamik, penguasaan teknologi yang mumpuni dan aspek lainnya tak akan bisa berkembang bila tidak didukung dengan konsisten dalam menjalankannya.

Startup adalah perusahaan yang terus berkembang mengikuti pasar. Dari definisi secara terknis membedakan antara tartup dengan onlineshop.

Beri Komentar