Studi: Peningkatan Produktivitas Ternyata Bisa Dipengaruhi oleh Satu Kebaikan Kecil yang Diterima

Career | Senin, 29 Juni 2020 10:15
Studi: Peningkatan Produktivitas Ternyata Bisa Dipengaruhi oleh Satu Kebaikan Kecil yang Diterima

Reporter : Olivia Lidya Elsanty

Peningkatan produktivitas nggak selalu karena iming-iming bonus gaji kok.

Seringkali, keberhasilan suatu bisnis dipengaruhi oleh produktivitas karyawan. Tapi ternyata bener juga loh, di balik bisnis yang sukses pasti ada karyawan yang produktif dan bahagia.

Merangkum dari Times of India, sebuah penelitian telah dilakukan untuk mengetahui faktor apakah yang membuat karyawan menjadi lebih produktif. Meski banyak yang beranggapan bahwa besaran gaji dan kecilnya tuntutan pekerjaan menjadi pemicunya, ternyata ada hal lain yang justru nggak begitu diperhitungkan.

2 dari 3 halaman

 Ilustrasi Pekerja BahagiaIlustrasi Pekerja Bahagia © shutterstock.com/g/Denys Kovtun

Profesor Zhong dari Penn State menemukan trik lain yang bisa diterapkan jika ingin mendorong karyawan jadi lebih produktif. Dalam penelitian tersebut, para partisipan (karyawan) diberi 'kebaikan tidak terduga' berupa tambahan porsi buah segar dalam kotak makan siangnya.

3 dari 3 halaman

Penelitian ini tentunya juga melibatkan survey tentang produktivitas dan motivasi karyawan sebelum dan sesudah mengalami kebaikan-kebaikan kecil yang tidak terduga tersebut. Profesor Zhong menyatakan, bahwa karyawan yang menerima kebaikan kecil cenderung mengalami penurunan tingkat depresi secara signifikan.

Tim peneliti menyatakan, kebaikan sekecil apapun yang diterima di tempat kerja sebenarnya memberi dampak yang tidak terduga. Jadi, akan lebih baik jika sesama karyawan atau bahkan bos saling memberi kebaikan kecil. Meski terlihat sepele, dampaknya justru berpengaruh pada kesehatan mental dan kinerja karyawan.

Terkait
Join Diadona.id