Sudah Melakukan Banyak Wawancara tapi Belum Diterima Juga, Salahnya di Mana ya?

Career | Selasa, 8 Juni 2021 12:57
Sudah Melakukan Banyak Wawancara tapi Belum Diterima Juga, Salahnya di Mana ya?

Reporter : Mila Ismiranda

Apa sih yang bikin kamu belum dapat panggilan kerja?

Jika kamu sudah mengikuti banyak wawancara tapi belum menerima tawaran pekerjaan apa pun, jangan khawatir karena kamu tidak sendirian. Mendapatkan sebuah pekerjaan memang bukan hal yang mudah, terlebih di jaman dengan persaingan yang ketat seperti saat ini.

Perlu diketahui, ada beberapa faktor yang bisa membuatmu belum keterima kerja. Apa saja? Langsung perhatikan artikel selengkapnya ya!

2 dari 4 halaman

Kurangnya Persiapan

Ini adalah alasan yang sangat mendasar, namun sering terjadi. Kurangnya persiapan membuat hasil wawancara tidak maksimal.

Solusinya adalah lakukan persiapan dengan matang. Selain itu, gali potensi diri yang ingin disampaikan kepada pewawancara. Kamu bisa berlatih layaknya sebuah simulasi wawancara. Untuk makin siap, tidak ada salahnya kamu menonton tips wawancara dan menjawab pertanyaan yang ada di youtube.

3 dari 4 halaman

Kelelahan Wawancara

Kelelahan wawancara adalah masalah yang bisa menyabotase hasil wawancaramu. Kamu sudah terlalu banyak melakukan wawancara sampai-sampai merasa lelah.

Bagaimana solusinya? Cobalah untuk memilah-milah lamaran sebelum benar-benar dikirimkan. Ibarat menembakkan peluru, pastikan sasaran yang hendak kamu tembak adalah sesuatu yang benar-benar kamu inginkan, jangan hanya buang-buang amunisi atau tenaga saja.

4 dari 4 halaman

Faktor Eksternal

Tidak bisa dipungkiri, ada faktor eksternal yang dimana tidak bisa kamu kendalikan. Tidak peduli seberapa baiknya kamu melakukannya.

Misalnya saja perusahaan sudah memutuskan seseorang secara internal, tapi kebijakan perusahaan mengatakan setidaknya beberapa kandidat eksternal harus diwawancarai. Termasuk juga seorang anggota keluarga atau teman dari seorang karyawan dipekerjakan.

Kalau hal ini terjadi, bukan salahmu. Karena setiap perusahaan mempunyai caranya masing-masing.

Sekali lagi, tetap semangat dan semoga kamu bisa keterima kerja di perusahaan impianmu secepatnya.

Join Diadona.id