Sukses dengan Ikea Makeover, MUA Ikawati Fitria Bagikan Perjalanan Karirnya

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 8 Oktober 2020 07:00
Sukses dengan Ikea Makeover, MUA Ikawati Fitria Bagikan Perjalanan Karirnya
Jatuh bangun meniti karir sebagai seorang MUA, Ikawati Fitria ceritakan kisahnya.

Ikawati Fitria merupakan makeup artist yang dikenal melalui akun Instagramnya Ikea Makeover. Menjadi seorang MUA ternama yang juga dipercaya oleh kalangan selebriti, Ika kini memutuskan untuk menjadi seorang full time makeup artist.

Meninggalkan pekerjaan sebelumnya dan memilih menjadi seorang MUA tentu bukan keputusan yang mudah. Dengan berbagai pertimbangan dan jatuh bangun dalam perjalanan karirnya, MUA asal Malang ini membagikan ceritanya dalam membangun Ikea Makeover.

1 dari 7 halaman

Tertarik Makeup Sejak Kecil

MUA Ikawati Fitria © Diadona


Berawal dari hobi, mungkin itu lah salah satu alasan yang membuat Ika akhirnya menjadi seorang MUA. Ia mengaku jika sejak berada di bangku sekolah dasar, ia memang senang bermain makeup,
" Pertamanya tuh aku emang dari kecil suka makeup. Jadi dari aku sd, sepupu aku yang masih kecil, masih tk itu suka aku dandanin. Dari kecil centil banget, suka pake lipstik suka dandan" ungkapnya.

Waktu berlalu, pada masa remajanya pun Ika mengikuti beberapa kelas modeling yang membuatnya makin tertarik dengan dunia makeup,

" Waktu SMA aku juga suka ikut lomba modeling. Kan di makeup tuh, seneng aja gitu ngelihat orang yang bisa ngerubah wajah aku sesuai sama yang aku pengen." jelas MUA yang kini berbasis di Bogor ini.

2 dari 7 halaman

Memutuskan Menjadi Makeup Artis

MUA Ikawati Fitria © Diadona


Keputusan menjadi seorang MUA tidak mudah bagi Ika. Terlebih ia saat itu telah bekerja disebuah perusahaan ternama. Kerap menonton konten seorang Beauty Vlogger Michelle Phan dan dengan beberapa faktor lainnya,  hal ini menguatkan tekad Ika untuk menjadi seorang makeup artis.

" Jaman dulu kan aku udah nonton Youtube, aku nontonnya yang luar negeri, Michelle Phan itu yang pertama. Karena saat itu belum banyak beauty vlogger Indonesia di Youtube." ucap Ika.

Ika pun membulatkan niatnya dengan membeli makeup dan alat-alatnya. Bermodal minim, Ika mengakui merogoh kantong sebanyak Rp 2 juta rupiah untuk awal barang-barang makeupnya.

" Aku inget banget dulu di deket kantor aku ada pasar baru, inget banget dulu modalnya tuh Rp 2 Juta. Karena aku beli brand yang belum mahal-mahal. Kalau sekarang kalau Rp 2 juta cuma bisa buat apa, concealer sama highlighter kali ya." jelas Ika.

3 dari 7 halaman

Awalnya Tak Percaya Diri

MUA Ikawati Fitria © Diadona

Ika pun mengungkapkan jika awalnya ia tak merasa percaya diri dengan hasil makeupnya. Uniknya, Ika melihat temannya yang begitu pede menunjukkan hasil makeupnya. Hal ini lantas memicunya untuk segera mendalami makeup artis meski masih dengan skill dan tools yang minim,

" Jadi aku terinspirasi dari temen aku, dia aja pede kenapa aku nggak. Wah aku juga bisa nih, dari situ aku bikin Instagram. Di tahun 2013 aku inget banget jarang orang makeup artis."

Ika pun memulai karirnya di tahun 2013 tersebut dengan sebuah unggahan foto di akun Instagramnya dan bertemulah ia dengan klien pertamanya untuk makeup wisuda, " Aku makeup aku posting, makeup-in saudara aku, aku posting. Nah dari situ ada tuh client pertama aku yang minta di makeup-in wisuda" ucapnya.

4 dari 7 halaman

Hadapi Momen Berat

      View this post on Instagram

A post shared by INDONESIAN MAKE UP ARTIST (@ikeamakeover) on

Tak melulu lancar menuju kesuksesannya, Ika mengungkapkan sebuah cerita di awal karirnya yang hingga saat ini pun masih membuatnya menangis tiap mengingat atau bahkan menceritakannya.

Banyak menerima tawaran makeup wisuda, Ika menyewa sebuah kamar hotel yang digunakan untuk makeup. Tak bermaksud membohongi pemilik hotel, namun ia sampai diberi teguran keras oleh pemilik karena membawa terlalu banyak orang ke dalam kamar hingga area sekitarnya

"Jadi pas waktu 2 atau 4, kan masih bisa di masukin kamar hotel tuh. Sampe akhirnya ke 20 orang, itu aku ke gap. Sebenernya emang banyak MUA yang begitu. Cuma kebetulan hari itu aku banyak." ucapnya.

"Akhirnya ketahuan tuh sama yang punya, aku di damprat abis-abisan. Padahal aku book kamar yang besar. Di deket kamar itu ada kayak loteng yang kosong nggak dipake atau dilewatin juga, terus aku pake area itu." tambah Ika.

Hal yang membuatnya terus mengingat momen ini adalah karena ia pada saat itu sedang hamil. Meski tak ditegur didepan umum, namun Ika mengaku jika dirinya sangat sedih dengan ucapan pemilik hotel tersebut.

Bahkan ketika ia hendak menyewa ruangan di tempat tersebut lagi, tak tanggung-tanggung pemilik hotel pun sampai tak memperbolehkannya.

5 dari 7 halaman

Lonjakan Karir

      View this post on Instagram

A post shared by INDONESIAN MAKE UP ARTIST (@ikeamakeover) on


Beberapa kali mengalami hal yang tak mulus dalam karir sebagai MUA, Ika juga turut mengungkapkan titik yang membuat karirnya melonjak. Menurutnya hal ini bermula ketika dirinya mengunggah beberapa foto dari ajang Putri Muslimah, bahkan momen ini membuat followersnya meningkat sampai 20 ribu lho.

"Sebenernya yang bikin IG aku followersnya lumayan banyak tuh aku foto studio Putri Muslimah, nah itu aku post. Sehari itu followers aku nambah 20ribu. Banyak yang komen, sampe DM aku isinya seribu" ucap Ika.

Tak lama setelahnya pun Ika kembali mengalami lonjakan followers hingga 80ribu, terlebih setelah diminta menjadi MUA untuk pernikahan selebgram Hamida Rachmayanti,

"Akhirnya nggak lama dari momen itu, Mida kan kan minta di makeupin wedding. Terus itu nambah tuh lima ribu lagi sampai mencapai 40 ribu waktu itu. Sampai sekarang nambah terus jadi 80 ribu." jelasnya.

Tak berhenti disitu, beberapa artis mulai memercayakan makeupnya pada Ika. Deretan selebriti yang pernah di makeup oleh Ika adalah Hamida Rahmayanti, Tasya Kamila, Aurelie Hermansyah, Ashanty, Nola B3, Mawar Eva, Aghnia Punjabi, Dinda Hauw, Novi Ex.Cherybelle, Mikhayla Patrice, Jennifer Eve, dan sederet pemenang kontes Putri Muslimah.

"Kayak yang Aurel Ashanty itu managernya yang kontak aku. Kalau yang Tasya Kamila itu karena manten aku dulu tuh asistennya Tasya Kamila. Dinda Hauw juga, kan biasa makeup sama temen aku, terus si temen aku nggak bisa. Terus temen aku rekomendasiin aku." ujar Ika.

6 dari 7 halaman

Pentingnya Karakter Sebagai Seorang MUA

      View this post on Instagram

A post shared by INDONESIAN MAKE UP ARTIST (@ikeamakeover) on

 

Kini makeup artis adalah profesi yang banyak diminati. Namun hal ini tak mengecilkan usaha Ika dalam meningkatkan karirnya, menurutnya ia memiliki beberapa hal yang membuatnya berbeda dan dapat berkembang lebih sebagai seorang MUA. Tak hanya skill, namun background pendidikannya juga turut membantu lho.

"Kalau menurut aku semua makeup kan bagus, tiap MUA punya karakter masing-masing. Tapi aku ngerasa background yang aku punya secara pendidikan dan pengalaman kerja itu menopang aku banget. Ngerasanya aku punya bekal yang membantu banget karir aku sekarang. Aku jadi bisa bikin SWOT Analisis dan riset yang lain-lain" ungkapnya.

Selain itu Ika mengakui jika kepribadian adalah faktor yang penting bagi seorang MUA. Ika ingin menunjukkan jika dengan membangun personal branding dengan baik, ini pun menjadi penilaian tersendiri bagi klien.

"Mereka juga liat kepribadian aku juga, personality brand nya. Ini bukan semata-mata untuk bisnis tapi emang ini pribadi aku yang sebenarnya. Kayak aku tuh nggak cuma makeup artis yang makeup aja, tapi aku juga membagikan cerita aku." ungkapnya.

 

"Aku tuh nggak cuma makeup artis yang makeup aja, tapi aku juga membagikan cerita aku"

Ikawati Fitria

7 dari 7 halaman

Pencapaian Hingga Saat Ini

      View this post on Instagram

A post shared by INDONESIAN MAKE UP ARTIST (@ikeamakeover) on

Kini menjadi Makeup artis yang ternama, Ika bersyukur jika dirinya kini telah memiliki gallery atas busananya dan beberapa MUA freelancer. Meski begitu, Ika mengakui jika sebenarnya dalam berkarir ia tak memiliki banyak mimpi
"Alhamdulillah sekarang punya rumah yang khusus gallery sendiri. Mempekerjakan makeup freelancer.Target atau pencapaianku itu nggak pernah muluk-muluk. Karena aku sesuaikan dengan kondisi aku saat ini, yang penting bisa mem-balance-kan antara kerjaan dan keluarga. Jadi one step little dream gitu."

Namun ketika ditanya mengenai impiannya, Ika mengungkapkan jika ia berharap dapat memiliki cabang atas gallerynya. Ia menyebutkan tiga kota yang menjadi keinginannya, yaitu Jakarta, bogor dan Malang.

"Impian aku tuh pengen buka di Malang, tapi khusus attire aja. Sama pengen di Jakarta, jadi impiannya tiga cabang itu. Bismillah." harapnya.

Keren banget ya MUA satu ini. Melalui karir yang sempat up and down membuat Ika meyakini jika karakter dan menunjukkan sisi unik diri sendiri adalah hal yang penting dalam hidupnya. Keep it up, Ika!

 

"Try to find your own uniqness and identity, jadi dimana pun kita berada selalu jadi be the best version of yourself."

Ikawati Fitria

Beri Komentar