Tatanan Meja Kerja Ternyata Bisa Mengungkap Kepribadian, Kamu Tim Rapi atau Berantakan nih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 23 Juni 2020 10:15
Tatanan Meja Kerja Ternyata Bisa Mengungkap Kepribadian, Kamu Tim Rapi atau Berantakan nih?
Kira-kira manakah yang lebih baik?

Meja kerja yang kita tempati seringkali sudah jadi 'hak milik' yang bebas mau diatur seperti apa. Ada yang suka menatanya sedemikian rupa sampai terlihat rapi, tapi ada juga yang sengaja membiarkannya begitu aja sampai terkesan berantakan.

Tapi tau nggak sih, tatanan meja kerja ternyata bisa mengungkap kepribadian dan gaya kerja si pemiliknya lho. Mengutip dari Times of India, hal ini telah diteliti oleh tim dari University of Minnesota.

1 dari 3 halaman

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Association for Psychological Science ini telah melakukan serangkaian percobaan pada sejumlah partisipan. Mereka diminta untuk mengisi kuesioner, diberi kesempatan untuk menyumbangkan uang, serta diminta memilih apel atau cokelat sebagai camilan.

Ilustrasi Meja Kerja Rapi © Diadona

Hasilnya, karyawan dengan meja yang tertata rapi dan bersih cenderung melakukan apa yang diharapkan dari mereka. Peneliti juga menyimpulkan bahwa tipikal karyawan semacam ini cenderung lebih murah hati dan memiliki kebiasaan makan yang sehat.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Meja Kerja Berantakan © Diadona

Sedangkan karyawan dengan tatanan meja kerja yang lebih berantakan, cenderung menghasilkan ide-ide yang menarik dan kreatif. Mereka pun seringkali memberikan pemikiran yang out of the box.

Kathleen Vohs, salah satu peneliti dari tim tersebut menyatakan bahwa karyawan dengan meja kerja yang rapi cenderung lebih suka berada di zona nyaman. Sedangkan karyawan dengan meja kerja berantakan, cenderung lebih suka tugas baru dan tertantang untuk mengambil risiko.

3 dari 3 halaman

Tim peneliti menarik suatu kesimpulan, yakni pikiran kita sebenarnya dirancang untuk tetap teratur dalam berbagai situasi. Tapi manakala ada sesuatu yang terlihat kacau dan berantakan, seseorang justru lebih termotivasi untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan pekerjaan.

Beri Komentar