Tuntutan Pekerjaan yang Berlebihan Ternyata Berisiko Menaikkan Berat Badan Perempuan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 16 Juni 2020 10:15
Tuntutan Pekerjaan yang Berlebihan Ternyata Berisiko Menaikkan Berat Badan Perempuan
Oow, jarum timbangan makin geser ke kanan!

Di zaman sekarang, hampir sebagian besar orang menghabiskan waktunya untuk bekerja. Dan sayangnya pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan nggak banyak melibatkan aktivitas fisik.

Maka nggak mengherankan jika kondisi tersebut mengancam kesehatan hampir semua pekerja. Bahkan kadangkala, stres akibat tuntutan pekerjaan jika bisa memperburuk keadaan lho.

1 dari 3 halaman

Merangkum dari Times of India, sebuah penelitian yang dilakukan di Sahlgrenska Academy, University of Gothenburg, menyatakan bahwa perempuan cenderung mengalami kenaikan berat badan jika mendapatkan tuntutan pekerjaan yang berlebihan. Sofia Klingberg, penulis studi tersebut menambahkan, hal tersebut justru tidak terjadi pada laki-laki.

Studi tersebut telah melakukan pengamatan pada 3.872 peserta selama 20 tahun. Hingga menghasilkan suatu kesimpulan jika hampir 50% perempuan yang stres akibat tuntutan pekerjaan yang berat mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Karier © Diadona

Peneliti belum menemukan penyebab pasti keterkaitan dua hal tersebut. Sementara ini, peneliti menduga jika hal ini dilatarbelakangi oleh peran ganda yang dilakukan wanita karir.

Klingberg menyatakan saat wanita harus bertanggung jawab atas pekerjaan dan kehidupannya sehari-hari, mereka cenderung tidak punya banyak waktu untuk berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat.

3 dari 3 halaman

Hal semacam ini akan menjadi semakin parah manakala mereka tidak memiliki kontrol atas pekerjaan yang dilakukannya. Kontrol yang rendah pada suatu pekerjaan, cenderung membuat mereka lebih sering mengalami kenaikan berat badan.

Untuk mengatasi hal ini tentu aja perempuan perlu mulai mengontrol setiap pekerjaannya. Jangan terpaku sepanjang waktu hanya untuk bekerja. Tapi selalu sempatkanlah sedikit waktu untuk sekadar berjalan-jalan atau merilekskan otot yang menegang.

Beri Komentar