Uang Jajan Masih Kurang Aja? 10 Pekerjaan Sampingan ini Bisa Dicoba Para Mahasiswa loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 14 Mei 2020 11:15
Uang Jajan Masih Kurang Aja? 10 Pekerjaan Sampingan ini Bisa Dicoba Para Mahasiswa loh!
Lumayan nih buat nambah pemasukan!

Yang namanya mahasiswa tuh kadang suka 'kekurangan' masalah uang jajan. Mau kerja takut kuliah malah terbengkalai, mau minta orang tua tapi sungkan.

Eits, nggak usah bingung. Kamu bisa nyobain pekerjaan sampingan atau part time lho. Nggak cuma menyalurkan kemampuan, tapi bisa juga untuk mengisi waktu luang atau bahkan menambah pemasukan.

1 dari 5 halaman

1. Online Shop

Ilustrasi Menjalankan Bisnis Online © Diadona

Online Shop memang sudah menjamur di kalangan mahasiswa, tapi bukan berarti kamu nggak boleh ikutan. Cobain aja usaha ini, lagipula ada 3 cara yang bisa kamu lakuin lho. Bisa dengan menjual produk dengan sistem dropshipping, reseller, atau justru menjual produk sendiri.

2. Freelancer

Jaman sekarang, pekerjaan freelancer memang paling digemari karena bisa dikerjakan dari rumah. Ada banyak hal bisa dicoba, seperti content writer atau juga web designer. Meski berstatus freelancer, kamu tetap harus bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu yang disepakati ya.

2 dari 5 halaman

3. Menjual Paket Data, Pulsa Elektrik, dan Token Listrik

Ilustrasi Mengecek Ponsel © Diadona

Sebagai mahasiswa yang ngekost, pasti udah nggak asing dengan kebutuhan paket data, pulsa atau bahkan token listrik. Nah, tentu aja ini bisa jadi lahan bisnis buatmu. Apalagi usaha ini terhitung gampang banget, jadi bisa buat sampingan nih!

4. Les Private

Membuka les privat tentu aja harus dibarengi dengan kemampuan dan keahlian untuk mengajar. Kamu bisa datang dari rumah ke rumah. Dan apabila hasilmu mengajar cukup memuaskan, kamu bisa lebih mudah mendapatkan anak didik baru dong.

3 dari 5 halaman

5. Usaha Makanan Ringan

Ilustrasi Buket Snack © Diadona

Ngemil tuh emang udah sepaket dengan nugas, jadi bisa dipastikan bakal laris juga. Tapi jangan asal berjualan ya, pilihlah camilan-camilan yang emang favorit dan jangan lupa untuk menjualnya dengan harga terjangkau ya..

6. Penerjemah

Kesempatan yang satu ini biasanya terbuka bagi mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa. Kemampuan yang kamu miliki, sebaiknya jangan dianggurin begitu aja. Meski terhitung sebagai freelancer, kamu bisa mematok harga per kata atau mungkin per halaman sekaligus.

4 dari 5 halaman

7. Fotografer

Ilustrasi Fotografer © Diadona

Kalau kamu punya keahlian di bidang fotografi, nggak ada salahnya untuk nyambi kuliah sambil jadi fotografer loh. Apalagi dengan berbagai event yang butuh diabadikan, dijamin fotografer pasti sering dicari. Kalau kamu belum pede bekerja sendirian, kamu bisa join bareng teman sesama fotografer kok.

8. Surveyor

Yang satu ini juga layak dicoba, daripada kamu diem-diem bae dan hanya menunggu pemasukan dari orang tua. Beberapa perusahaan swasta atau kadang milik pemerintah, biasanya memerlukan tenaga kerja untuk melakukan survey. Coba apply deh!

5 dari 5 halaman

9. Pelayan di Kafe atau Restoran

Ilustrasi Kerja Part Time di Kafe © Diadona

Salah satu pekerjaan yang juga bisa kamu coba jika ingin menambah uang saku yakni dengan menjadi pelayan di kafe atau restoran. Kamu bisa mencari lowongan part time di kafe atau restoran yang dekat dengan tempat tinggalmu.

10. Shopkeeper

Biasanya, anak kuliahan tuh suka banget belanja-belanja ke distro atau toko pakaian. Nah, daripada terus-terusan belanja, coba deh sekali-kali melamar kerja jadi penjaga toko di distro langgananmu. Kamu bisa tetap belanja, tetap dapat uang, dan selalu up to date soal fashion.


Nah, udah kepikiran belum mau ambil pekerjaan sampingan yang mana?

Beri Komentar