Wahai Para First Jobber, Ini lho CV yang Menarik Menurut HRD!

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 22 Juli 2020 13:16
Wahai Para First Jobber, Ini lho CV yang Menarik Menurut HRD!
Bisa pakai curi hati HRD nih!

Tampilan Curriculum Vitae (CV) tentu punya pengaruh pada kemungkinan diterima tidaknya seseorang saat mencari kerja. Oleh karena itu, di zaman kreatif seperti sekarang, banyak orang berlomba untuk membuat CV semenarik mungkin, yang bermain dengan template dan font yang menarik, di luar dari redaksi yang ada di dalamnya.

Jadi, jika kamu bermain dalam zona nyamanmu, dengan hanya menyetorkan CV yang biasa-biasa saja, wajar jika tak ada panggilan kembali dari perusahaan untukmu.

Melansir dari Forbes, ada sebuah fakta menarik yang dikemukakan langsung oleh HRD, bahwa selama ini mereka hanya memerlukan waktu 7,4 detik saja untuk menentukan apakah sebuah CV layak diproses atau tidak. Untuk membuat HRD impresif, yuk kenali dan buat CV yang menarik bagi HRD!

1 dari 3 halaman

1. Yakinlah dengan Posisi yang Kamu Pilih

Ilustrasi Pencari Kerja © Diadona

Menunjukkan seberapa besar kolerasi antara posisi yang kamu inginkan dengan minat yang kamu punya, akan menunjukkan kalau kamu yakin dengan posisi yang kamu incar di perusahaan itu. Jangan malah sebaliknya, posisi yang tecantum di CV-mu malah tak ada pendukung skill apapun dari pengalamanmu.

Kamu malah akan terlihat hanya main-main dan tidak serius. Besar kemungkinan HRD akan lebih memilih orang yang punya skill atau pengalaman yang selaras dengan posisi yang ia inginkan di CV.

2 dari 3 halaman

2. Jangan Buat CV yang Boros!

Ilustrasi Pencari Kerja © Diadona

Jangan berpikir makin terlihat penuh CV-mu, maka HRD akan makin tertarik, tidak! Cantumkanlah pengalamanmu yang paling gemilang, dan relevan dengan bidang apa yang kamu inginkan di perusahaan itu.

Misalnya, jika kamu melamar kerja menjadi marketing, pengalaman juara bertahan dalam bernyanyi solo tentu tak dibutuhkan dalam hal ini. Jadi, jangan boros, cantumkan yang relevan saja.

3 dari 3 halaman

3. Gunakan Template yang Sesuai

Ilustrasi Pencari Kerja © Diadona

Template jika melamar kerja di bidang perbankan tentu akan berbeda jika melamar pekerjaan di bidang kreatif. Pahami karakter posisi pekerjaan yang kamu akan lamar. Ini akan memberikan pengaruh besar bagi cerminan dirimu yang tergambar pada template CV-mu.

Semoga membantu, dan tetap semangat ya!

Beri Komentar