10 Nama-nama Negara ASEAN beserta Profil Singkatnya

D-Stories | Senin, 6 Desember 2021 20:28

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Di bawah ini daftar nama nama negara ASEAN beserta hubungannya dengan organisasi tersebut

Dilansir dari halaman resmi ASEAN, di tanggal 8 Agustus 1967, limapemimpin yang terdiri dari Menteri Luar Negeri Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand – duduk bersama di aula utama gedung Departemen Luar Negeri di Bangkok, Thailand dan menandatangani sebuah dokumen. Dokumen terebut selanjutnya menjadi kelahiran dari Association of Southeast Asian Nations (ASEAN.

Dokumen tersebut berisi pernyatan sederhana yang menjabarkan maksud dan tujuan organisasi AEAN ini. Secara lebih rinci, maksud dan tujuan tersebut berkaitan dengan kerja sama di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, pendidikan dan bidang lainnya, dan dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional melalui penghormatan terhadap keadilan dan supremasi hukum dan kepatuhan pada prinsip-prinsip Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kini, organisasi ASEAN memiliki 10 anggota. Nama nama negara ASEAN tersebut adalah:

10 Nama-nama Negara ASEAN beserta Profil Singkatnya
2 dari 4 halaman

Nama-nama Negara ASEANNama-nama Negara ASEAN © asean.org

Indonesia

Dalam nama-nama negara ASEAN, Indonesia bisa dibilang merupakan salah satu negara memprakarsa ASEAN. Disebutkan oleh Dewi Fortuna Anwar, setelah ASEAN dibentuk, penekanan-penekanan yang dilakukan oleh Indonesia ditambah kontribusi substansialnya terhadap kerja sama regional membuat negara ini dihormati dan diakui oleh anggota lain sebagai primus inter pares ' atau 'pertama di antara yang sederajat'

Brunei Darussalam

Brunei Darussalam bergabung dengan ASEAN pada 7 Januari 1984, hanya berselang satu minggu setelah kemerdekaannya. Di tahun yang sama, Brunei Darussalam menjadi anggota PBB.

Dalam nama nama negara ASEAN, Brunei Darusaalam adalah negara kecil. Julah penduduknya kurng dari setengah juta, tapi memiliki salah satu tingkat stabilitas makroekonomi tertinggi di dunia. Selain itu, negara ini juga menawarkan kualitas hidup yang tinggi.

Kamboja

Diantara nama nama negara ASEAN, Kamboja adalah yang paling terakhir bergabung, yakni pada 30 April 1999. Padahal, Kamboja telah merdeka dari penjajahan Prancis pada 9 November 1953.

Mengapa? Alasan utama yakni masalah politik internal di negara tersebut.

3 dari 4 halaman

Nama-nama Negara ASEANNama-nama Negara ASEAN © asean.org

Laos

Laos resmi masuk menjadi anggota nama nama negara ASEAN pada 23 Juli 1997. Keikutsertaan Laos menjadi anggota ASEAN kemungkinan menorong pemerintah Laos utuk lebih terbuka pada perusahaan swasta dan investor asing. Tercatat di tahun 2008 hingga 2012, pertumbuhan ekonominya naik sebesar 7%.

Malaysia

Sebagai anggota ASEAN, Malaysia punya peran penting dalam memfasilitasi dan membentuk keseluruhan kemajuan dan perkembangan ASEAN selama lima dekade sejak didirikan. Berbagai program dan insentif telah diusulkan dilaksanakan oleh Malaysia di tingkat ASEAN, sebagai bukti partisipasi mereka dalam organisasi ini. Malaysia adalah satu dari lima negara yang memprakarsai deklarasi Bangkok.

Myanmar

Kasus genosida Rohingya yang meletus di Myanmar pada Agustus 2017 lalu menciptakan kecaman global yang menuntut ASEAN mengambil tindakan. Sayangnya, banyak pihak yang menilai peran ASEAN kurang kuat dalam merespon krisis kemanusiaan di Myanmar ini. Prinsip non intervensi yang dianut ASEAN dianggap terlalu rigid. Myanmar menjadi anggota ASEAN pada 23 Juli 1997.

Filipina

Filipina adalah nama nama negara ASEAN berpenghasilan menengah. Namun saat ini, Filipina dianggap sebagai macan baru di Asia di tengah pertumbuhan yang kuat. Pada tahun 2012, PDB Filipina tumbuh sebanyak 7,1% melebihi perkiraan para ekonom. 

4 dari 4 halaman

Nama-nama Negara ASEANNama-nama Negara ASEAN © asean.org/

Singapura

Ngomongin masalah ekonomi, bisa dibilang bahwa diantara nama nama negara ASEAN, Singapura cukup mendominasi dalam pergerakan barang dan jasa di ASEAN. Singapura adalah investor teratas Indonesia sejak bertahun-tahun lalu. Tapi bila dilihat dari sumber dananya, sebenarnya Singapura juga mendapatkan modal dari nama-nama negara ASEAN dan non ASEAN.

Thailand

Dalam nama nama negara ASEAN, Thailand punya peran yang penting sejak awal berdirinya organisasi ini. ASEAN disebut sebagai landasan kebijakan luar negeri Thailand.

Vietnam

Vietnam menjadi Anggota penuh ASEAN pada 28 Juli 1995. Aksesi Vietnam ke berbagai perjanjian ASEAN menunjukkan komitmennya terhadap kerja sama ekonomi di kawasan negara ASEAN.

Artikel di atas merupakan pembahasan mengenai keterkaitan antara nama nama negara ASEAN dengan orgaisasi tersebut. Lebih jauh mengenai profil masing-masing negara bisa kamu baca di artikel berikut ya!

Join Diadona.id