150 Nama Buah Lengkap dari A - Z dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 14 Desember 2021 19:20
150 Nama Buah Lengkap dari A - Z dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
Diantara 150 nama buah berikut, berani jamin setengah diantaranya mungkin belum pernah kamu coba

Bila diminta untuk menyebutkan nama buah yang kerap dilihat sehari-hari, mungkin jumlahnya tak lebih dari 50. Padahal sebenarnya, selain buah impor yang biasa dikonsumsi dan bisa kita temui di supermarket, masih ada banyak sekali nama buah buahan khas Indonesia yang keberadaannya mulai langka.

Yang disebut dengan buah adalah suatu bagian tanaman yang memiliki setidaknya satu biji dan tumbuh dari bunga tanaman. Dengan definisi ini, akan ada beberapa hasil pertanian yang masuk dalam kategori buah buahan, mulai dari cabai, mentimun dan masih banyak lagi.

Dan berikut ini Diadona sajikan nama buah dalam Indonesia serta dalam bahasa Inggris. 

1 dari 5 halaman

Nama Buah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Berawalan Huruf A - C

Nama Buah - Ciplukan © Diadona

1. Alkesah ( Sawo Mentega) = Canistel
2. Buni (Wuni) = Berry, bentuknya memang mirip dengan buah anggur. Buah buni nggak hanya dimakan segar, tapi juga kerap diolah menjadi selai atau minuman beralkohol di luar negeri.
3. Almon = Almond
4. Anggur = Grape
5. Apel = Apple
6. Aprikot = Apricote
7. Atap = Sugar palm, merupakan buah dari biji yang disebut kolang-kaling. Dalam bahasa Inggris menggunakan kata sugar karena rasanya yang manis.
8. Avokad = Avocado
9. Ara (tin) = Fig
10. Asam Jawa = Tamarind
11. Arbei = Strawberry
12. Avokad = Avocado

13. Bacang = Bacang
14. Belimbing = Star fruit
15. Belimbing wuluh = Bilimbi
16. Bengkuang = Jicama
17. Benda (terap) = Terap, sejenis nangka namun buahnya berbentuk bulat, kulitnya berduri halus dan berwarna cokelat. Nggak heran sih kalau kamu merasa asing dengan nama buah ini apalagi dalam bahasa Inggris karena terap saat ini menjadi salah satu tanaman langka yang sulit ditemukan.
18. Bit = Beetroot
19. Binjai = Binjai. Buah binjai merupakan satu dari 12 spesies mangga yang tercatat sebgai hasil alam khas Singapura.
20. Bisbul = Velvet Apple. Nggak cuman bentuknya yang mirip, tapi buah ini memang bersaudara dengan buah kesemek. Seluruh pemukaan buahnya tertutup oleh buah berwarna merah kecoklatan. Buah ini memiliki rasa yng manis dan gurih seperti mentega.
21. Blackberry = Blackberry
22. Blackcurrant = Blackcurrant
23. Blewah = Cantaloupe
24. Blueberry = Blueberries
25. Burahol = Burahol. Nama buah ini mungkin terdengar asing di telinga banyak orang terutama dalam bahasa inggris. Nggak heran, tanaman ini memang langka. Namun dulunya dikabarkan menjadi tanaman yang disukai putri keraton karena bisa menyihir mereka menjadi wangi. Buahnya berbentuk bulat dengan bagian pangkal agak meruncing. Warna buah Kepel coklat agak keabu-abuan, dan ketika sudah tua akan berubah menjadi coklat tua. Daging buah berwarna kekuningan dengan rasa yang manis.

26. Cabai = Chilli Pepper. Lho, kok sayuran ini masuk dalam nama buah? Yup, karena cabai yang kita konsumsi merupakan pertumbuhan dari bunga pada tanamanannya.
27. Cempedak = Chempedak
28. Carica = Mountain papaya, adalah nama buah khas dataran tinggi Dieng. Bentuknya mirip pepaya dengan ukuran yang lebih kecil. Oleh karena itu, dalam bahasa inggris ada kata papaya.
29. Ciplukan = Groundcherry
30. Cermai = Cermai. Buahnya berukuran kecil dengan bentuk seperti bunga. Warnanya hijau kekuningan dengan daging buah cenderung putih. Dagingnya encer dengan rasa yang cenderung asam.
31. Ceri = Cherry
32. Cranberry = cranberries

2 dari 5 halaman

Nama Buah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Berawalan Huruf D - J

Nama Buah - Duwet © Diadona

33. Delima = Pomegranate
34. Duku= Langsat
35. Durian = Durian
36. Duwet atau Jamblang = Malabar plum, Java plum

37. Enau = Enau
38. Erbis = Erbis

39. Frambos = Raspberry
40. Feijoa = Feijoa
41. Flamboyan = Flamboyant

42. Gandaria = Gandaria. Apakah kamu pernah mendengar dan mencicipinya? buah gandaria yang namanya sama saja dalam bahasa Inggris, berbentuk seperti buah mangga dengan warna kuning.
43. Gowok = Gowok

44. Hazelnut = Hazelnuts

45. Jagung = Corn
46. Jamblang = Jamun. Buah ini berwarna hitam keungun, berkulit halus dan berbentuk lonjong. Rasanya sepat dan berair. Nama buah buahan ini mungkin tak familiar apalagi dalam bahasa Inggris karena keberadaannya yang mulai langka.
47. Jambu = Guava
48. Jambu air = Watery rose apple
49. Jambu batu = Guava. Jeruk Batu banyak dijumpai di wilayah Batu, Jawa Timur. Ukuran jambu batu tidak terlalu besar tetapi rasanya manis.
50. Jambu biji = Common guava, yellow guava, lemon guava, or apple guava. Dalam bahasa Inggris, buah ini punya beberapa nama.
51. Jambu bol = Malay apple. Jambu bol punya beberapa nama yaitu jambu kepal, jambu dersono dan jambu jamaika. Jambu bol mempunyai tekstur daging yang lembut dan padat.
52. Jambu mawar = Rose-Apple. Jambu mawar disebut juga dengan jambu kraton. Jambu mawar berasal dari Asia Tenggara tepatnya wilayah Malesia.
53. Jambu mede = Cashew
54. Jambu semarang = guava semarang
55. Jengkol = Jengkol. Meskipun dikonsumsi dengan cara diolah menjadi masakan, jengkol merupakan salah satu nama buah buahan.
56. Jeruk = Orange
57. Jeruk bali = Pomelo. Jeruk Bali punya nama yang unik dalam bahasa Inggris. Jeruk Bali berbeda dengan jeruk lain karena ukurannya yang jumbo. Jeruk Bali menghasilkan buah yang terbesar lho.
58. Jeruk Jepara = Japanese Oranges
59. Jeruk keprok = Tangerine. Jeruk keprok punya cita rasa yang khas.
60. Jeruk kingkit = Kingkit Orange
61. Jeruk nipis = Lime. Jeruk nipis merupakan salah satu jeruk yang sering ditemui dan digunakan sehari-hari. Jeruk nipis biasa disebut juga dengan nama jeruk pecel.
62. Jeruk purut = Kaffir lime

3 dari 5 halaman

Nama Buah dalam Indonesia dan Bahasa Inggris Berawalan Huruf K

Nama Buah - Kawista © Diadona

63. Kacang tanah = Peanuts
64. Kakao = Cacao. Biji buah kakao diolah menjadi coklat, sementara daging buah yang mengelilingi bijinya, bisa dimakan. Rasanya seperti campuran buah mangga, jeruk dan nanas.
65. Kastanye = Chestnut
66. Kawista = Wood-Apple. Nama buah ini memang tak terlalu dikenal terutama dalam bahasa Inggris karena budidayanya yang masih jarang. Ini merupakan buah aromatik dengan rasa yang manis.
67. Kecapi = Santol. Buah ini tak termasuk dalam nama buah buahan yang populer sih. Di dalam kulit yag kemerahan, buah ini memiliki tekstur yang halus dengan rasa yang manis.
68. Kedondong = Ambarella
69. Kelapa = Coconut
70. Kelengkeng = Longan
71. Kemang = White mango. Nama buah buahan dalam bahasa Inggris
72. Kemayau = Kemayau, beda dengan buah lain yang langsung dimakan segar, sebelum dikonsumsi buah ini direbus selama 2 sampai 3 menit
73. Keledang = keledang, adalah nama buah buahan langka dari Kalimantan. Merupakan bagian dari suku nangka dengan rasa yang manis. Sensasinya seperti kolaborasi rasa nangka dan manggis.
74. Kelubi = Eleiodoxa, disebut salak rimba bisa ditemukan di daerah Sumatera Selatan, biasa digunakan sebagai campuran sambal terasi.
75. Kemunting = Kemunting. Daging buahnya seperti anggur, dengan banyak serat dan rasa yang manis
76. Kenari = Walnut
77. Kepel = Kepel
78. Kersen = Kersen
79. Kesemek = Persimmon
80. Kenitu = Star Apple
81. Kismis = Raisins
82. Kiwi = Kiwifruit
83. Kurma = Date Palm
84. Kweni = Kuweni
85. Kokosan = Kokosan
86. Kolang-kaling = Sugar palm fruit
87. Kopi = Coffee. Yang biasa diolah menjadi kopi memang bukan termasuk nama buah buahan, melainkan biji dari tanaman kopi. Selama produksi, biji kopi diekstraksi sementara buahnya dibuang. Namun kini daging buah kopi memiliki daya tarik sebagai suplemen dan bahan makanan seiring dengan munculnya penelitian.

4 dari 5 halaman

Nama Buah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Berawalan Huruf L - P

Nama Buah - Mahkota Dewa © Diadona

88. Labu = Pumpkin
89. Lahung = Durio dulcis, memiliki bentuk yang sama seperti buah durian. dengan ulit berwarna merah kehitaman dan tajam.
90. Lai = Lai
91. Langsat = Langsat. Bentuknya seperti duku hanya saja memiliki rasa yang lebih masam.
92. Lemon = Lemon
93. Lengkeng = Longan
94. Leci = Lychee
95. Limau = Lime
96. Lobi-Lobi = Lovi-lovi, adalah nama buah buahan asli Filipina. Buahnya menyerupaia buah ceri. Berbentuk bulat mengkilap dengan warna hijau yang berubah menjadi merah aat matang. Daging buahnya renyah tapi rasanya masam. Umumnya, lobi-lobi nggak dimakan langung tapi diolah menjadi selai dan lainnya.

97. Mahkota Dewa = God's Crown
98. Maja = Maja
99. Malaka = Malacca atau Gooseberry, adalah nama buah berry yang berasal dari Eropa dan berwarna hijau.
100. Mangga = Mango
101. Manggis = Mangosteen
102. Markisa = Passion fruit
103. Matoa = Matoa
104. Melon = Melon
105. Mengkudu = Noni
106. Menteng = Menteng
107. Mentimun = Cucumber. Meskipun dikonsumsi sebagai sayur, tapi mentimun secara ilmia adalah buah karena tumbuh dari bunga tanamannya dan menyimpan bijinya .
108. Mentimun Suri = Cucumber Suri

109. Namnam = Namnam. Adalah nama buah asli Malaysia yang juga bisa ditemui di beberapa negara Asia Tenggara seperti India dan Sri Lanka
110. Nanas = Pineapple
111. Nangka = Jackfruit
112. Naga = Dragon
113. Nektarin = Nectarines, sebutan lain dari nama buah persik.

114. Paprika = Paprika
115. Pomelo = Pomelo
116. Pepaya = Papaya
117. Persik = Peach
118. Pinang = Areca palm
119. Pir = Pear
120. Pisang = Banana

5 dari 5 halaman

Nama Buah dalam Indonesia dan Bahasa Inggris Berawalan Huruf P - Z

Ilustrasi Buah Salak © Diadona

121. Peria atau Pare = Bitter melon
122. Prem = Plums
123. Prune = Prunes
124. Rambai = Rambai. Buah ini memiliki nama yang sama baik Indonesia maupun bahasa Inggris.
125. Raspberry = Raspberry
126. Rambutan = Rambutan
127. Rambusa = Rambusa
128. Red currant = red currant
129. Rukam = Flacourtia rukam. Kebaradaannya memang mulai langka, meski dulu banyak ditemukan di pulau Sumatera. Nama buah ini berbeda di setiap daerah, misalnya di Jawa dikenal dengan gandarukem. Buahnya bisa dimakan langsung atau diolah menjadi selai. Yang unik adalah sebelum memakannya, kamu harus menjilat bagian luarnya dulu sampai lunak biar rasa sepatnya berubah menjadi manis.

130. Salak = snakefruit
131. Sawo = Sawo. Nama buah ini sama saja di Indonesia dan bahasa Inggris.
132. Sawo duren = Swo Duren
133. Sawo kecik = Little Sapodilla
134. Sawo manila = Manila sapodilla.  Pohon sawo manila biasanya berumur panjang. Sawo jenis ini berasal dari Amerika Tengah serta Meksiko.
135. Semangka = Watermelon
136. Sirsak = Soursop
137. Siwalan = Siwalan
138. Srikaya = Sugar apple
139. Stroberi = Strawberry
140. Sukun = Breadfruit
141. Terong = Eggplant
142. Timun = Cucumber, Masih dalam pejelasan yang sama mengapa bagian tanaman ini masuk dalam kategori buah meskipun kerap diolah menjadi sayur
143. Tomat = Tomato
144. Tin = Tin. Ada 12 jeni buah tin yang populer di dunia dengan beragam warna.
145. Talok = Talok
146. Uni = Berry
147. Vanili = Vanilla, adalah buah yang kerap digunakan sebagai pewangi makanan
148. Waluh = Pumpkin
149. Wuni = Bignay
150. Zaitun = Olive

Itu tadi nama buah dalam Indonesia dan bahasa Inggris. Buah apa aja nih yang belum pernah kamu coba?

Beri Komentar