5 Fakta Salah Satu Kru Film Penyalin Cahaya yang Diduga Jadi Pelaku Pelecehan

D-Stories | Rabu, 12 Januari 2022 09:49

Reporter : Nasa

Kasus pelecehan yang diduga dilakukan oleh salah satu kru Penyalin Cahaya ramai dibahas netizen

Film Penyalin Cahaya yang belakangan sunter diberitakan panen penghargaan, tersandung isu tak sedap. Pasalnya, salah satu kru film yang dibintangi oleh Shenina Cinnamon ini diduga menjadi pelaku pelecehan seksual.

Kabar ini langsung ramai menjadi perhatian netizen. Bagaimana tidak, Penyalin Cahaya sendiri merupakan film yang mengangkat isu pelecehan dan sudah menyabet setidaknya 12 penghargaan nasional maupun internasional.

Berikut deretan fakta kabar salah satu kru film Penyalin Cahaya yang diduga jadi pelaku pelecehan :

5 Fakta Salah Satu Kru Film Penyalin Cahaya yang Diduga Jadi Pelaku Pelecehan
2 dari 6 halaman

1. Ramai Dibahas Warga Twitter

Kabar terkait dugaan tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu kru Penyalin Cahaya mencuat setelah salah satu pengguna Twitter membuat cuitan pada Senin (10/1/2021) lalu.

2. Rumah Produksi Rilis Pernyataan Sikap

3 dari 6 halaman

Menanggapi kabar salah satunya yang diduga melakukan pelecehan seksual, Rekata Studio dan Kaninga Pictures, selaku rumah produksi film Penyalin Cahaya langsung merilis pernyataan sikap. Di mana, mereka akan berpihak kepada penyintas.

"Menjaga lingkungan produksi film yang bebas dari pelecehan seksual adalah juga merupakan misi utama kami. Proses syuting film Penyalin Cahaya yang berjalan dengan aman selama 20 hari di Januari 2021 adalah bukti komitmen kami," ungkap rilis tersebut.

4 dari 6 halaman

3. Hapus Nama Kru yang Diduga Jadi Pelaku Pelecehan

Lebih lanjut, Rekata Studi dan Kaninga Pictures menyampaikan bahwa mereka telah menerima informasi dari suatu komunitas yang mengelola terkait pelaporan kasus pelecehan seksual. Dalam laporan tersebut terdapat nama salah satu krunya.

"Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film Penyalin Cahaya dan materi-materi publikasi film. Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya dan Rekata Studio," lanjut pernyataan sikap mereka.

5 dari 6 halaman

4. Dukung Proses Pelaporan Terhadap Pelaku

Kedua rumah produksi tersebut juga menyampaikan dengan tegas bahwa pihaknya mendukung penuh penyintas atas dugaan kasus pelecehan seksual yang menimpa dirinya. Bahkan mendukung proses pelaporan terhadap terduga pelaku.

"Kami berharap proses-proses yang terjadi setelah pelaporan ini berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tepat," lanjut mereka.

6 dari 6 halaman

5. Film Penyalin Cahaya

Sementara itu, film Penyalin Cahaya sendiri sebenarnya dijadwalkan tayang di Netflix pada 13 Januari 2021 mendatang. Namun dalam pernyataan sikap yang telah dirilis, jadwal tayang terbaru dari film peraih Piala Citra tersebut masih belum dicantumkan.

Film ini menjadi karya sineas yang terbilang sukses besar pada tahun 2021. Pada Festival Film Indonesia 2021, Penyalin Cahaya memborong 12 penghargaan. Di antaranya, Film Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktor Terbaik.

Itu dia deretan fakta terkait kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu kru film Penyalin Cahaya. Gimana nih Diazens menurut kalian?

Join Diadona.id