7 Drakor Bertema Anti Bullying yang Wajib Ditonton, Punya Pesan Moral Bermanfaat nih!

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 5 Oktober 2020 12:45
7 Drakor Bertema Anti Bullying yang Wajib Ditonton, Punya Pesan Moral Bermanfaat nih!
Nggak melulu soal cinta-cintaan, 7 judul drakor ini miliki pesan moral yang bermanfaat.

Drama Korea menjadi incaran banyak orang, apalagi di masa pandemi yang membuat wkatu di rumah semakin banyak. Daripada gabut, mending nonton drakor kan guys? Nah, tapi kalau kamu bosen sama genre romantis dan pamer keuwuan doang, bisa loh cobain judul drakor di bawah ini.

Nggak cuma memamerkan kisah romansa anak sekolahan, tapi beberapa drakor ini justru memberikan manfaat pesan moral anti bullying guys. Apalagi kasus bullying memang bukan hal baru dan justru makin marak ya. Akibatnya juga nggak tanggung-tanggung, mulai dari depresi sampai meninggal.

Nah, sambil have fun nonton drakor, boleh dong mengambil pesan-pesan moral bermanfaat dari 7 drakor anti bullying ini?

1 dari 7 halaman

He is Psychometric

Drakor He Is Psychometric © Diadona


Drakor He is Psychometric memang menarik dengan suguhan visualnya dari Jinyoung GOT7. Tapi alur drama ini sendiri seru banget buat diikutin. Drakor bergenre misteri ini mengisahkan seorang gadis bernama Yoon Jae In yang duperankan Shin Ye Eun mengalami bullying di sekolahnya. Ia dibully karena ayahnya dipenjara akibat kasus pembunuhan di apartemen Lee An (Jin Young).

Saat dewasa, Yoon Jae In bertemu dengan Lee An yang memiliki kekuatan psychometric, yaitu kemampuan mengetahui ingatan seseorang dengan menyentuh tubuhnya. Mereka pun akhirnya bekerja sama untuk melawan tindakan bullying dari teman sekolah juga memecahkan kasus misteri pembunuhan untuk mengembalikan nama baik ayah Jae In.

2 dari 7 halaman

Beautiful World

Drakor Beautiful World © Diadona


Drama keluaran tahun 2019 kemarin ini bermula dari anak dari pasangan Park Moo Jin dan kang In Ha terluka akibat bullying teman sekolahnya. Akibatnya kehidupan rumah tangga mereka mulai tidak stabil.

Pasangan suami istri ini pun berusaha mendapatkan keadilan untuk anaknya dengan mencari siapa sih pelaku bullying-nya. Tentu saja nggak gampang guys. Soalnya ternyata pelakuny adalah anak dari pemilik yayasan anaknya bersekolah.

3 dari 7 halaman

School 2013

Drakor School 2013 © Diadona


Drakor bertema sekolah yang dibintangi Lee Jong Suk dan Kim Woo Bin ini juga mengangkat isu bullying di sekolah. Drakor School 2013 ini merupakan versi pertama yang rilis tahun 2013.

Drama ini menceritakan kehidupan sebuah kelas di Victory High School yang banyak siswa bermasalahnya. Mulai dari mengganggu teman, bolos sampai melakukan kekerasan. Di drakor ini digambarkan bagaimana persaiangan antaar siswa yang kental dan masalah kehidupan sosialnya.

4 dari 7 halaman

School 2015: Who Are You

Drakor School 2015: Who Are You © Diadona


Keluaran selanjutnya, kali ini School 2015: Who Are You juga masih membahas pembullyan yang terjadi pada Lee Eun Bi, saudara kembar Go Eun Byeol yang terpisah. Kehidupan keduanya ini sangat bertolak belakang.

Eun Bi sering dibully oleh teman-teman satu sekolahnya dan hidup di panti asuhan. Sampai akhirnya, ia merasa lelah dan depresi hingga memutuskan bunuh diri. Namun, usaha bunuh dirinya gagal karena diselamatkan Eun Byeol. Eun Bi pun menjalani hari sebagai Eun Byeol tanpa sepengatahuannya kalau itu rencana kakaknya untuk memberi pelajaran kepada sang pembully.

5 dari 7 halaman

Angry Mom

Drakor Angry Mom © Diadona


Drama Angry Mom ini benar-benar nggak banyak menyajikan scene romantis, tapi ratingnya cukup tinggi loh karena memiliki plot menarik. Bermula dari Jo Gang Ja, seorang ibu yang kembali menjadi siswi SMA untuk melindungi anaknya yang bernama Oh A Ran.

Anaknya ini mengalami tindak bullying di sekolah. Ibunya yang balik jadi muda pun menyamar sebagai Jo Bang Wool untuk menyelesaikan berbagai masalah bullying di sekolah itu.

6 dari 7 halaman

Solomon's Perjury

Drakor Solomon's Perjury © Diadona


Drakor yang dirilis tahun 2016 ini menceritakan sebuah kasus pembunuhan di sebuah SMA. Awalnya kasus ini ditutup karena bunuh diri seorang siswa bernama Lee Soo Woo yang diperankan Seo Young Joo. Tapi ternyata ada salah satu siswa yang melihat Soo Woo dibunuh Choi Woo Hyuk (Baek Chu Min).

Akhirnya, para siswa yang merasa terganggu karena kasus ini memutuskan membuat pengadilan sendiri di sekolah. Di pengadilan ini, semuanya diperankan siswa. Mulai dari hakim, jaksa, pengacara hingga para saksinya.

7 dari 7 halaman

My ID is Gangnam Beauty

Drama Korea My ID is Gangnam Beauty © Diadona


Drakor yang diadaptasi dari webtoon ini memiliki kisah seorang perempuan yang melakukan operasi plastik karena sering dibully akibat fisiknya. Kang Mi Rae yang diperankan Lim Soo Hyang merasa kehidupan perkuliahannya setelah oplas akan jadi lebih baik.

Namun ternyata, ia bertemu dengan beberapa orang di masa lalu yang menyadari dirinya operasi plastik. Teman satu SMP-nya, Do Kyung Seo yang diperankan Cha Eun Woo menyadarkan Mi Rae tentang arti kecantikan sebenarnya dengan banyak peristiwa yang dialami keduanya.

Jadi, kamu mau nonton yang mana dulu nih drakor bertema anti bullying-nya?

Beri Komentar