Akhirnya Bebas, Vicky Prasetyo Ceritakan Pengalaman di Penjara Selama Pandemi, Gak Boleh Dijenguk?

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 21 September 2020 10:35
Akhirnya Bebas, Vicky Prasetyo Ceritakan Pengalaman di Penjara Selama Pandemi, Gak Boleh Dijenguk?
Vicky Prasetyo telah bebas dari penjara.

Artis dan presenter Vicky Prasetyo telah bebas dari Rumah Tahanan (Rutan) Salemba pada 17 September 2020 menyusul pengajuan penangguhan penahanan oleh kuasa hukumnya dikabulkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Kepada Raffi Ahmad, Vicky membeberkan detik-detik pertama saat ia masuk penjara.

1 dari 4 halaman

Dalam sebuah video Youtube di channel Rans Eentertainment, Raffi Ahmad yang sedang ngobrol dengan Vicky Meminta maaf karena tak bisa menjenguk saat ada di penjara.

Vicky Prasetyo dan Raffi Ahmad © Diadona

" (Enggak bisa jenguk), waktu itu sudah ngomong sama Bebby, 'Beb, kalau Vicky gini-gini', kata Bebby " Iya, A, enggak bisa, karena lagi Covid-19'," kata Raffi, dikutip dalam kanal YouTube Rans Entertainment.

Vicky mengatakan dia bisa memahami hal itu. Selama pandemi Covid-19, semua tahanan juga tidak bisa dijenguk.

" Karena 3000-an napi lebih narapidana yang ada di situ memang enggak bisa dijenguk. Jadi kondisinya kita sudah beberapa bulan itu ya makan yang ada aja. Makanan juga enggak bisa sembarangan, enggak bisa kirim makanan, enggak bisa," ucap Vicky.

2 dari 4 halaman

Vicky Prasetyo dan Raffi Ahmad © Diadona

Vicky Prasetyo juga mengatakan, ia sempat menjalani isolasi sebelum benar-benar masuk sebagai tahanan di Rutan Salemba, Jakarta Pusat. Menurutnya, situasi di tengah pandemi mengharuskan kepada para tahanan baru untuk dikarantina terlebih dulu sebelum disatukan bersama warga binaan lain yang lebih dulu ada di dalam rumah tahanan.

" Begitu masuk, pas Maghrib, masuk ke dalam mapenaling, itu dicampur semua, itu kalau enggak salah ada 134 orang. Dalam satu ruangan itu, ya sudah," kata Vicky kepada Raffi Ahmad, dikutip dari YouTube Rans Entertainment.

3 dari 4 halaman

Vicky Prasetyo dan Raffi Ahmad © Diadona

Masa isolasi, kata Vicky, dijalani oara tahanan baru seperti dirinya dalam waktu 4 hingga 21 hari lamanya. Kebijakan itu dilakukan demi menghindari penularan virus corona (Covid-19) dari luar lingkungan Rutan, kepada para warga binaan yang telah lebih dulu berada di dalam.

" Karena untuk kepentingan kesehatan. Jangan sampai digabungin dulu nih sama warga binaan yang lain sebelum diketahui dia imunnya baik, dia tidak reaktif (corona), dia tidak sakit, dia tidak apa," kata Vicky.

4 dari 4 halaman

Setelah masa isolasi selesai, kata Vicky, tahanan baru seperti dirinya kemudian dipindahkan untuk masuk ke dalam Rumah Tahanan dan digabungkan bersama narapidana lain. Saat itu, ia merasakan kepasrahan yang begitu rupa mengingat harus menjalani penahanan dan menginggalkan anak-anaknya.

" Pas begitu masuk, 'Ya Allah, kembali lagi ke penjara'," kata dia.

Akhirnya ya bisa menghirup udara bebas lagi nih, bisa kumpul bareng sama keluarga lagi! Gimana menurut kalian guys?

 

Beri Komentar