Aktivis Hak Autisme Minta Sia Batalkan Film 'Music', Kenapa?

Reporter : Hevy Zil Umami
Kamis, 26 November 2020 14:49
Aktivis Hak Autisme Minta Sia Batalkan Film 'Music', Kenapa?
Aktivis hak autisme kini meminta Sia untuk membatalkan perilisan film “Music” miliknya.

Menanggapi trailer yang dirilis pada 19 November, yang dibintangi Maddie Ziegler sebagai remaja autis nonverbal, aktivis, orang-orang dengan spektrum autisme dan orang yang mereka cintai terus berbicara tentang tampilan film tentang stereotip dan efek visual ofensif.

Pada hari Jumat, sebuah petisi online diluncurkan untuk membatalkan pemutaran perdana film tersebut, sebuah kampanye yang dipelopori oleh Hannah Marshall, yang mengidentifikasi sebagai wanita autis dari Carolina Utara. Lebih dari 500 orang telah menandatangani petisi, hingga Selasa sore.

1 dari 4 halaman

Dianggap Menyinggung

Sia Film Music © Diadona

" Sebagai individu autis, saya meminta agar film ini dibatalkan," tulis Marshall di halaman penggalangan dana. “ Ini sangat menyinggung saya dan individu autis lainnya. Sia tidak menunjukkan penyesalan atas pengkhianatannya yang tidak akurat dan menyakitkan terhadap komunitas."

“ Film ini tidak akan berdampak besar pada sejarah,” lanjutnya. “ Membatalkannya akan mengungkapkan bahwa intoleransi terhadap neurodivergence tidak dapat diterima dalam masyarakat saat ini. Sia dan rekan-rekannya memiliki jalan tambahan untuk pendanaan; mereka akan bertahan meskipun tidak ada uang yang dihasilkan dari film ini."

2 dari 4 halaman

Mengisi Petisi

Sia Film Music © Diadona

Para pendukung telah menyuarakan komentar petisi, berbagi pengalaman mereka sendiri. " Wanita autis di sini, dan saya merasa sangat tidak menyukai apa yang dia lakukan dengan film tersebut, dan saya juga kecewa dengan cara dia menangani kritik yang dia dapatkan," tulis Letitia Yates.

Menanggapi kritik atas debut sutradaranya, Sia menghabiskan berjam-jam pada hari Jumat berselisih dengan aktivis disabilitas di media sosial, yang menyebut penyanyi itu menggunakan frasa " kemampuan khusus" daripada " cacat" untuk orang dengan autisme, melemparkan aktor neurotipikal untuk memerankan peran utama dan menggunakan hak istimewanya dalam membuat film yang berpusat pada komunitas autisme.

3 dari 4 halaman

Masukan Kreatif Sia

Sia Film Music © Diadona

Penyanyi sekaligus sutradara menanggapi bahwa dia telah terlibat dengan masukan dari orang autis dan kolega mereka, dan mencoba untuk bekerja dengan " gadis muda cantik non-verbal pada spektrum, sampai dia" menemukan [proyek] tidak menyenangkan dan stres."

Sia melanjutkan, menjelaskan masukan kreatifnya : “ Film ini adalah surat cinta untuk pengasuh dan komunitas autisme. Saya memiliki pandangan unik saya sendiri tentang komunitas, dan merasa komunitas itu kurang terwakili dan terdorong untuk membuatnya. Jika itu membuat saya menjadi sial, saya ini sial, tapi niat saya luar biasa. ”

" Music" , yang juga dibintangi oleh Kate Hudson dan Leslie Odom Jr., akan dirilis di bioskop pada Februari 2021.

Beri Komentar