Alat Pemukul dalam Tenis Meja Dikenal dengan Nama, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Reporter : Nasa
Senin, 20 Desember 2021 11:52
Alat Pemukul dalam Tenis Meja Dikenal dengan Nama, Berikut Penjelasan Lengkapnya
Yuk simak pengertian tenis meja dan peralatan yang digunakan berikut ini

Alat pemukul dalam tenis meja dikenal dengan nama bet. Namun juga ada yang menyebutnya sebagai raket tenis meja. Seperti yang telah diketahui, tenis meja dilakukan dengan cara memukul bola di atas meja yang sudah disediakan.

Menurut info yang dihimpun dari berbagai sumber, permainan tenis meja memiliki empat perlengkapan utama. Yakni meja, jaring atau net, bola, dan bet yang digunakan oleh masing-masing pemain yang terlibat dalam permainan tenis meja.

Kabarnya, pada tahun 1880-an, alat pukul tenis meja adalah menggunakan buku atau kulit binatang. Seiring dengan perkembangannya, sekira tahun 1901, alat pukul yang digunakan berubah menjadi kayu yang sudah diasah, kemudian dilapisi dengan selembar karet.

1 dari 4 halaman

Mengutip dari buku Mengenal Tenis Meja oleh David Apriyanto, ukuran, berat, hingga bet ternyata tidak ditentukan. Namun daun bet haruslah datar dan kaku. Meski begitu, bet tenis meja disebut memiliki bagian-bagian yang khas.

Yakni terdiri dari sejumlah bagian. Mulai dari daun bet yang terbuat dari kayu, lapisan perekat bet dari bahan berserat seperti halnya serat karbon atau serat kaca, hingga sisi daun bet atau permukaan yang terbuat dari bahan karet licin.

Alat Pemukul dalam Tenis Meja Dikenal dengan Nama © Diadona

Karakteristik dari Bet Tenis Meja yang perlu kamu ketahui, mengacu pada buku tersebut :

  • Ketebalan daun bet atau raket setidaknya minimal 85 persen. Terbuat dari kayu yang dilapisi dengan bahan perekat yang berserat seperti serat karbon atau serat kaca.
  • Sisi daun bet atau raket yang digunakan juga harus ditutupi oleh karet datar maupun bintik. Apabila menggunakan karet bintik yang menonjol keluar (karet pletok), maka ketebalan karet termasuk lapisan lem perekat tidak lebih dari 2 milimeter, atau jika dilapisi karet lunak (sandwich rubber) atau spons dengan karet bintik di dalamnya maka ketebalannya tidak lebih dari 4 milimeter. 
  • Permukaan bet yang tidak ditutup karet pada sisi, harus diwarnai pada sisi yang tidak ditutupi oleh karet dengan warna pudar, merah atau hitam (berlawanan dengan warna bagian lainnya). 
  • Karet penutup daun bet tidak melebihi daun bet itu sendiri, kecuali pada bagian yang terdekat dari kayu yang dipegang dan ditutupi oleh jari-jari dapat ditutupi oleh bahan lain.

2 dari 4 halaman

Lebih lanjut, bet atua raket tenis meja ternyata juga telah ditentukan oleh International Table Tennis Federation (ITTF), yang dalam bahasa Indonesia diketahui sebagai Federasi Tenis Meja Internasional.

Menurut buku pegangan ITTF 2021, induk organisasi olahraga tenis meja dunia tersebut menentukan sejumlah parameter yang harus dipenuhi, terkait dengan alat pemukul dalam tenis meja, bet.

  • Raket bisa dari berbagai ukuran, bentuk atau berat tetapi bilahnya harus rata dan kaku.
  • Setidaknya 85% dari ketebalan bilah (blade) harus dari kayu alami; lapisan perekat di dalam bilah dapat diperkuat dengan bahan berserat seperti serat karbon, serat kaca atau kertas terkompresi, tetapi tidak boleh lebih tebal dari 7,5% dari total ketebalan atau 0,35 mm, mana yang lebih kecil.
  • Sisi mata bilah yang digunakan untuk memukul bola harus dilapisi dengan karet berbintik biasa, dengan bintik ke arah luar dengan ketebalan total termasuk perekat tidak lebih dari 2,0 mm, atau karet sandwich, dengan bintik ke dalam atau ke luar, yang memiliki ketebalan total termasuk perekat tidak lebih dari 4,0 mm.

3 dari 4 halaman

Alat Pemukul dalam Tenis Meja Dikenal dengan Nama © Diadona

  • Karet berbintik biasa adalah satu lapis karet non-seluler, alami atau sintetis, dengan bintik yang tersebar merata di permukaannya dengan kepadatan tidak kurang dari 10 per cm² dan tidak lebih dari 30 per cm².
  • Karet sandwich adalah satu lapisan karet seluler yang dilapisi dengan satu lapisan luar karet berbintik biasa, ketebalan karet berbintik tidak lebih dari 2,0 mm.
  • Bahan penutup harus memanjang sampai tetapi tidak melebihi batas mata bilah, kecuali bagian yang paling dekat dengan gagang dan yang dipegang oleh jari boleh dibiarkan terbuka atau ditutupi dengan bahan apapun.
  • Bilah, setiap lapisan di dalam bilah dan setiap lapisan bahan penutup atau perekat pada sisi yang digunakan untuk memukul bola harus menerus dan dengan ketebalan yang merata.

4 dari 4 halaman

  • Permukaan bahan penutup pada satu sisi bilah, atau sisi bilah jika dibiarkan tidak tertutup, harus matt, merah terang di satu sisi dan hitam di sisi lain.
  • Penutup raket harus digunakan tanpa perlakuan fisik, kimia atau lainnya.
  • Sedikit penyimpangan dari kontinuitas permukaan atau keseragaman warna karena kerusakan atau keausan yang tidak disengaja dapat diizinkan asalkan tidak mengubah karakteristik permukaan secara signifikan.
  • Sebelum pertandingan dimulai dan setiap kali dia mengganti raketnya selama pertandingan, seorang pemain harus menunjukkan kepada lawannya dan wasit raket yang akan dia gunakan dan mengizinkan mereka untuk memeriksanya.

Nah itu dia ulasan terkait alat pemukul tenis meja dikenal dengan nama bet yang dihadirkan oleh Diadona. Semoga ulasan kali ini bermanfaat ya, have a good day Diazens!

Beri Komentar