Alegra Wolter, Dokter Transpuan Pertama yang Terbuka Akan Identitasnya di Indonesia

D-Stories | Senin, 17 Januari 2022 20:33

Reporter : Yoyok

Alegra pun menjadi pertama yang berani terbuka dengan identitasnya.

Seorang transpuan di Indonesia masih mendapatkan stigma negatif oleh banyak kalangan. Namun, bukan berarti mereka tidak bisa memiliki prestasi lho.

Tidak sedikit transpuan di Indonesia yang memiliki prestasi dan patut diacungi jempol. Salah satunya adalah seorang transpuan bernama Alegra Wolter.

Alegra Wolter merupakan dokter transpuan pertama di Indonesia.

Alegra Wolter, Dokter Transpuan Pertama yang Terbuka Akan Identitasnya di Indonesia
2 dari 7 halaman

Alegra Wolter yang juga seorang dokter dan transpuan, membuatnya lebih memiliki empati kepada pasien.

"Identitas gender saya telah membawa saya pada pemahaman yang lebih toleran terhadap perbedaan dan tanpa penghakiman tentunya. Karena dalam kedokteran, yang paling penting adalah empati, bagaimana kita bisa memahami individu lain dan juga membantunya secara medis," ucap Alegra Wolter yang dikutip dari BBC News Indonesia.

Alegra WolterAlegra Wolter © instagram.com/@alegrawolter

3 dari 7 halaman

Alegra kecil terlahir sebagai seorang laki-laki. Sejak usia empat tahun, Alegra sudah menyukai hal-hal berbau feminin, seperti bunga. Sejak kecil juga Alegra memiliki pembawaan yang feminin.

Hal inilah yang membuatnya mendapatkan bullying dari orang-orang di sekitar. Alegra pun jdi depresi karena bullying yang ia terima.

4 dari 7 halaman

Bahkan, Alegra sempat mendapatkan suntikan hormon testosteron oleh dokter.

"Itu malah membuat saya lebih depresi. Saya merasa identitas saya adalah perempuan, tapi malah diberikan hormon yang memaskulinisasi," ucap Alegra.

Berbagai pengalaman buruk akan femininnya membuat Alegra membenci diri sendiri.

Alegra WolterAlegra Wolter © instagram.com/@alegrawolter

5 dari 7 halaman

Namun, sejak masuk ke kuliah kedokteran, Alegra jadi makin percaya diri dengan kondisi dirinya. Bahkan, saat wisuda pun Alegra tampil dengan mengenakan kebaya.

Alegra pun menjadi dokter transpuan pertama di Indonesia yang terbuka akan identitasnya. Tapi, jalan mulus Alegra tidak pernah mulus walaupun sudah menjadi dokter.

6 dari 7 halaman

Kini Alegra bekerja sebagai dokter umum di salah satu klin di jakarta. Alegra juga bekerja di sebuah strat up yang berhubungan dengan kesehatan.

Di sela-sela karirnya, Alegra meluangkan waktunya sebagai relawan di komunitas LGBT untuk mengedukasi mereka terkiat dengan berbagai isu kesehatan seperti HIV.

Alegra pun kini sedang brjuang agar sistem kesehatan di Indonesia bisa menjadi lebih inklusif. Dengan begini, para transgender di Indonesia akan lebih nyaman dalam mengakses layanan kesehatan.

Join Diadona.id